Resep Telur Balado yang Wajib Dicoba

Resep Telur Balado yang Wajib Dicoba

Sedang mencari resep telur balado yang nikmat? Memasak telur balado memang tidak begitu susah, namun kalau salah atau kurang bumbu bisa merusak citarasanya. Telur balado sendiri dimasak dengan cara menumis cabai dengan telur hingga meresap.

Kunci sajian ini terletak pada sambal baladonya. Akan terasa nikmat bila sambal balado yang dibuat memiliki citarasa pedas yang dominan. Namun bagi yang tidak menyukai makanan pedas tetap bisa menikmati hidangan ini dengan cara menyesuaikan penggunaan bumbu rempahnya.

Berbicara mengenai telur balado, sajian ini sebenarnya berasal dari daerah di Sumatera Barat, tepatnya di Minangkabau. Dengan rasa pedas manis yang lezat, tak heran kalau kreasi kuliner Indonesia ini memiliki penggemar yang cukup tinggi. Biasanya, telur balado disajikan sebagai menu komplemen makanan lainnya.

Nah, buat kamu yang mau mencoba membuat telur balado di rumah, tidak perlu bingung karena bahan dan cara membuatnya cukup mudah. Semua bahan-bahan yang dibutuhkan bisa kamu temukan di pasar tradisional atau supermarket.

Namun, kalau kamu mau yang praktis, kamu bisa membelinya secara online melalui Chilibeli. Chilibeli menyediakan semua kebutuhan masak kamu yang terjamin mutunya. Bahkan, kamu juga bisa daftar jadi reseller di Chilibeli, lho. Nikmati semua keuntungannya dengan bergabung dengan komunitas di Chilibeli.

Ini dia resep telur balado nikmat yang bisa kamu coba di rumah. Dijamin bakal bikin ketagihan, deh!

Resep Telur Balado Enak, Pedas, dan Praktis

Resep telur balado mungkin menjadi salah satu resep yang paling tinggi dicari lewat situs pencarian online. Bagaimana tidak, makanan bercitarasa pedas ini sangat populer di kalangan masyarakat Indonesia. Rasanya yang nikmat dan cocok dipadukan dengan lauk lainnya membuat telur balado layak disajikan untuk semua anggota keluarga.

Resep balado juga bisa mengatasi rasa bosan yang mungkin timbul dikarenakan menyantap resep makanan yang itu-itu saja. Dengan siraman bumbu balado di atas telurnya, sensasi rasa dan tekstur yang ditawarkan memang berbeda dibandingkan masakan telur lainnya.

Meski bumbu balado identik dengan citarasa pedas, rasa pedasnya bisa disesuaikan apabila ada anggota keluarga yang tidak terlalu suka dengan makanan pedas. Caranya dengan mengurangi atau mengganti salah satu bumbunya dengan bumbu yang lain.

Misalnya, mengganti cabai rawit merah dengan cabai merah besar yang sudah dibuang bijinya. Atau, kamu juga bisa mengurangi bahan cabai dan menambahkan lebih banyak tomat supaya rasanya tetap seimbang dan penampilannya tetap menarik.

Pada umumnya, resep balado menggunakan telur ayam yang sudah direbus sebagai komponen utamanya. Namun, telur ayam juga bisa diganti dengan telur dadar goreng atau bahkan telur puyuh. Untuk lebih jelasnya, silakan melihat resep telur balado dan bahan-bahan yang digunakan berikut ini.


Bahan yang dibutuhkan:

  1. 7 butir telur ayam
  2. 8 siung bawang merah
  3. 2 siung bawang putih
  4. 8 buah cabai keriting merah
  5. 3 buah cabai rawit merah
  6. 1 batang serai, memarkan
  7. 3 lembar daun jeruk
  8. 1 sdt garam
  9. ½ sdt gula pasir
  10. Minyak untuk menumis
  11. Air secukupnya

Cara membuatnya:

  1. Rebus telur sampai matang, lalu kupas kulitnya. Pastikan kamu merebus telur hingga matang sepenuhnya atau telur dalam keadaan hard-boiled.
  2. Goreng telur di minyak panas sebentar saja supaya telur tidak meletus saat dimasak dengan bumbu balado
  3. Cuci bersih semua rempah, kemudian haluskan bawang merah, bawang putih, cabai rawit dan cabai keriting. Tipsnya, haluskan secara kasar saja atau tidak terlalu halus agar menghasilkan tekstur
  4. Panaskan minyak, lalu tumis bumbu yang sudah dihaluskan
  5. Setelah bumbu cukup matang, tambahkan serai dan daun jeruk, lalu tumis sampai harum
  6. Tambahkan air dan masukkan telur
  7. Bumbui dengan garam dan gula pasir. Sesuaikan rasanya
  8. Masak sampai air menyusut dan bumbu meresap ke telur
  9. Telur balado siap disajikan dengan seporsi nasi hangat

Itu dia resep telur balado nikmat yang bisa kamu coba di rumah. Selain bahan-bahannya yang bisa kamu temukan di dapur, cara membuat masakan ini juga sangat mudah. Bahkan untuk pemula sekali pun bisa membuat telur balado yang enak dan bernutrisi.

Tidak perlu waktu lama untuk membuat telur balado yang nikmat. Kalau pun mau menyajikannya sebagai menu sarapan, kamu bisa mempersingkat waktu dengan merebus telur sehari sebelumnya. Selain itu siapkan pula bumbu balado yang sudah dihaluskan dengan menggunakan blender. Esok harinya, kamu tinggal memasak semua bahan yang sudah disiapkan.

Baca juga: Ternyata mudah, ini lho resep rahasia telur gulung!

Resep telur balado ini bisa dijadikan alternatif bila sewaktu-waktu kamu bosan dengan olahan telur yang itu-itu saja. Kalau mau, kamu juga bisa menambahkan potongan kentang yang sudah digoreng untuk menambahkan citarasa telur baladonya. 

Semoga resep telur balado ini bermanfaat. Selamat mencoba!