Resep Rendang Padang Asli yang Perlu Kamu Coba

Resep Rendang Padang Asli yang Perlu Kamu Coba

Siapa yang tidak suka rendang? Rasanya tak ada satu pun orang yang menolak bila disodori makanan asli asal Sumatera Barat ini. Rasanya yang gurih berbumbu dan teksturnya yang empuk nan lembut membuat rendang begitu digemari. Bukan hanya di Indonesia, rendang juga sangat diminati di mancanegara.

Ya, hidangan satu ini memang sudah go international. Bahkan, rendang khas Minang sempat dinobatkan sebagai makanan terenak di dunia versi CNN selama empat tahun berturut-turut, mengalahkan makanan dari negara lainnya. Kelezatan rendang Padang memang tak perlu dipertanyakan lagi meski saat ini kebanyakan rendang yang dijual di restoran telah mengalami banyak modifikasi. 

Rendang sendiri berasal dari kata ‘marandang’ atau yang artinya proses memasak untuk menghilangkan air. Dalam proses pembuatannya, rendang Padang diolah dengan bahan daging sapi yang dimasak bersama dengan santan dan beberapa bumbu khas seperti bawang putih, bawang merah, jahe, lengkuas, cabai merah, daun kunyit, dan daun jeruk.

Biasanya untuk 1 kg daging, dibutuhkan santan dari 3 – 4 butir kelapa. Proses pembuatan rendang memang memakan waktu cukup lama karena rendang dimasak melalui tiga tahapan, yaitu gulai, kalio, dan rendang. Kira-kira butuh waktu masak sekitar 7 – 8 jam untuk menghasilkan daging yang empuk nan lembut. Banyaknya rempah yang digunakan membuat sajian ini menyemburatkan aroma dan rasa rempah yang aromatik.

Resep Oseng Tempe Istimewa buat Hidangan Andalan Rumah

Di daerah asalnya sendiri, rendang sebenarnya terdiri dari berbagai jenis. Tidak hanya terbuat dari daging sapi, tapi masyarakat Minang juga kerap menggunakan sumber protein lain seperti ayam, paru, kentang, udang, telur, daging bebek, dan ikan. Bahkan, ada juga yang menambahkan singkong atau kacang merah ke dalam masakan rendang.

Resep asli rendang Padang sebenarnya berbeda-beda tergantung daerah pembuatannya. Misalnya di Padang biasanya menggunakan kunyit, sedangkan di Payakumbuh tidak menggunakan kunyit tapi justru menggunakan kapulaga. Kemudian, di daerah Batusangkar kerap menggunakan ketumbar hijau dan ketumbar mentah.

Lain lagi di daerah Bukit Tinggi yang menambahkan kemiri dalam pembuatan rendang. Meski terdapat perbedaan, masing-masing rendang dari tiap daerah tetap memiliki tampilan yang sama, yaitu hitam dan kering.

Membuat rendang Padang tidaklah susah karena resepnya sederhana. Teknik pembuatannya juga tidak terlalu ribet. Karena itulah, kamu yang sangat menyukai rendang, wajib banget buat mencobanya sendiri di rumah. Berikut resep rendang Padang asli yang nikmat nan autentik.

Resep Rendang Padang Asli

resep rendang jengkol

Resep rendang Padang asli menggunakan banyak rempah. Setidaknya ada tujuh jenis rempah yang digunakan dalam pembuatan rendang. Tapi di luar itu, orang Minang kerap memberi tambahan rempah lain untuk memperkaya rasa dan aromanya.

Untuk membuat rendang sendiri di rumah, kamu harus menggunakan rempah yang berkualitas guna menghasilkan rasa yang autentik. Dalam mencari rempah yang bermutu tidak perlu harus jauh-jauh ke pasar karena kamu bisa membelinya secara online.Yuk, simak bahan-bahan dan cara membuat resep rendang Padang.

Resep Nasi Kebuli yang Enak dan Mudah Dibuat

Bahan-bahan yang dibutuhkan:

  1. 1 kg daging sapi
  2. 1,5 lliter santan kental dari 7 butir kelapa
  3. 3 batang serai, memarkan
  4. 10 cm kayu manis
  5. ½ butir pala
  6. 1 keping asam kandis
  7. 7 butir cengkeh
  8. 9 butir kapulaga
  9. 2 buah bunga lawing
  10. 1 lembar daun kunyit
  11. 5 lembar daun salam
  12. 7 helai daun jeruk

Bumbu halus:

  1. 9 siung bawang putih
  2. 20 butir bawang merah
  3. 100 gram cabai merah keriting
  4. 5 cm jahe
  5. 5 cm lengkuas
  6. 2 batang serai, ambil bagian putihnya
  7. 5 cm kayu manis
  8. 2 sdt garam

Cara membuatnya:

  1. Siapkan panci, masukkan santan bersama bumbu rempah dan bumbu halus. Masak sambil terus diaduk-aduk hingga santan mengeluarkan minyak
  2. Masukkan daging, masak dengan api kecil hingga matang sambil diaduk sesekali. Angkat
  3. Rendang siap disajikan
Manfaat Tempe dan Kandungannya

Itulah resep rendang Padang yang bisa dicoba di rumah. Resep rendang di atas memang memerlukan banyak rempah karena kelezatan rendang sendiri terletak pada penggunaan rempahnya. rempah adalah kunci dari kenikmatan hidangan rendang khas Minang. Untuk mendapatkan semua rempahnya, kamu bisa membelinya lewat aplikasi Chilibeli dan bahan makanan pun akan langsung diantar ke rumahmu.

Selain berbelanja bahan makanan yang berkualitas, kamu juga bisa sekalian mendapatkan banyak keuntungan dengan bergabung menjadi Mitra Chilibeli. Caranya gampang banget, kamu cukup mendaftarkan diri di website resmi Chilibeli. Resep rendang Padang ini bukan hanya nikmat disantap di rumah bersama keluarga, tapi juga bisa dijadikan peluang usaha, bukan?

Tunggu apalagi, yuk, segera belanja di Chilibeli dan nikmati keuntungannya sekarang juga!