Resep Oseng Mercon yang Simpel dan Nagih

Resep Oseng Mercon yang Simpel dan Nagih

Resep oseng mercon bisa menjadi salah satu alternatif pilihan bagi kamu yang doyan makan makanan pedas. Menjadi salah satu hidangan yang populer di Yogyakarta, oseng mercon sebenarnya lebih mirip dengan gulai cincang. Hanya saja oseng mercon tidak dimasak dengan santan melainkan dioseng dengan sedikit minyak.

Oseng mercon terbuat dari koyor atau tetelan sapi sebagai bahan utamanya yang diolah dengan beragam bumbu dan cabai rawit yang luar biasa banyak. Beberapa penjual oseng mercon juga ada yang menggunakan merica sebagai penambah rasa pedasnya. Bahkan, kalau dilihat-lihat, sajian ini lebih didominasi oleh irisan cabai rawitnya dibandingkan tetelan sapinya sendiri.

Dinamakan mercon karena memang makanan ini memiliki rasa pedas yang menggelegar. Bahkan saking pedasnya, makanan ini akan membuat kamu kembang kempis. Umumnya oseng mercon disajikan bersama seporsi nasi hangat dan aneka lauk pauk, seperti ayam goreng, ayam bakar, puyuh goreng, puyuh bakar, lele goreng, dan lele bakar.

Di daerah asalnya, Yogyakarta, kuliner ini punya tempat mangkalnya sendiri. Jika kamu main ke daerah Malioboro atau titik nol kilometer, kamu tinggal menuju ke arah barat, tepatnya di Jalan KH Ahmad Dahlan. Di sana, kamu akan menemukan banyak tenda oseng mercon berbagai nama yang ramai dipadati pengunjung. Biasanya, yang datang untuk menikmati oseng mercon adalah mereka yang merasa tertantang dengan rasa pedasnya yang meledak bak mercon di mulut.

Namun, untuk menikmati oseng mercon, kamu tak perlu jauh-jauh pergi ke Yogyakarta karena saat ini ada begitu banyak oseng mercon kalengan yang bisa kamu dapati secara online. Meski begitu, terkadang oseng mercon kalengan yang dijual di pasaran memiliki rasa yang kurang kuat sehingga tidak menambah selera makan.  

Untuk itu, kuasai saja resep oseng mercon dan buat sendiri sajiannya di rumah. Cara membuatnya pun tidak begitu sulit dan bahan-bahan yang dibutuhkan pun mudah dicari. Jika memang sudah lihai membuat oseng mercon senikmat yang dijual di Yogyakarta, kamu bisa menjadikannya sebagai bisnis rumahan yang bisa cukup menjanjikan bila dilengkapi dengan promosi yang dilakukan di media sosial, buat kamu yang tertarik memulai bisnis, bisa simak tipsnya di sini!

Kunci dari membuat oseng mercon terletak dari penggunaan bumbu dan rempahnya. Sebab oseng mercon sendiri memiliki rasa rempah yang cukup kuat dengan sensasi rasa pedas yang nyelekit. Nah, untuk mendapatkan seluruh bumbu dan rempah yang berkualitas, kamu bisa membelinya secara online.

Jadi, tidak perlu lagi repot-repot pergi ke pasar atau supermarket hanya untuk membeli bumbu masakan. Salah satu aplikasi penyedia kebutuhan bahan makanan yang bisa kamu coba adalah Chilibeli. Melalui Chilibeli, kamu bisa berbelanja dengan mudah dan praktis. Selain itu, belanjaan kamu juga akan diantarkan langsung ke rumah, lho.

Selain itu, kamu juga bisa mendapatkan keuntungan tambahan dengan bergabung ke dalam komunitas Chilibeli. Caranya gampang, cukup registrasi di website Chilibeli, maka kamu sudah resmi menjadi reseller. Menguntungkan sekali, kan?

Yuk, simak resep oseng mercon yang enak dan mudah berikut ini. Dijamin, rasa pedasnya bakal meledak-ledak di mulut!

Resep Oseng Mercon yang Enak dan Mudah Dibuat

resep oseng mercon pedas

Bahan-bahan yang dibutuhkan:

  1. 500 gr tetelan daging sapi
  2. 2 lembar daun salam
  3. 5 lembar daun jeruk
  4. 1 batang serai
  5. 1 ruas jahe
  6. 2 sdm gula merah
  7. 2 sdm kecap manis
  8. Garam secukupnya
  9. 3 sdm minyak goreng

Bumbu halus:

  1. 250 gr cabai rawit merah
  2. 7 siung bawang merah
  3. 4 siung bawang putih

Cara membuatnya:

  1. Rebus tetelan hingga empuk. Tiriskan
  2. Irisp-iris tetelan menjadi ukuran kecil, lalu sisihkan
  3. Panaskan minyak dan masak bumbu halus hingga harum. Lalu, tambahkan daun salam, daun jeruk, jahe dan serai yang sudah digeprek
  4. Ketika aroma bumbu halus sudah semerbak, tambahkan garam, gula merah, dan kecap manis. Kemudian, masukkan tetelan sapi dan masak hingga bumbu meresap
  5. Koreksi rasa, lalu angkat dan hidangan siap dinikmati

Itu dia resep oseng mercon yang enak dan mudah dibuat. Resep oseng mercon bisa kamu aplikasikan sebagai menu rumahan sehari-hari. Namun, untuk anggota keluarga yang tidak menyukai makanan pedas, jangan coba-coba untuk mencicipinya sebab kalau tak kuat dengan rasa pedasnya bisa bikin sakit perut.

Oseng mercon juga tak melulu harus dibuat dari tetelan sapi karena kamu bisa mengkreasikannya dengan bahan lain sesuai selera. Misalnya, mengganti tetelan sapi dengan kikil atau krecek. Atau kamu juga bisa menambahkan olahan tempe kekinian untuk membuat sajiannya terasa lebih nikmat.

Bahkan saat ini, ada begitu banyak kreasi resep oseng mercon yang ramah vegetarian seperti oseng mercon tempe kemangi. Santapan ini paling nikmat bila disajikan dengan nasi dan kerupuk. Selamat mencoba!