Resep Nasi Kuning Tradisional yang Enak dan Lengkap

Resep Nasi Kuning Tradisional yang Enak dan Lengkap

Nasi kuning kerap muncul sebagai sajian wajib di berbagai acara, mulai dari perayaan ulang tahun sampai resepsi pernikahan. Namun, bukan berarti nasi kuning tidak bisa disajikan dalam hari-hari biasa. Beberapa orang bahkan memilih menu yang satu ini untuk sarapan karena mengandung kalori yang banyak untuk energi menjalani aktivitas.

Bisnis pembuatan nasi kuning pun cukup menjamur karena banyaknya permintaan pada waktu-waktu tertentu. Hal ini juga karena resep nasi kuning sangat mudah dibuat dan bisa dikreasikan. Menu nasi kuning biasanya ditambahkan dengan lauk tempe orek, ayam goreng, atau telur dadar.


Baca juga: Resep Nasi Goreng Andalan yang Pas di Segala Suasana


Resep Nasi Kuning Tradisional Lezat

Ada berbagai bumbu dan rempah yang membuat menu ini menjadi sangat. Tenang, bahan-bahan yang dibutuhkan sangat mudah didapatkan, kok. Kamu bisa memesan semua bahannya di aplikasi belanja online Chilibeli yang menyediakan beras dan sayuran yang lengkap.

Setelah bahan yang dibutuhkan lengkap, kamu tinggal membuatnya sendiri di dapur rumah kamu. Nasi kuning pun bisa diolah dengan cara mengukusnya atau menggunakan rice cooker. Namun, resep yang akan ditampilkan kali ini menggunakan teknik perebusan dan penanakan nasi.

Langsung coba sendiri membuat nasi kuning tradisional di rumah. Buat sontekannya, kamu bisa melihat resep nasi kuning tradisional di bawah ini!

Bahan yang dibutuhkan:

  1. 1 kg beras
  2. 5 siung bawang merah
  3. 5 cm kunyit
  4. 2 cm lengkuas
  5. 2 lembar daun pandan
  6. 2 batang sereh
  7. 4 lembar daun salam
  8. 5 cm jahe
  9. 4 sdm garam
  10. 3 sdm gula
  11. 900 ml santan
  12. 2 liter air minum


Cara membuatnya:

  1. Cuci beras dengan air matang sekitar dua kali. Buang air cuciannya, lalu rendam dengan air baru selama beberapa saat. Sisihkan
  2. Haluskan jahe, kunyit, lengkuas, bawang merah, garam, dan gula dengan blender. Lalu, campurkan ke dalam santan cair dan aduk hingga rata
  3. Rebus santan hingga mendidih sambil sesekali diaduk supaya tidak pecah. Angkat dan saring untuk menghilangkan ampasnya
  4. Buang air rendaman beras, lalu tuang santan rebus ke dalam beras. Tambahkan daun salam dan sereh ke dalamnya
  5. Rebus beras dengan api kecil sambil diaduk pelan-pelan. Rebus sampai air berkurang dan nasi dalam kondisi hampir matang
  6. Angkat dan ambil daun salam dan sereh di dalamnya. Ganti dengan daun pandan
  7. Rebus air di bawah alat pengukus nasi. Taruh beras setengah matang saat air sudah mendidih dan uap terasa panas.
  8. Kukus nasi sampai tanak. Angkat dan aduk-aduk sebentar
  9. Nasi kuning siap dibentuk menjadi tumpeng atau disajikan seperti sajian nasi biasa


Baca juga: Cara Membuat Ayam Goreng Crispy a la Resto Cepat Saji


Lauk-pauk untuk Nasi Kuning Tumpeng

Menu yang satu ini tidaklah datang dalam keadaan polos. Nasi kuning tradisional atau yang lebih sering dikenal dengan tumpeng biasa disajikan dengan berbagai pilihan lauk. Lauk-pauk tersebut biasanya diletakkan di pinggiran tumpeng untuk membuat makanan ini tampak sangat mewah.

Tidak semuanya harus ada, kok. Kamu bisa memilihnya sendiri sesuai selera dan tetap akan membuat menu yang satu ini spesial saat disantap nantinya.

Berikut beberapa pilihan lauk yang biasa menemani nasi tumpeng.

  1. Irisan timun, tomat, dan kol
  2. Sayur buncis
  3. Urap
  4. Tempe orek
  5. Sambal kentang ati
  6. Ayam goreng potong/suwir
  7. Telur dadar/rebus
  8. Perkedel
  9. Mi goreng
  10. Bihun goreng
  11. Dendeng sapi
  12. Serundeng
  13. Kerupuk


Nasi Kuning Dalam Kebudayaan Masyarakat Indonesia

Nasi kuning bukan sekadar makanan yang disajikan dalam waktu-waktu tertentu. Makanan yang satu ini punya makna yang dalam dan sebuah harapan besar dalam setiap penyajiannya. Masyarakat Indonesia sendiri memaknai sajian nasi kuning sebagai rasa syukur atas sesuatu yang didapat karena ini biasanya disajikan dalam acara besar.

Makanan tradisional ini bukanlah milik salah satu daerah karena kamu bisa dengan mudah mendapatkannya di mana pun. Nasi kuning tersebar mulai dari seluruh Pulau Jawa, Bali, Banjar, hingga Sulawesi, khususnya Manado. Karena bisa ditemui di banyak tempat, menu ini akhirnya menjadi makanan khas seluruh rakyat Indonesia.

Dalam beberapa perayaan, nasi kuning akan dibentuk kerucut seperti gunung dan disebut tumpeng. Bentuk ini melambangkan gunung emas yang berkilau. Diharapkan orang yang menyajikan nasi kuning ini dapat semakin hidup dalam kemakmuran.


mitra chilibeli

Itulah makna besarnya dan resep untuk membuat nasi kuning. Setelah tahu resep ini, kamu bisa membuat sendiri nasi kuning untuk perayaan orang-orang tercinta kamu. Tidak ada salahnya juga menjadikan makanan ini bisnis yang mendatangkan banyak keuntungan.

Ngomong-ngomong soal keuntungan, kamu bisa mendapatkan penghasilan ekstra dengan berjualan berbagai bahan makanan kapan dan di mana pun. Caranya cukup bergabung menjadi Mitra Chilibeli dan dapatkan kemudahan tersebut. Kamu juga bisa terhubung dengan komunitas yang luas dan dapat ilmu bisnis yang bermanfaat juga, loh!