Resep Nasi Kebuli yang Enak dan Mudah Dibuat

Resep Nasi Kebuli yang Enak dan Mudah Dibuat

Makanan asal Timur Tengah yang satu ini jadi favorit banyak orang karena rasanya yang khas. Nasi kebuli juga punya aroma rempah yang cukup kuat dengan perpaduan rempah dan daging di dalamnya. Tak heran menu nasi kebuli banyak disajikan di acara resepsi pernikahan dan biasanya jadi salah satu idola selain menu kambing guling.

Eits, tidak perlu menunggu diundang ke acara pernikahan lagi kok untuk makan nasi kebuli. Kamu juga bisa buat sendiri dengan resep nasi kebuli ala dapur rumah kamu. Malahan, kamu bisa menambahkan tambahan rempah dan porsi daging sesuai selera.

Karena nasi kebuli yang kamu bikin itu bisa dimodifikasi, kamu pun bisa memilih daging yang dipakai. Pada dasarnya, menu nasi yang satu ini menggunakan potongan daging kambing yang dimasak bersama dengan nasinya. Bila tidak suka dengan kambing, bisa juga kok membuat nasi kebuli dengan daging ayam.

Nah, daging ayam atau kambingnya bisa dengan mudah kamu beli via aplikasi Chilibeli, loh. Bukan hanya itu, kamu pun bisa mendapatkan semua bahan yang dibutuhkan untuk membuat nasi kebuli di Chilibeli. Bahan-bahannya pun akan langsung diantar ke rumah kamu, jadi bisa langsung diolah di dapur.

Resep Nasi Kebuli Enak yang Mudah Dibuat

Bikin menu nasi kebuli gampang? Yap, benar banget! Kamu tinggal melirik resep-resep di bawah ini, mencobanya sendiri di rumah, dan voila! kamu sudah layaknya chef profesional. Yuk, simak resep-resepnya di bawah ini!

1. Resep nasi kebuli kambing

resep nasi kebuli briyani

Bahan yang dibutuhkan:

  1. 125 – 150 gr beras pulen yang sudah dicuci
  2. 300 gr daging kambing yang direbus dan dipotong dadu
  3. 500 ml kaldu daging
  4. 1 sdm minyak samin
  5. 1 butir cengkih
  6. 1 cm jahe
  7. 2 butir kapulaga
  8. 1 cm kayu manis
  9. 1/4 butir pala
  10. 1 batang serai yang dimemarkan
  11. 1/2 sdt merica bubuk
  12. sejumput garam
  13. 4 siung bawah putih
  14. 6 siung bawah merah
  15. kunyit secukupnya
  16. 1 sdt ketumbar

Cara membuatnya:

  1. Haluskan bawang putih, bawang merah, kunyit, ketumbar, jahe, dan garam
  2. Kukus beras hingga setengah matang. Kamu bisa menggunakan pengukus beras atau rice cooker
  3. Panaskan minyak samin dan masukkan bumbu halus ke dalamnya
  4. Tumis sampai sampai matang dan harum
  5. Tambahkan rempah-rempah dan bahan lainnya ke dalam tumisan
  6. Setelah matang, masukkan daging kambing potong dan lanjutkan menumis sampai daging berubah warna
  7. Masukkan nasi setengah matang ke dalam tumisan, lalu aduk hingga merata
  8. Tuang kaldu dan aduk sampai kaldu menyerap
  9. Lanjutkan dengan mengukus campuran nasi selama 40 – 45 menit
  10. Sajikan dalam keadaan hangat
Ini Dia Jenis-Jenis Bawang Putih dan Perbedaannya!

Topping yang Bisa Ditambahkan Dalam Menu Nasi Kebuli

Kadang orang lupa, topping bukan hanya tambahan untuk membuat tampilan menarik, tapi juga menambah rasa dan sensasi berbeda. Ada beberapa bahan tambahan yang sering dipakai untuk resep nasi kebuli. Bisa memilihnya satu, dua, atau semuanya sesuai selera.

1. Kerupuk

Masakan dan kerupuk sudah jadi duet maut untuk masyarakat Indonesia. Kuliner di Indonesia pun mengenal ada berbagai macam kerupuk. Kamu bisa menyantap nasi kebuli dengan kerupuk putih sedang, kerupuk kecil berwarna, dan juga kerupuk kulit. Semua pilihan dijamin sukses!

2. Emping

Tambahan ini juga banyak disukai oleh masyarakat Indonesia. Rasanya sedikit pahit dan sedikit asin saat bercampur dengan menu gurih. Beberapa menu nasi kebuli di sejumlah restoran pun lebih sering menambahkan emping, alih-alih memberikan kerupuk di atasnya.

3. Bawang goreng

Taburan bawang goreng selalu jadi penambah rasa hampir di setiap masakan. Bawang goreng bisa dibuat dari irisan bawang merah atau bawang putih. Apa pun pilihannya, kamu bisa menambahkan bawang goreng di atas menu nasi kebuli sebanyak yang kamu inginkan.

4. Acar

Kamu bisa mencampurkan potongan timun, wortel, bawang merah, dan cabe hijau di dalamnya. Tambahkan air dan cuka ke dalam campuran acar untuk membuatnya sedikit layu. Rasa sedikit asam pun bisa kamu dapatkan di samping rasa gurih dari nasi kebuli.

5. Nanas

Mencari sensasi asam lain, coba tambahkan irisan nanas di atas nasi kebuli buatan kamu. Tidak perlu terlalu banyak, cukup tambahkan satu atau dua potong nanas kecil sebagai topping. Makan potongan nanas di sela-sela suapan untuk memberikan pengalaman berbeda.

Resep Telur Balado yang Wajib Dicoba

Sekarang kamu sudah tahu resep dan topping yang bisa ditambahkan di menu nasi kebuli. Langkah selanjutnya tinggal mencobanya sendiri di rumah. Jangan ragu untuk berkreasi dengan kreativitas kamu dengan menambahkan bahan-bahan yang kamu dapatkan dari Chilibeli, ya.

Bukan hanya mendapatkan bahan-bahan untuk membuat nasi kebuli, kamu pun bisa menjadi Mitra Chilibeli. Dapatkan uang tambahan dari menjadi reseller dan terhubung dengan banyak komunitas di dalamnya. Yuk, segera gabung sebagai Mitra Chilibeli di sini!