Resep Makanan Ringan dari Buah | Gampang, Enak dan Sehat

Resep Makanan Ringan dari Buah | Gampang, Enak dan Sehat

Siapa yang tidak suka menikmati makanan ringan? Selain konsumsi makanan berat 3 kali sehari, camilan jadi menu penting dan terkadang jadi yang paling menyenangkan untuk disantap. Sayangnya, camilan yang biasanya dimakan dalam waktu singkat butuh waktu lama dalam pengolahannya.

Untuk kamu yang senang ngemil, tidak ada salahnya mulai mengulik resep makanan ringan yang terbuat dari buah. Kenapa buah yang dipilih jadi bahan utama? Tentu karena manfaatnya yang baik untuk tubuh. Selain itu, buah juga memiliki perasa alami sehingga makanan ringan ini tidak membutuhkan banyak bahan tambahan.

Resep Snack dari Buah

Saat akan membuat makanan ringan dengan bahan dasar buah, tentu yang harus dipersiapkan adalah buah yang berkualitas. Kini, membeli buah dan bahan segar lain seperti sayuran dan telur bisa dilakukan lewat aplikasi ponsel. Cara ini tentu jadi membuatmu lebih hemat waktu dan pastinya lebih hemat tenaga. 

Lalu makanan ringan apa saja yang bahan dasar resepnya dibuat dari buah? Ternyata banyak. Untuk kamu yang tertarik membuat makanan ringan dengan bahan dasar buah, kamu bisa melihat 5 resep makanan ringan di bawah ini. 

1. Pancake Pisang

kreasi makanan dari buah

Untuk kamu pecinta kue dadar alias pancake, resep yang satu ini patut dicoba. Selain pisang sebagai bahan baku utamanya yang mudah didapat, cara membuatnya juga tidak merepotkan. Kamu pun hanya butuh satu mangkuk dan wajan datar untuk membuat pancake pisang.

Bahan yang dibutuhkan hanyalah 2 buah pisang ambon matang, 1 butir telur, 1 sendok makan tepung terigu, dan dua sendok mentega leleh. Haluskan pisang di dalam mangkuk, lalu aduk bahan lainnya dan campur rata. Panaskan wajan datar, oles dengan sedikit mentega, lalu tuang pancake menggunakan sendok sayur hingga adonan habis. Jika suka pisang, bisa coba juga membuat kolak pisang yang ikonik di bulan Ramadan.

Baca juga: Resep Kentang Goreng yang Pasti Crispy dan Renyah

2. Pizza Semangka

resep kreasi buah semangka

Hampir semua orang suka pizza. Akan tetapi, bagaimana rasanya pizza yang dibuat dari semangka? Ternyata, selain menyegarkan dan mengandung banyak vitamin, pizza semangka juga aman dinikmati oleh anak-anak sebagai camilan yang menyenangkan.

Kamu hanya perlu memotong bagian tengah buah semangka secara horizontal dengan ketebalan 2-3cm. Setelah itu, potong semangka menjadi 8 bagian seperti halnya kamu memotong pizza. Hias semangka dengan topping greek yoghurt, taburan keju cheddar parut, dan potongan buah warna-warni seperti mangga, kiwi, dan saus stroberi. Kalau mau coba membuat pizza di rumah, bisa simak tips membuat pizza dengan atau tanpa oven di sini, ya.

3. Popsicles

resep popsicle es stik buah semangka

Cuaca panas membuat kamu ingin menikmati es yang segar? Alih-alih membeli, lebih baik kamu buat sendiri popsicles alias es krim bertangkai (es loli) yang berbahan dasar buah segar. Untuk membuat camilan ini, kamu hanya membutuhkan cetakan es khusus untuk nantinya disimpan ke dalam freezer.

Cara membuat popsicles ini juga mudah. Campur satu buah semangka, sedikit sari jeruk lemon, selembar daun mint, dan gula ke dalam blender. Haluskan semua bahan hingga tercampur rata. Sebelum dituang ke dalam cetakan, cicipi dahulu apakah rasa popsicles sudah segar atau belum. Kemudian, bekukan di dalam freezer sebelum dinikmati.

Baca juga: Resep Camilan Sehat untuk Bisnis Makanan Ringan

4. Pisang Celup Coklat

olahan snack pisang cokelat

Sedang menghindari camilan dingin karena takut radang tenggorokan? Mungkin resep makanan ringan yang satu ini bisa kamu coba. Khusus untuk pisang celup coklat, kamu butuh kreativitas dalam menciptakan topping yang menarik. Cara membuatnya cenderung mudah, karena kamu hanya butuh buah pisang dan coklat leleh.

Pilih pisang yang cukup matang, namun tidak terlalu lembek. Tusuk bagian bawah menggunakan stik eskrim, lalu celupkan pisang ke dalam coklat leleh. Sebelum coklat kering dan mengeras, segera taburi topping warna-warni seperti sprinkles, coklat meses, atau cincangan kacang dan buah kering.

5. Apple Nachos

cara membuat snack apple nachos

Nachos alias keripik jagung memang lezat untuk dijadikan camilan. Agar lebih variatif (dan tentunya lebih sehat), kamu bisa membuat makanan ringan nachos yang dibuat dari apel. Bagaimana caranya?

Cukup sediakan 3-4 buah apel dengan jenis yang berbeda. Tanpa mengupas kulitnya, iris tipis semua apel lalu letakkan ke dalam mangkuk. Beri dua sendok makan air lemon, lalu aduk rata agar warna apel tidak berubah kecoklatan karena efek oksidasi.

Untuk menikmati apple nachos, tata apel di atas piring datar, lalu hias bagian atas dengan selai kacang hangat menggunakan piping bag. Taburkan bagian atas nachos dengan cincangan kacang, buah kering, granola, atau cornflakes. Kamu juga bisa menambah hiasan nachos dengan coklat leleh yang lezat.

Baca juga: 7 Manfaat Jeruk lemon yang Jarang Diketahui

Menikmati buah sebagai makanan ringan dengan olahan unik memang menantang bagi siapapun yang ingin mencoba. Oleh karena itu, hindari kerepotan saat berbelanja dan memilih buah di supermarket atau pasar dengan cara membeli lewat aplikasi Chilibeli. Aplikasi Chilibeli tidak hanya menawarkan belanja sayur dan buah, tetapi juga bahan pangan lain yang pastinya dibutuhkan di setiap rumah.

Selain itu, Chilibeli juga memiliki kelebihan berupa menawarkan dan membeli produk lewat komunitas, yang lokasinya tersedia di banyak tempat. Dengan begitu, proses pengantaran dan kualitas buah dan sayur akan lebih terjamin kesegarannya begitu sampai di tempat tujuan. Menarik, kan? Yuk, mulai bergabung dan rasakan belanja seru lewat komunitas di aplikasi Chilibeli dengan kesempatan mendapat penghasilan ekstra sebagai Mitra Chilibeli yang banyak untungnya!