Suka Pasta? Ini Resep Lasagna Sederhana Buatmu

Suka Pasta? Ini Resep Lasagna Sederhana Buatmu

Makanan Italia yang juga sudah sangat terkenal di banyak negara adalah lasagna. Makanan pasta ini dimasak dengan cara dipanggang di dalam oven untuk mendapatkan tekstur dan rasa yang tepat. Isi dari lasagna pun bisa bermacam-macam, mulai dari saus daging sapi, ayam, sayur, hingga jamur.

Keberadaan menu lasagna sudah ada sejak zaman Romawi Kuno. Masyarakat pada masa itu mengalami kekurangan bahan baku untuk membuat makanan hingga hanya memanfaatkan gandum semolina dan air. Beberapa wilayah lainnya malah hanya menggunakan telur dan tepung terigu untuk membuat lasagna.

Lasagna juga jadi salah satu makanan yang cukup padat dan mengenyangkan, biarpun beberapa kali sering dijadikan makanan sampingan. Enaknya lagi, daya tahan lasagna ini cukup baik dan bisa disimpan dalam lemari es hingga 2 – 3 hari. Saat mau disantap kembali, kamu tinggal memanaskannya saja.


Kandungan Kalori dalam Lasagna

Kamu akan mendapatkan asupan tidak kurang dari 135 kcal dalam 100 gram porsi lasagna. Kandungan gizi tersebut didapatkan dari daging, susu, dan keju yang terkandung di dalamnya. Besarnya kalori yang ada di dalamnya pun buat lasagna bisa jadi menu sarapan yang mantap.

Untuk aktivitas yang lebih berat lagi, kamu bisa menyajikannya dengan segelas susu. Lasagna pun akan membuat kamu tetap kenyang sampai makan siang nanti. Toh, menu yang satu ini cukup praktis untuk dibawa dengan lunch box karena tidak berkuah dan bisa disantap kembali pada siang harinya.

Pastinya, menu lasagna juga disukai oleh anak-anak karena rasa gurih, sedikit manis, dan tetap pas bila ditambah dengan saus. Satu loyang besar pun bisa dimakan oleh seluruh anggota keluarga, loh. Tenang, menu yang satu ini tidak cukup merepotkan untuk dibuat, kok.

Resep-resep Makanan Penambah Darah

Resep Lasagna yang Mudah Dicoba di Rumah

resep lasagna mozarella

Membuat lasagna tidak harus punya keahlian masak khusus, kok. Asal kamu butuh cetakan tahan panas dan oven untuk memanggang adonan, kamu sudah bisa membuat lasagna sendiri di rumah. Porsi lasagna pun bisa disesuaikan dengan selera dan kebutuhan kamu, jadi kamu bisa membuatnya untuk dimakan sendiri atau dijual.

Sekarang, kamu tinggal melengkapi bahan-bahan yang dibutuhkan dan membuatnya sendiri. Silakan ikuti cara membuat lasagna enak dan mudah di bawah ini!

Bahan yang dibutuhkan:

  1. 8 – 10 lembar kulit lasagna siap pakai
  2. 300 gr daging sapi giling
  3. 4 buah tomat merah yang sudah dihaluskan
  4. 2 sdm minyak zaitun
  5. 2 sdm saus tomat
  6. 1 siung bawang bombai dicincang halus
  7. 4 siung bawang putih dicincang halus
  8. 1 sdt oregano kering
  9. 1/2 sdt merica bubuk
  10. 1 sdt gula
  11. 1 sdt garam
  12. 50 gr mentega
  13. 500 ml susu cair full cream
  14. 100 gr keju cheddar parut
  15. 2 sdm tepung terigu
  16. 50 gram keju mozzarella
  17. Air secukupnya
Apa Itu Lasagna? Ini Yang Perlu Kamu Tahu Tentang Pasta Ini

Cara Membuatnya:

  1. Rebus air dan tambahkan sedikit minyak di dalamnya. Lalu, masukkan kulit lasagna siap pakai dan rebus sampai lunak. Tiriskan dan pisahkan supaya tidak menempel.
  2. Tumis bawang putih dan bawang bombai dengan mentega sampai harum
  3. Setelah aroma keluar dan bawang sedikit berubah warna, masukkan daging cincang sambil mengaduknya hingga rata
  4. Tambahkan tomat yang sudah dihaluskan, merica, oregano, garam, dan gula, lalu aduk hingga kental. Angkat dan diamkan terlebih dulu
  5. Panaskan panci untuk melelehkan mentega, lalu masukkan tepung terigu ke dalamnya sambil aduk hingga tercampur
  6. Perlahan, tuangkan susu cair dan aduk terus sampai kental
  7. Siapkan wadah tahan panas atau loyang besar untuk alas lasagna
  8. Susun semua bahan dan adonan di dalamnya, mulai dari kulit lasagna, saus daging, saus tomat, dan saus putih. Buat semuanya sampai adonan habis dan loyang terisi penuh.
  9. Taburkan potongan keju mozzarella dan keju cheddar di bagian atas lasagna
  10. Panggang dalam oven dengan suhu 170 derajat Celcius selama kurang lebih 30 menit
  11. Keluarkan dari oven dan diamkan sebentar
  12. Sajikan selagi hangat dengan tambahan saus tomat atau saus sambal sesuai selera.

Cukup mudah ‘kan membuat lasagna sendiri di rumah kamu. Sudah gitu, semua bahan-bahannya pun bisa dengan mudah kamu dapatkan di pasaran. Malahan, kamu bisa membeli semua lebih mudah lagi dengan aplikasi belanja online Chilibeli.

Ada banyak penjual yang menyediakan bahan untuk membuat resep lasagna yang bisa kamu temukan di sana. Selain itu, kamu pun bisa menjadi Mitra Chilibeli dandapatkan penghasilan ekstra untuk tambahan uang belanja

Selain itu, Chilibeli juga akan mengadakan program menarik untuk para mitra menambah jaringan dan wawasan usaha. Kamu bisa langsung daftar menjadi Mitra Chilibeli di sini sekarang!