Resep Kentang Goreng yang Pasti Crispy dan Renyah

Resep Kentang Goreng yang Pasti Crispy dan Renyah

Kentang goreng adalah kudapan yang seringkali ditemui di kafe, restoran, maupun di pinggir jalan. Lebih dikenal dengan sebutan french fries, kentang goreng memang bisa dijadikan camilan yang enak dan mengenyangkan. Rasanya yang gurih dan teksturnya yang renyah membuat kudapan ini begitu diminati.  

Camilan ini paling enak disantap bersama cocolan saus sambal dan mayonnaise. Bahkan, saat ini kentang goreng kerap disajikan dengan aneka macam bumbu tabur dan saus kekinian. Mulai dari saus keju, saus rumput laut, saus barbeque, dan lain sebagainya.

Meski banyak dijual di kafe atau restoran cepat saji, kamu juga bisa membuatnya sendiri di rumah, lho. Apalagi resep kentang goreng banyak beredar di dunia maya. Jadi, kamu tidak perlu bingung untuk membuat kentang goreng yang renyah seperti yang dijual di restoran cepat saji.

Untuk membuatnya, kamu hanya perlu menyiapkan bahan-bahan dan alat masak yang sederhana. Nah, jika ingin mengetahui cara membuat kentang goreng dengan rasa dan kerenyahan setara fast food, berikut resep kentang goreng yang pasti crispy dan renyah.

Rahasia Membuat Kentang Goreng ala Restoran Cepat Saji

Kentang goreng memang mudah dibuat, namun sayangnya kebanyakan orang sering ragu karena seringkali kentang menjadi lembek dan cenderung layu setelah digoreng. Biasanya hal ini disebabkan karena kentang menyerap minyak yang terlalu banyak sehingga kentang menjadi basah.

Meski begitu, jangan dulu menyerah sebab ada trik rahasia untuk membuat tekstur kentang serenyah kentang goreng yang dijual di restoran cepat saji. Rahasianya adalah dari tepungnya. Ya, ada dua tepung pilihan yang bisa kamu gunakan untuk memberikan tekstur crispy sempurna, yakni tepung terigu atau tepung maizena.

Selain menggunakan tepung, beberapa orang juga diketahui kerap menggunakan air kapur dan air es untuk menghasilkan tekstur yang renyah. Bubuk kapur sendiri bisa dibeli di toko bahan kimia atau kini juga mulai banyak dijual di toko-toko bahan makanan. Jika ingin lebih renyah lagi, jangan lupa untuk menyimpan kentang yang sudah dibumbui di dalam freezer selama kurang lebih 3 jam.

Dalam menggoreng kentang, kamu juga perlu memerhatikan teknik menggorengnya. Goreng kentang dalam minyak banyak dengan teknik deep frying. Teknik menggoreng ini akan membuat seluruh permukaan kentang matang sempurna. Warna yang dihasilkan pun akan sama rata sehingga penampilannya terlihat menggugah selera.

Ohiya, menggoreng kentang juga tidak boleh terlalu lama. Sebab, alih-alih ingin mendapatkan tekstur yang renyah layaknya kentang goreng fast food, kamu justru mendapatkan kentang goreng yang bertekstur keras. Cukup goreng Selama 3 – 4 menit hingga kentang berubah warna menjadi kuning keemasan.

Baca juga: 5 Olahan Kentang Paling Enak dan Gampang

Resep Kentang Goreng yang Renyah dan Crispy

cara membuat kentang goreng renyah tidak lembek

Agar kentang goreng renyah dna lebih lama, ada beberapa cara yang membuat teksturnya crispy. Daripada penasaran bagaimana cara membuatnya, yuk, simak resep kentang goreng yang dijamin renyah dan crispy berikut ini.

Bahan-bahan yang dibutuhkan:

  1. 2 buah kentang ukuran besar
  2. ½ kunyit bubuk
  3. 1 sdm tepung terigu
  4. Air es
  5. Garam secukupnya
  6. Merica secukupnya
  7. Minyak untuk menggoreng

Cara membuatnya:

  1. Kupas dan potong-potong kentang, kemudian iris kentang menjadi bentuk stik dengan tebal sekitar 0,5 cm – 1 cm
  2. Masukkan potongan kentang ke dalam air agar warnanya tidak berubah
  3. Supaya warna kentang tidak pucat saat digoreng, tambahkan kunyit bubuk. Caranya, didihkan air rebusan dengan bubuk kunyit dan rebus selama 3 – 4 menit
  4. Tiriskan kentang dan masukkan ke dalam air es
  5. Siapkan wadah, campurkan tepung terigu, garam, dan merica, aduk rata
  6. Tiriskan kentang yang sudah direndam air es, kemudian gulingkan kentang ke dalam campuran tepung terigu. Aduk hingga seluruh permukaan kentang terlumuri tepung
  7. Panaskan minyak, lalu goreng kentang hingga warnanya berubah menjadi kuning keemasan
  8. Angkat kentang dan tiriskan di atas kertas minyak atau kertas tisu
  9. Kentang goreng yang renyah siap dinikmati dengan cocolan saus sambal

Bagaimana, mudah banget, kan, membuat resep kentang goreng di atas? Kini tak perlu lagi membeli kentang goreng fast food karena kamu bisa membuat yang sama dengan yang dijual di restoran cepat saji.

Baca juga: 5 Camilan Sehat dan Praktis untuk Bisnis Rumahan

Nah, bagi kamu yang mau membuat kentang goreng yang renyah dan crispy tapi tidak punya waktu untuk membeli kentang di pasar atau supermarket, tidak perlu khawatir. Kamu bisa membeli kentang secara online melalui Chilibeli. Aplikasi ini menawarkan berbagai macam kebutuhan bahan makanan yang mutunya terjamin.

Selain itu, kentang pesananmu juga akan dikirim ke rumah, lho. Jadi, kamu tinggal duduk manis sambil menunggu pesananmu datang. Praktis banget, kan?