Resep Infused Water yang Mudah, Murah, dan Sehat

Resep Infused Water yang Mudah, Murah, dan Sehat

Seiring dengan perkembangan tren hidup sehat, resep infused water kini menjadi salah satu pencarian yang paling banyak dicari orang. Infused water memang memiliki banyak khasiat kesehatan, terutama untuk detoksifikasi. Selain itu, infused water juga dapat meningkatkan sistem metabolisme tubuh sehingga membantu seseorang dalam mencapai bentuk tubuh ideal.

Membuat infused water pun tidak sulit karena bahan utama infused water itu sendiri adalah air putih yang dicampur dengan buah-buahan, sayuran, hingga tanaman herbal. Biasanya beberapa resep infused water menyuruh kita untuk mendiamkan infused water di dalam kulkas selama semalam penuh. Hal ini bertujuan agar infused water yang diminum terasa lebih segar.

Nah, buat kamu yang pengin mulai hidup sehat dengan rajin mengonsumsi infused water, berikut resep infused water yang mudah, murah, dan sehat.

Resep Infused Water yang Praktis

Untuk membuat infused water, dibutuhkan buah dan sayuran yang berkualitas agar infused water yang kita buat memberikan efek yang baik untuk tubuh. Kini, untuk mendapatkan buah-buahan dan sayuran segar, kamu tak perlu repot-repot pergi ke pasar atau supermarket karena kamu bisa membelinya lewat aplikasi online. Cara ini tentunya jadi memudahkanmu dalam belanja buah dan sayur.  

Lantas, resep infused water apa saja yang bisa kamu coba di rumah? Untuk permulaan, kamu bisa mencoba beberapa resep infused water seperti di bawah ini.

1. Infused Water Dengan Kayu Manis dan Apel

resep infused water zaidul akbar

Resep pertama yang bisa kamu coba adalah dengan memadukan kayu manis dan apel. Perpaduan dua bahan ini tidak hanya membawa kebaikan untuk kesehatan, tapi juga menghasilkan rasa dan aroma yang kuat. Untuk membuatnya dalam porsi banyak pun tak masalah asalkan jumlah air yang digunakan seimbang dengan takaran kayu manis dan buah apel yang digunakan.

Untuk membuatnya, potong buah apel menjadi dadu, lalu masukkan potongan buah apel ke dalam botol berisi air putih. Kemudian, tambahkan satu batang kayu manis ke dalamnya. Supaya aroma dan rasa kedua bahan ini lebih keluar, simpan di tempat yang sejuk dan biarkan selama semalaman.

2. Infused Water Dengan Daun Mint


Buat kamu yang lebih suka dengan minuman beraroma segar, resep infused water satu ini bisa menjadi pilihannya. Infused water dengan daun mint akan membuat rasa infused water terasa lebih segar. Daun mint juga memiliki kandungan antioksidan yang baik untuk pencernaan. Selain itu, aroma daun mint yang menyegarkan akan membuat napas kamu tidak bau.

Langkah pertama yang harus kamu lakukan untuk membuat infused water daun mint adalah melumatkan daun mint dengan cara meremasnya, bisa juga kamu tambahkan dengan lemon untuk rasa yang lebih segar. Cara ini dilakukan untuk melepaskan minyak alami yang terkandung di dalam daun mint. Lalu, campurkan daun mint ke dalam segelas air putih dan dinginkan semalam penuh guna menghasilkan sensasi rasa segar dari daun mint.

3. Infused Water Dengan Timun

cara membuat infused water timun

Menyimpan segudang manfaat kesehatan, timun bisa dijadikan resep infused water yang bisa kamu coba di rumah. Timun sendiri mengandung vitamin A, B, dan C serta mineral, seperti magnesium, kalium, dan mangan. Kandungan silika yang ada di dalamnya menjadi bagian penting dalam perawatan kulit.

Timun juga mengandung serat yang berkhasiat untuk mengusir racun dari sistem metabolisme tubuh sehingga kesehatan pencernaan akan terjaga. Jika ingin membuat infused water dengan timun, kamu cukup mengirisnya lalu mencampurkannya dengan air putih. Simpan infused water di dalam kulkas selama 12 jam untuk menghasilkan rasa terbaik.

Irisan timun yang sudah direndam berjam-jam di dalam air dingin jangan langsung dibuang karena kamu bisa menggunakannya sebagai masker wajah. Airnya pun bisa kamu manfaatkan untuk mencuci muka.

4. Infused Water Dengan Jeruk dan Blueberry

cara membuat infused water untuk menurunkan berat badan

Bosan dengan resep infused water yang itu-itu saja? Coba buat infused water dengan campuran jeruk dan blueberry. Baik jeruk dan blueberry, keduanya memiliki nilai gizi yang sangat tinggi. Dengan mengolahnya sebagai infused water, kamu jadi bisa mendapatkan nutrisi yang lebih lengkap.

Cara membuatnya, cuci buah blueberry hingga bersih lalu biarkan mengering. Kemudian, kupas buah jeruk dari kulit putih yang menyelimuti daging buahnya, lalu buang bijinya. Campurkan semua bahan ke dalam teko yang berisi air putih dan diamkan di dalam kulkas hingga semalaman.

5. Infused Water Dengan Stroberi dan Belimbing

infused water belimbing stroberi

Jika mencari resep infused water yang rendah kalori, kamu bisa mencoba resep satu ini. Seperti yang kita tahu, stroberi adalah salah satu buah yang diperkaya dengan antioksidan yang sangat tinggi. Antioksidan sendiri berkhasiat untuk mencegah radikal bebas yang menjadi pemicu penyakit kanker.

Sementara belimbing mengandung vitamin C yang sangat tinggi. Buah berwarna kuning cerah ini juga menjadi salah satu buah dengan kalori terendah sehingga cocok dikonsumsi untuk kamu yang ingin menurunkan berat badan.

Untuk membuat infused water dengan stroberi dan belimbing, kamu membutuhkan setidaknya 1 liter air yang diimbangi dengan dua buah stroberi dan tiga potong belimbing. Pastikan kamu menggunakan buah belimbing yang manis untuk menyimbangi rasa stroberi yang masam.

Semua bahan yang sudah dicuci bersih langsung dipotong tipis-tipis. Lalu, gabungkan potongan buah stroberi dan belimbing ke dalam air putih. Simpan dahulu campuran ini selama dua sampai empat jam di dalam kulkas untuk membuat rasanya menjadi lebih nendang.

Itulah beberapa resep infused water yang mudah, murah, dan sehat. Bagi yang kurang suka minum air putih, resep infused water di atas tentu bisa menjadi penolong kamu untuk memulai hidup yang lebih sehat. Jadi, resep mana yang ingin kamu coba lebih dulu?