Resep Camilan Sehat untuk Bisnis Makanan Ringan

Resep Camilan Sehat untuk Bisnis Makanan Ringan

Sibuk dengan rutinitas harian terkadang membuat kita lupa untuk mengonsumsi makanan sehat. Asalkan perut kenyang, tenaga sudah kembali terisi, kerjaan pun dilanjutkan hingga selesai. Akhirnya, daya tahan tubuh perlahan mulai menurun karena kurangnya asupan gizi, vitamin, dan serat dari buah dan sayur.

Lalu bagaimana cara menyiasati agar kita tetap bisa mengonsumsi buah setiap hari? Tentu saja dijadikan camilan alias makanan ringan yang enak dan sehat. Agar semangat makan buah tetap terjaga, kamu dapat kreasikan resep camilan untuk nantinya dijual lagi sebagai bisnis sampingan. 

Resep Camilan Sehat untuk Jadi Bisnis Snack

Menyiapkan camilan sehat yang terbuat dari buah memang terdengar sulit. Apalagi untuk mempersiapkan semua bahan, kamu harus berbelanja ke supermarket atau pasar tradisional yang menyediakan semuanya secara segar.

Untungnya, saat ini kamu bisa menikmati buah, sayuran, hingga bahan makanan lain yang kualitasnya segar dengan cara berbelanja via aplikasi online. Dengan begitu, resep camilan dari buah pun bisa segera kamu buat untuk dijadikan bisnis andalan. Apa saja? Berikut beberapa contohnya.

1. Salad Buah

resep salad buah untuk jualan

Olahan salad buah ini selain sehat juga mudah untuk dibuat. Bahan-bahan yang dibutuhkan hanyalah satu cup yogurt dan beberapa jenis buah yang telah dipotong dadu. Untuk pemilihan buah, pilihlah yang memiliki warna dan tekstur berbeda agar tidak bosan saat mengonsumsi.

Kamu bisa mulai membuat salad buah ini dengan menuang satu cup kecil yogurt tawar (atau greek yoghurt) ke dalam mangkuk. Campur dengan setengah cup susu cair, kemudian aduk sebentar agar teksturnya lembut.

Kemudian, potong buah apel, pir, pisang, melon, stroberi, atau pepaya yang sebelumnya sudah kamu beli lewat aplikasi Chilibeli. Pemilihan buah dengan tekstur dan warna berbeda akan membuat salad buah terasa lebih enak. Tidak hanya itu, warna buah yang berbeda menandakan kandungan vitamin yang berbeda pula. Asyik, kan?

Baca juga: Manfaat Minyak Zaitun (Olive Oil) untuk Kesehatan Tubuh

2. Sandwich Buah

resep kreasi snack buah

Senang ngemil cake atau martabak manis dengan topping cokelat keju saat coffee break? Saatnya kamu mulai ubah kebiasaan tersebut dengan mengganti camilan ke roti gandum dan buah potong sebagai topping.

Belilah buah yang tersedia lewat komunitas terdekat dari kantor atau tempat tinggal di aplikasi Chilibeli. Lokasi komunitas yang dekat dengan tempat beraktivitas membuat buah yang kamu beli akan tiba dalam kondisi terbaik. Cuci buah, kemudian potong tipis.

Cara menjual roti dengan topping buah juga sangat mudah. Kamu cukup siapkan satu slice roti gandum, oles dengan selai kacang, cheese spread, atau madu yang dicampur yoghurt. Kemudian, tata irisan buah seperti apel, kiwi, atau pir hingga menutupi permukaan roti. Voila! Roti gandum lezat dengan topping buah segar sudah bisa dinikmati.

3. Keripik Buah

ide usaha keripik buah

Ingin mempromosikan hidup sehat tanpa mengonsumsi gula tambahan? Saatnya kamu jajal resep olahan buah yang satu ini, yaitu keripik buah. Untuk membuat keripik buah, kamu membutuhkan alat dapur seperti oven atau mesin dehydrator. Alat ini berfungsi untuk mengurangi kadar air sehingga buah bisa kamu makan dalam kondisi crispy.

Untuk membuat keripik buah berkualitas, kamu bisa membeli buah lokal terbaik yang ada di Chillibeli. Kamu bisa membuat keripik dari buah apel, nangka, atau bahkan durian dan mangga saat sedang musim. Untuk hasil terbaik, panggang buah dalam panas paling rendah selama 2-3 jam.

Baca juga: Enggak Cuma Vitamin A, Ini Kandungan dan Manfaat Lain dari Wortel

4. Lumpia (Spring Roll)

resep camilan tradisional dari buah segar

Kamu yang senang menikmati jajanan tentu tidak asing dengan spring roll atau lumpia. Nyatanya, menikmati buah juga bisa disiasati dengan cara dibuat ala spring roll. Khusus resep yang satu ini, spring roll yang disajikan adalah yang bertekstur basah, tidak digoreng.

Cara membuat spring roll dengan isian buah tentu tidak sulit. Kamu cukup membeli kulit lumpia yang terbuat dari beras atau rice paper beserta buah-buahan yang kamu inginkan. Rendam rice paper ke dalam air hingga lunak, sisihkan.

Kemudian, potong buah yang berwarna terang namun tidak terlalu berair seperti kiwi, pir, stroberi, dan apel. Potong seperti bentuk korek api, lalu tata rapi di atas selembar kulit lumpia. Lipat kedua sisi, gulung, spring roll sehat pun bisa kamu nikmati. Kamu juga bisa membuat saus cocolan dari jus lemon yang diberi sedikit madu dan irisan daun mint.

5. Sushi Buah


Siapa bilang sushi hanya enak dimakan dengan ikan mentah. Dengan kreativitas yang kamu punya, sushi buah juga jadi alternatif sebagai camilan sehat. Khusus untuk sushi buah, masak nasi menggunakan susu cair yang diberi gula layaknya rice pudding. 

Langkah selanjutnya, potong buah seukuran jari seperti potongan ikan mentah dalam hidangan sushi. Bentuk nasi menggunakan telapak tangan, susun potongan buah di atasnya. Kemudian, nikmati sushi buah dengan saus cocolan madu yang dicampur perasan lemon.

Baca juga: Resep Kue Bawang yang Ikonik di Tiap Hari Raya

Nah, itu dia 5 resep makanan ringan yang menggunakan buah sebagai bahan utama dan bisa kamu jual. Agar memudahkan proses pembuatan camilan ini, kamu bisa membeli semua bahan yang dibutuhkan lewat aplikasi Chilibeli. Berbeda dengan layanan sejenis, lewat aplikasi ini kamu bisa membeli buah, sayur, dan bahan baku lainnya lewat komunitas yang lokasinya paling dekat dengan tempat tinggal. 

Tidak hanya itu saja! Bagi kamu yang ingin memperluas koneksi dan kenalan, kamu juga bisa bergabung sebagai Mitra Chillibeli untuk mengelola pembelanjaan orang di sekitarmu dan mendapat komisi menarik. Dengan begitu, kamu akan mendapatkan lebih banyak keuntungan termasuk membeli barang belanjaan dengan harga jauh lebih murah. Tertarik? Yuk, gabung jadi Mitra Chilibeli sekarang juga!