Resep Camilan Alpukat yang Enak dan Sehat

Resep Camilan Alpukat yang Enak dan Sehat

Sedang mencari resep camilan alpukat yang mudah dan menyehatkan? Dengan kandungan zat gizinya yang sangat beragam, buah alpukat memang wajib dimasukkan ke dalam menu harian kamu. Bayangkan saja, dalam buah alpukat terdapat lebih dari 20 vitamin dan mineral yang diperlukan tubuh.

Selain itu, 77 persen kalori dari buah alpukat berasal dari lemak sehat yang baik untuk kesehatan jantung. Makanya, kita diwajibkan untuk mengonsumsi buah alpukat secara rutin setidaknya satu buah per harinya. Jika ingin membeli buah alpukat yang berkualitas, kamu bisa membelinya lewat aplikasi online seperti Chilibeli. Belanjanya mudah dan bisa diantar langsung ke rumah, lho.

Sebenarnya buah alpukat juga sudah enak apabila dimakan langsung. Namun kalau kamu butuh menu olahan buah alpukat yang lebih bervariasi, kamu bisa mengolahnya menjadi hidangan lain yang lebih enak dan menggugah selera. Lantas, kreasi resep camilan alpukat apa saja yang patut dicoba?

Berikut rekomendasi resep camilan alpukat yang lezat dan menyehatkan.

Resep Camilan Alpukat yang Praktis

Buah alpukat tidak hanya mengandung vitamin dan mineral, tapi juga menjadi sumber protein dan lemak sehat. Khasiatnya pun beragam, mulai dari mengatasi berbagai jenis penyakit hingga untuk kecantikan. Karena alasan inilah banyak orang yang senang mengonsumsi buah alpukat.

Kalau bosan dengan olahan alpukat yang itu-itu saja, kamu bisa mencoba resep camilan alpukat berikut ini. Dijamin enak dan menyehatkan, deh. Yuk, coba!


1. Alpukat Krispi

olahan es alpukat

Siapa bilang buah alpukat hanya cocok diolah menjadi jus? Memiliki tekstur yang padat membuat buah alpukat cocok diolah menjadi gorengan. Eits, jangan salah dulu. Gorengan yang dimaksud adalah olahan alpukat yang dimasak dengan cara digoreng atau disebut alpukat krispi. Resep camilan alpukat ini sangat mudah dibuat.

Potong buah alpukat memanjang, lalu balut dengan tepung terigu. Selanjutnya, celupkan buah alpukat ke dalam kocokan telur dan lumuri kembali dengan tepung panir. Kemudian goreng alpukat hingga berwarna kuning keemasan. Gunakan api kecil untuk membuatnya matang menyeluruh.

Teksturnya yang renyah di bagian luar dan lembu di bagian dalam akan membuat kamu ketagihan. Sajian ini akan terasa lebih nikmat bila disantap dengan cocolan saus, seperti mayonnaise, thousand island, honey mustard, atau saus kacang.


2. Salad Alpukat

olahan alpukat untuk diet

Resep camilan alpukat satu ini tidak membutuhkan peralatan. Bahan yang digunakan pun tergolong simpel, yaitu buah alpukat, paprika, tomat, dan timun. Cara membuatnya, potong dadu buah alpukat dan cincang halus paprika, tomat, serta timun. Sisihkan semua bahan ini ke piring saji.

Lalu, tambahkan dressing berupa campuran madu, air lemon, garam, dan sedikit merica. Aduk hingga merata dengan sempurna. Sajikan dan nikmati salad alpukat selagi masih segar. Yummy!

Tidak hanya itu, ternyata salad juga bisa dikreasikan dengan mudah sesuai selera lho, yuk intip inspirasinya di sini!

3. Pancake Alpukat

olahan kue alpukat

Kamu pecinta makanan manis? Kalau iya, wajib banget membuat pancake alpukat. Dibandingkan membeli pancake di restoran atau kafe, membuat pancake sendiri tentu lebih enak dan menyehatkan. Nah, untuk membuat resep camilan alpukat ini, kamu membutuhkan beberapa bahan seperti tepung terigu, susu, buah alpukat yang sudah dihaluskan, telur, baking soda, minyak goreng, gula pasir, dan garam.

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah membuat adonan pancake dengan mencampur semua bahan yang sudah disiapkan. Lalu, aduk adonan secara perlahan dan biarkan selama 15 menit. Kemudian, tuang sedikit adonan ke dalam wajan anti lengket.

Masak pancake hingga warnanya berubah menjadi kecoklatan. Untuk membuat rasa pancake alpukat semakin nikmat, sajikan dengan es krim atau sirup maple. Jika masih memiliki sisa adonan pancake, sebaiknya simpan di dalam kulkas untuk dimasak lagi lain waktu.


4. Avocado Smoothie

resep jus alpukat

Jus alpukat mungkin sudah biasa, tapi bagaimana dengan avocado smoothie? Menggunakan beberapa jenis buah-buahan, avocado smoothie memiliki rasa yang nikmat dan menyegarkan. Untuk membuatnya, kamu harus menyiapkan bahan-bahan seperti buah alpukat, pisang, perasan jeruk manis, madu, dan es batu.

Caranya, blender semua bahan kecuali es batu. Lalu, tambahkan es batu sedikit demi sedikit dan blender kembali hingga semuanya tercampur rata. Avocado smoothie bisa menjadi salah satu pilihan sarapan yang sehat dan bergizi.

Alpukat dipercaya dapat menyembuhkan kanker? Baca selengkapnya di sini!


5. Avocado Egg

cara membuat camilan alpukat

Resep camilan alpukat ini sangat direkomendasikan untuk kamu yang suka makan telur tapi selalu menyisihkan bagian kuningnya. Yap, untuk membuat avocado egg, kamu hanya membutuhkan telur rebus bagian putihnya saja dan mengganti bagian kuningnya dengan cincangan alpukat. Bagaimana cara membuatnya?

Pertama-tama, rebus telur hingga matang. Lalu, ambil kuning telur dan sisihkan. Selanjutnya di wadah yang berbeda, hancurkan alpukat hingga teksturnya menjadi halus. Kemudian, tambahkan irisan daun kucai, perasan air jeruk nipis dan bumbui dengan garam, lada, dan sedikit bubuk bawang putih.

Tuang adonan alpukat ke atas putih telur. Untuk memperkaya citarasanya, taburi avocado egg dengan bubuk paprika dan keju parmesan. Semakin nikmat bila dinikmati selagi telur masih hangat.

Bagaimana, mudah bukan membuat resep camilan alpukat seperti di atas? Dengan mengonsumsi buah alpukat secara tepat, kamu jadi bisa memperoleh seluruh khasiat yang dimiliki buah berbiji tunggal tersebut. Yuk, mulai coba resep di atas untuk mendapatkan nilai gizi dari buah alpukat!