Resep dan Cara Membuat Ayam Geprek Rumahan

Resep dan Cara Membuat Ayam Geprek Rumahan

Ayam geprek adalah makanan ayam goreng tepung khas kota Yogyakarta yang diulek bersama sambal bajak. Kini ayam geprek telah menjadi hidangan favorit nan populer yang dapat ditemukan di hampir semua tempat. 

Mirip dengan ayam penyet, kudapan ini sama sama ayam goreng dan sama sama diberi sambal. Namun, bumbu ayam penyet bisa dibilang lebih kompleks dengan bumbu-bumbu rempahnya seperti kemiri, kunyit, ketumbar, bawang merah, bawang putih, lengkuas, daun salam, dan masih banyak lagi.

Ayam geprek juga bisa dibilang sebagai fusion antara makanan luar negeri dan asli Indonesia karena ayam goreng tepung atau fried chicken berasal dari Amerika Serikat yang ditambahkan dengan sambal khas Indonesia yang lezat.

Nah, karena gerai ayam geprek ini sedang menjamur, ini adalah saat yang baik untukmu untuk memulai bisnis ayam geprek jika memang tertarik untuk mulai berbisnis. Karena modalnya yang relatif kecil dan bahan-bahannya mudah didapat, kamu bisa mulai berbisnis setelah menguasai resepnya. 

Belanja aneka kebutuhan untuk keperluan masak atau dapur kini dengan mudah bisa kamu lakukan secara online. Tidak perlu lagi repot pergi ke pasar untuk beli berbagai bumbu masakan, salah satunya bumbu untuk buat ayam geprek sebagai kudapan di rumah atau berbisnis. Kamu bisa beli bahan masakan untuk ayam geprek online melalui aplikasi belanja online di smartphone-mu dengan proses yang mudah! Kamu bisa belanja berbagai bumbu masakan dimana pun dan kapan pun selama masih ada koneksi internet!

Yuk, simak resep ayam geprek rumahan mudah dan praktis untuk menu di rumah ataupun untuk jualan berikut ini!

Resep Ayam Geprek Mudah dan Praktis


Bahan Masakan untuk Ayam Geprek:

  1. 1 kg ayam yang sudah dipotong-potong
  2. 1 butir telur
  3. 500 gram tepung terigu untuk adonan kering
  4. 250 gram tepung terigu untuk adonan basah/pencelup
  5. 5 sdm maizena
  6. 6 siung bawang putih, cincang halus
  7. Jeruk nipis 
  8. 1 sdt baking powder
  9. 1/4 sdt lada bubuk
  10. 1/2 sdt penyedap jamur
  11. 1 sdt garam
  12. 1 sdm saus tiram
  13. 1/2 sdt gula (atau sesuai selera)
  14. Air es, secukupnya
  15. Bahan Masakan untuk Sambal Ayam Geprek:
  16. 20 butir cabe rawit
  17. 10 butir cabe merah
  18. 2 siung bawang putih
  19. Minyak sayur, secukupnya 
  20. Garam, gula, penyedap, secukupnya
Kumpulan Resep Dimsum Ayam yang Enak dan Praktis

Cara Masak Ayam Geprek

Berikut langkah memasak ayam geprek:

  1. Masukkan potongan ayam ke dalam mangkuk, lalu bumbui jeruk nipis dan garamBeri potongan ayam dengan jeruk nipis dan garam.
  2. Lumuri ayam dengan setengah bawang putih yang sudah dicincang halus, tambahkan lada bubuk secukupnya, saus tiram, garam, gula dan penyedap jamur. Lalu simpan semalam di kulkas supaya bumbu meresap dan ayam menjadi lebih empuk.
  3. Sediakan bahan pencelup; campurkan dan kocok tepung terigu, telur dan air es. Kocok sampai adonan kental. Beri sdikit garam lalu aduk sampai rata.
  4. Untuk bahan kering, siapkan tepung terigu, maizena, bawang putih cincang, lada bubuk, baking powder, garam dan penyedap jamur. Aduk sampai rata.
  5. Siapkan ayam yang sudah dibumbui dan disimpan dalam kulkas selama seharian, lalu celupkan ke dalam adonan kering sampai rata ke seluruh permukaan ayam tertutup bahan kering.
  6. Setelah rata semua, celupkan ke dalam adonan basah sampai rata, lalu celupkan lagi ke dalam adonan kering, kemudian goreng di minyak panas hingga ayam terendam.
  7. Goreng dengan api kecil selama 15 menit sampai berwarna kuning kecoklatan. Angkat dan sisihkan.
  8. Untuk membuat sambalnya, haluskan semua bahan sambal, namun jangan sampai terlalu halus.
  9. Panaskan minyak bekas menggoreng ayam sampai minyak benar-benar panas.
  10. Setelah minyak panas, siramkan ke atas sambalyang sudah di haluskan tadi sambil terus di aduk hingga rata.
  11. Sajikan ayam di piring lalu penyet atau tekan ayam memakai ulekan kayu sampai remuk, kemudian siramkan sambal diatasnya.
  12. Ayam goreng geprek crispy siap dihidangkan!
Resep Oseng Mercon yang Simpel dan Nagih

Sekarang kamu sudah mengetahui resep ayam geprek rumahan yang mudah dan praktis yang bisa buat jualan dataupun kudapan di rumah. Resep ayam geprek praktis ini bisa kamu aplikasikan di rumah untuk menu makanan mudah sehari-hari. 

Jika kamu ingin mulai bisnis makanan ayam geprek, sebaiknya kamu jual dan berikan ke pelanggan setelah benar-benar baru selesai dimasak. Hal ini bertujuan agar makanan tetap fresh dan masih hangat saat dimakan oleh konsumen. 

Memulai bisnis ayam geprek juga relatif mudah karena bahan-bahannya yang bisa dengan mudah kamu dapatkan. Bahkan, sekarang kamu tidak perlu keluar rumah untuk membeli bahan-bahan untuk membuat ayam geprek. 

Dengan Chilibeli, bahan resep ayam geprek bisa dikirimkan langsung ke tempat tujuan dengan aman. Selain itu, kamu pun bisa mendapat pemasukan tambahan dengan bergabung bersama Chilibeli dan menjadi reseller.

Yuk, download aplikasi belanja online Chilibeli untuk bergabung ke program Mitra Chilibeli memberikan berbagai keuntungan, seperti kamu bisa mendapatkan komisi penjualan dengan memudahkan tetangga berbelanja kebutuhan harian. Mudah dan menguntungkan sekali, bukan?