Resep dan Cara Membuat Pepes Ikan yang Enak

Resep dan Cara Membuat Pepes Ikan yang Enak

Di berbagai daerah, ada pepes yang bahkan mengalami dua kali proses memasak. Setelah dikukus, dipanggang lagi di atas bara arang. Jenis pepes ini akan menghasilkan masakan pepes yang lebih pekat dan kering bumbunya, sehingga gurihnya pun semakin terasa dan ada aroma bakaran yang khas dan menggugah selera.

Teknik masak dengan memepes pun menghasilkan ikan yang bertekstur lembut dengan bumbu-bumbu yang kaya akan rempa-rempah, menjadikannya sangat lezat dan disukai banyak orang dari anak-anak hingga orang dewasa.

Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat pepes pun sangat mudah ditemukan dan cukup sederhana. Kamu bahkan bisa membelinya melalui aplikasi belanja online.

Aplikasi belanja online Chilibeli dapat memudahkanmu untuk membeli kebutuhan memasak pepes ataupun kebutuhan makanan sehari-hari untuk masak di rumah tanpa harus pergi ke supermarket ataupun pasar. Dengan begitu, kamu bisa menghemat waktumu. Selain itu, kamu pun bisa mendapatkan berbagai macam keuntungan dengan bergabung menjadi Mitra Chilibeli, sehingga kamu bisa mendapatkan penghasilan tambahan.


Baca juga: Tips Berbelanja Kebutuhan Rumah Tangga Saat Periode PSBB


Jenis-jenis Pepes

resep pepes ayam

Pepes adalah teknik memasak khas Indonesia yang umum dan banyak dijumpai di hampir semua daerah di Indonesia. Seperti semua makanan khas Indonesia lainnya, pepes memiliki variasi dan nama sebutan yang berbeda-beda di setiap daerahnya masing-masing. Contohnya di daerah Sunda, pepes disebut sebagai pais. Di Jawa dan Palembang, pepes disebut dengan nama brengkes. Sedangkan di Bali, mereka menyebutnya sebagai tum, yang didapatkan dari Bahasa Belanda dari kata stoom yang berarti mengukus, dan masih banyak sebutan lainnya di masing-masing daerah.

Teknik memasak pepes ini adalah cara dimana sajiannya dibungkus di dalam daun pisang, lalu dikukus hingga matang. Dari berbagai macam pepes, kebanyakan adalah sajian pepes ikan. Di dalam pepes ikan, ada yang menyajikan ikannya secara utuh, dipotong-potong, hingga dincincang halus. 

Selain pepes ikan, ada juga pepes ayam dan daging sapi, namun tidak sebanyak variasi pepes ikan. Pepes ikan bisa dibuat dengan berbagai macam jenis ikan, bisa dijadikan sebagai pepes ikan asin, pepes teri, pepes ikan mas, dan masih banyak lagi.

Secara umum, bumbu yang dipakai untuk teknik memasak pepes bisa dibagi menjadi dua. Yang pertama adalah bumbu yang hanya dirajang, dan yang kedua adalah bumbu yang harus dihaluskan dengan cara diulek atau di-blender. 

Untuk memasaknya sendiri, kamu pun bisa menggunakan berbagai macam teknik. Kamu bisa memasak pepes buatanmu dengan menggunakan pressure cooker, dimasak dua kali (dikukus lalu dibakar), atau di presto. Teknik memasak ikan dengan cara pepes adalah alternatif untuk menyajikan masakan sehat, lezat dan tidak memakan banyak waktu.

Nah, untuk membuat pepes yang lezat, kamu bisa mencoba resep dan cara membuat pepes ikan yang enak berikut ini.


Baca juga: 7 Resep Sambal Khas Indonesia


Resep Pepes Ikan Mudah dan Praktis

Bahan yang dibutuhkan:

  1. 1 kg ikan pilihanmu, bersihkan, cuci bersih, kerat badannya
  2. 3 lembar daun salam
  3. 3 lembar daun jeruk
  4. 3 buah tomat merah, potong kecil
  5. 6 buah belimbing wuluh, belah dua
  6. 1 buah jeruk nipis, ambil airnya
  7. 9 buah cabai rawit merah (atau sesuai selera), biarkan utuh 
  8. Daun pisang untuk membungkus
  9. Garam
  10. Gula pasir


Bahan bumbu halus:

  1. 5 butir kemiri sangrai
  2. 1 ruas kunyit
  3. 1 ruas jahe
  4. 10 buah cabai merah keriting
  5. 3 cabai rawit merah (atau sesuai selera)
  6. 7 butir bawang merah
  7. 3 siung bawang putih
  8. 2 batang serai, ambil bagian putihnya


Baca juga: Bermacam Manfaat Kacang Tanah, Enggak Cuma untuk Diet, Lho!


Cara membuat pepes ikan

  1. Peras jeruk nipis di atas ikan dengan rata agar tidak berbau amis. 
  2. Aduk rata semua bumbu halus dengan garam dan gula, koreksi rasa. Tambahkan bumbu bila perlu.
  3. Lumuri ikan dengan bumbu dan biarkan 10 menit  atau lebih lama lagi agar meresap. 
  4. Panaskan kukusan.
  5. Ambil daun pisang yang sudah dilayukan di atas kompor, lapis dua lembar agar tidak mudah bocor atau robek.
  6. Letakkan daun salam dan daun jeruk. Letakkan ikan pilihanmu di atasnya, kemudian lumuri dengan bumbu secukupnya. 
  7. Taburi dengan cabai rawit, irisan tomat dan belimbing wuluh.
  8. Bungkus dan sematkan ujungnya dengan lidi. Kukus kurang lebih 25-30 menit. 
  9. Setelah dikukus, kamu boleh panggang di atas teflon hingga harum, atau bisa berhenti di sini dan langsung dihidangkan.
  10. Pepes ikan mujair siap dihidangkan selagi hangat.


Baca juga: Kandungan dan Manfaat Zukini


Bagaimana resep ikan pepes di atas? Mudah sekali untuk diikuti, bukan? Kamu kini bisa mencobanya di rumah untuk menu makan siang ataupun makan malam yang sederhana dan mudah dibuat, dan pastinya akan disukai keluarga karena rasanya yang lezat dan menggugah selera. Yuk, coba buat pepes ikan di rumah sekarang!