Resep Muesli yang Kreatif, Enak, dan Sehat!

Resep Muesli yang Kreatif, Enak, dan Sehat!

Muesli yang berasal dari Swiss sejak tahun 1800-an merupakan makanan yang biasanya disantap untuk sarapan. Mirip dengan oat, muesli terbuat dari rolled oat yang dicampur dengan kacang-kacangan, biji-bijian, buah kering, dan masih banyak variasi campuran lainnya.

Kamu pun dapat membuat muesli di rumah tanpa harus membelinya di toko-toko yang pastinya harganya akan jauh lebih mahal. Kini membeli bahan-bahan untuk membuat muesli sendiri di rumah lebih mudah karena adanya aplikasi belanja online. Aplikasi belanja online Chilibeli memudahkanmu untuk membeli bahan-bahan makanan tanpa harus keluar rumah. Selain itu, kamu pun bisa bergabung menjadi Mitra Chilibeli mendapatkan penghasilan tambahan dan mendapatkan keuntungan-keuntungan lainnya.

Nah, untuk kamu yang ingin membuat muesli sendiri di rumahm berikut resep dan cara membuat muesli yang mudah dan praktis.


Resep Muesli yang Mudah dan Praktis

olahan muesli granola

Bahan yang dibutuhkan (untuk 3 porsi):

  1. 300 g oats
  2. 150 g susu cair
  3. 60 g yoghurt
  4. 20 g flaxseed
  5. 20 g tepung almond
  6. 20 g almond, panggang
  7. 1 sdm aprikot kering
  8. 1 sdm kismis
  9. 1 sdm sultana
  10. 1 sdm prune kering
  11. 1 sdm kelapa parut kering
  12. ½ sdt kayu manis bubuk


Topping:

  1. Madu
  2. Raspberry
  3. Ceri
  4. Blueberry
  5. Pisang, iris tipis
  6. Mangga, potong kecil

 

Cara membuat muesli:

  1. Aduk rata oats dan susu cair. 
  2. Masukkan sisa semua bahan, aduk rata.
  3. Masukkan ke dalam gelas atau mangkuk saji. Sajikan disertai topping. 


Untuk menyimpan muesli lebih lama, kamu bisa campur semua bahan kering dan disimpan di dalam lemari es. Untuk menyajikannya, kamu hanya perlu menambahkan topping dan bahan-bahan basahnya sehingga lebih menghemat waktu di pagi hari.


Baca juga: Ini Deretan Buah Penurun Kolesterol dan Kandungannya


Berbagai Macam Cara Penyajian Muesli

resep oats granola muesli

Semua nutrisi yang terdapat di campuran muesli sangatlah baik bagi kesehatan. Nutrisinya meliputi serat, protein, dan antioksidan. Mengonsumsi muesli di pagi hari sangatlah baik karena sarapan adalah makanan paling penting untuk memulai harimu. Dengan mengonsumsi muesli, kamu sudah mendapatkan manfaat yang sangat baik bagi tubuhmu dari pagi hari.

Lebih baiknya lagi, kamu bisa membuat batch besar muesli yang dapat disimpan selama seminggu di dalam kulkas agar bisa menghemat waktu di pagi hari saat ingin menyajikannya. Makanan ini pun baik untuk kamu yang sedang dalam program diet untuk menurunkan berat badan karena muesli dapat membuatmu kenyang lebih lama.


1. Muesli Sebagai Sereal

Sereal adalah menu sarapan yang sudah tidak asing karena mudahnya untuk disantap di pagi hari. Kamu bisa menyajikan dan memakan muesli sebagai sereal. Kamu hanya perlu tambahkan susu cair ke dalam mangkuk untuk sarapan dengan muesli. Untuk yang alergi susu sapi, susu almond atau susu oat juga bisa jadi pilihan alternatif. Kamu juga bisa mengganti susu dengan yogurt tawar yang cair maupun krim.

Muesli juga dapat disajikan untuk lansia dan bayi yang belum memiliki gigi lengkap. Agar mudah dikunyah, kamu bisa mencoba merendam muesli dengan susu panas terlebih dahulu agar teksturnya menjadi lebih lembek seperti oatmeal. 


2. Muesli dengan Buah Segar

Seperti resep di atas, muesli sangat cocok disajikan dengan buah-buahan segar. Kamu bisa  memberikan topping buah-buahan segar kesukaanmu. Lebih lezat lagi, kamu bisa dibekukan terlebih dahulu di freezer buah-buahan topping tersebut agar lebih segar dan bertekstur.

Buah-buahan yang biasanya digunakan untuk topping muesli adalah berbagai jenis buah beri seperti stroberi, blueberry, rasberi, blackberry. Selain itu, kamu juga bisa mencoba dengan potongan pisang, kiwi, apel, pir, mangga, kelapa parut, leci, delima ataupun buah favoritmu. 

Penyajian muesli pun tanpa batas, kamu bisa membuatnya menjadi muesli asing dengan menambahkan santan dan sosis goreng jika kamu tidak suka makanan manis. 


3. Smoothies Muesli

Smoothies sudah dikenal sebagai cara makan buah yang mudah dan sehat di pagi hari. Kini kamu bisa membuatnya sendiri rumah dengan ditambahkan muesli agar kenyang lebih lama dan menambahkan banyak manfaat dan nutrisi.

Yang kamu harus siapkan pertama adalah buatlah smoothies dari buah atau campuran buah kesukaanmu. Jangan terlalu banyak menggunakan es agar smoothies tidak terlalu cair. Kemudian taburkan muesli sebagai topping smoothies-mu.


4. Muesli Energy Bar

Energy bar adalah makanan kaya nutrisi yang sangat cocok untuk kamu yang sehari-harinya sibuk dan sering kelupaan untuk menyantap sarapan. Padahal faktanya, sarapan adalah makanan terpenting untuk memulai harimu. Untuk itu, energy bar bisa menjadi solusinya.

Cara membuatnya sangat mudah. Kamu hanya membutuhkan selai kacang, madu, atau mentega yang sudah leleh. Aduk rata semua campuran tersebut dengan muesli. Setelah itu, cetak sesuai selera dan dinginkan di dalam lemari es. Muesli bar pun siap dinikmati dan bisa kamu santap dan bawa dengan mudah.


Baca juga: Kandungan dan Manfaat Apel; Cegah Diabetes dan Kanker!


Itu dia resep dan cara membuat muesli, sekaligus cara penyajiannya yang anti bosan. Sudah siap sehat dengan menyantap muesli setiap pagi? Beli bahan bakunya di aplikasi belanja online Chilibeli saja; bisa berjualan dengan bergabung menjadi Mitra Chilibeli untuk penghasilan ekstra tiap bulannya!