Resep Mie Goreng Sosis Andalan, Rasa a la Restoran!

Resep Mie Goreng Sosis Andalan, Rasa a la Restoran!

Ada kreasi resep mudah yang bisa menyelamatkan kamu saat lapar, yaitu mi goreng. Menu ini sangat disukai masyarakat karena mengenyangkan dan bisa dikreasikan dengan banyak tambahan. Salah satu olahan andalan yang bisa dicoba di rumah adalah mi goreng sosis.

Sosis adalah teman yang bagus untuk mi goreng. Kamu bisa memakai sosis apa pun, mulai dari sosis sapi atau ayam. Sekarang pun sudah banyak merek sosis yang punya cita rasa unik dengan harga yang variatif juga.

Kamu pun bisa mengolah sosisnya jadi berbagai rupa. Memotongnya kecil-kecil dan mencampurnya dalam mi sering jadi pilihan banyak orang. Namun, bukan berarti kamu tidak bisa membuat sosis goreng berbentuk bunga untuk membuat tampilan makanan lebih cantik.

Beberapa orang malah langsung memakai sosis goreng utuh sebagai lauk dari mi gorengnya. Ya, kamu bisa mengolahnya sesuai selera.


Baca juga: Udah Jadi Mitra Chilibeli? Simak Tips Promosi Jualan Lewat Media Sosial di Sini


Jenis Mi yang Cocok untuk Menu Mi Goreng Sosis

Mi jadi bahan utama yang juga harus dapat perhatian khusus. Rasa mi goreng sosis bisa saja dipengaruhi oleh bumbu masakannya. Namun, tekstur mi juga akan jadi penentu dalam mulut kamu.

Beda jenis mi, beda juga rasa yang akan kamu dapatkan. Mari simak jenis mi yang bisa kamu pakai untuk membuat mi goreng sosis!


1. Mi instan

Pilihan pertama pasti jadi idola banyak orang. Indonesia jadi tempat terbaik untuk makan mi instan. Kamu bisa menemukan berbagai macam mi instan dengan rasa yang lezat.

Menggunakan mi instan untuk membuat resep mi goreng sosis pastinya jadi pilihan antirepot. Selain dapat mi, kamu juga akan diberikan bumbu penyedap di dalam kemasannya. Kamu tinggal menambah bahan-bahan lainnya saja untuk membuat menu yang nikmat.

Namun, ada hal yang perlu kamu perhatikan. Mi instan punya bentuk yang kecil yang akan membuat masakan jadinya jadi tidak berisi. Kamu juga perlu tepat waktu memasaknya karena mi instan akan cepat melar saat terlalu lama direbus.


2. Mi telor

Berbeda dengan mi instan, kamu tidak akan mendapatkan bumbu dalam bungkus mi telur. Jenis mi yang satu ini juga mengedepankan rasa tepung yang sangat kuat. Dengan kata lain, kamu perlu bikin bumbu yang lebih berasa untuk menahan rasa mi telur.

Mi telur juga punya bentuk yang tipis layaknya mi instan pada umumnya. Banyak orang menutupi kekurangan mi ini dengan menambah sawi dan kol untuk membuatnya lebih berisi. Namun, semuanya akan terasa nikmat bila kamu membuatnya dengan bumbu yang pas.


3. Mi buatan sendiri

Untuk lebih mendapatkan kepuasan dalam masakan kamu, buat saja mi sendiri. Kamu bisa mencampur tepung terigu, tapioka, telur bebek, dan air hingga mendapatkan adonan mi yang kenyal. Kelebihan mi buatan sendiri adalah kamu bisa menentukan level ketebalan dan panjangnya.


Baca juga: 5 Olahan Telur Gulung yang Enggak Biasa, Berani Coba?


Resep Mi Goreng Sosis yang Enak

resep mie goreng jawa

Sekarang kamu bisa menyimak resep untuk membuat mi goreng sosis di bawah ini. Kamu bisa mengganti mi sesuai selera kamu. Namun, resep di bawah ini menggunakan mi telor.

Bahan yang dibutuhkan:

  1. 2 buah mi telur
  2. 3 buah sosis sapi
  3. 2 butir telur
  4. 1 siung bawang putih
  5. 1 siung bawang merah
  6. 2 buah cabai merah panjang
  7. 1 batang daun bawang
  8. 2 batang sawi
  9. 1/4 buah kol
  10. 1 buah tomat
  11. 1 sdm garam
  12. 1/2 sdm gula
  13. 1/4 sdt merica bubuk
  14. 1 sdm kecap manis
  15. 2 sdm minyak goreng
  16. 100 ml air


Cara membuatnya:

  1. Rebus mi telur sampai kurang lebih selama 2 menit atau 3/4 matang. Mi akan terasa kenyal saat dipegang. Angkat dan tiriskan
  2. Sambil menunggu, potong sosis. Satu sosis dipotong kecil untuk dicampur, dua sosis dipotong jadi dua dan disayat supaya mekar
  3. Sosis yang dipotong dua digoreng lebih dulu sampai matang. Lalu, tiriskan
  4. Potong juga cabai, daun bawang, sawi, kol, bawang, dan tomat kecil-kecil atau sesuai selera kamu
  5. Panaskan minyak, lalu tumis bawang merah, bawang putih, dan cabai hingga harum
  6. Masukkan telur dan sosis, lalu aduk-aduk hingga matang
  7. Masukkan mi yang sudah direbus tadi
  8. Tambahkan garam, gula, dan merica. Lalu, aduk-aduk hingga semua rata
  9. Tuangkan mi goreng sosis ke atas piring.
  10. Tambahkan hiasan tomat dan sosis goreng di atasnya.
  11. Mi goreng sosis siap disajikan.


Baca juga: Tips Memasak untuk Penderita Diabetes | Wajib Tahu!


Itu dia resep mudah dari mi goreng sosis. Bila mau coba sendiri di rumah, kamu bisa membeli bahan-bahannya dari aplikasi belanja online Chilibeli. Semua bahan yang dibutuhkan tersedia dan bisa langsung diantar ke rumah.

Selain berbelanja bahan makanan, kamu juga bisa jadi reseller dengan bergabung sebagai Mitra Chilibeli. Kamu bisa dapat uang saku tambahan dengan berjualan dan dapat wawasan luas tentang bisnis. Kamu bisa langsung bergabung sebagai Mitra Chilibeli di sini!