Resep Martabak Manis Rumahan | Hidangan Andalan di Waktu Istimewa

Resep Martabak Manis Rumahan | Hidangan Andalan di Waktu Istimewa

Siapa yang tidak suka dengan martabak manis? Jajanan martabak manis atau yang kerap juga disebut dengan terang bulan adalah salah satu favorit masyarakat Indonesia dari anak-anak sampai orang dewasa. Tidak cuma "saudaranya", martabak telur yang jadi kesukaan, martabak manis banyak difavoritkan karena mudahnya camilan ini ditemui. Kamu bisa membeli martabak di pinggir jalan dan di hampir seluruh kota di Indonesia. 

Uniknya, martabak manis ini memiliki julukan yang berbeda di tiap daerah di Indonesia. Di Jakarta dan Bandung disebut dengan martabak manis dan asin,nama yang sudah tidak asing lagi di telinga kita. Sedangkan di Semarang disebut dengan kue Bandung, di Pontianak disebut dengan apam pinang. Laun lagi dengan di Medan, mereka menyebutnya dengan julukan martabak Bangka.

Martabak manis biasanya dibuat dengan menggunakan tepung yang diolesi mentega, kemudian umumnya ditaburti kacang, meses, keju dan wijen. Namun seiring perkembangan zaman, martabak manis kini memiliki aneka rasa mulai dari greem tea, aneka buah hingga dari cokelat merek terkenal seperti nutella dan ovomaltine.


Resep Martabak Manis Rumahan 

Kini membuat martabak bisa lebih mudah kamu lakukan dengan adanya aplikasi belanja online yang bisa membantumu membeli kebutuhan memasak martabak manis. Dengan adanya aplikasi belanja online seperti Chilibeli, kamu cukup membelinya dari smartphone dan semua yang kamu pesan akan langsung diantar ke rumah. 

Chilibeli menyediakan semua kebutuhan makanan dan minuman untuk kebutuhan sehari-hari. Selain itu, kamu juga bisa bergabung ke komunitas Chilibeli. Bergabung sebagai Mitra Chilibeli membuat kamu bisa mendapatkan penghasilan tambahan. Selain itu, kamu juga bisa mendapatkan keutungan lain seperti program internal yang menarik dan penuh keuntungan yang bisa didapat.

Nah, sudah siap bikin martabak sendiri di rumah? Tak ada loyang martabak, panci teflon pun jadi! Dan dengan resep yang tepat, martabak bikinanmu pun tidak akan kalah dengan yanh kamu biasa beli di luar. Berikut resep martabak manis rumahan yang bisa kamu coba.

Resep Soto Ayam yang Bikin Lidah Bergoyang

Bahan untuk Membuat Martabak Manis Original

  1. 125 gram tepung terigu
  2. 180 ml air 
  3. 4 sendok makan margarin
  4. 1/4 sendok teh ragi instan (fermipan)
  5. 1/2 sendok teh baking powder
  6. susu kental manis secukupnya
  7. 3 sendok makan gula pasir
  8. 2 sendok makan susu bubuk (opsional)
  9. 1 butir telur ayam


Cara Membuat Martabak Manis

  1. Campurkan tepung terigu kering, 2 sendok makan gula pasir, susu bubuk (opsional), ragi, baking powder, dan air. Aduk adonan sampai tercampur sempurna dan rata, hingga tidak ada yang menggumpal.
  2. Jika menggunakan baking powder double acting (BPDA), diamkan adonan selama 30 menit. Jika menggunakan baking powder single-acting, cukup diamkan 5-10 menit saja. Tunggu sampai adonan mengembang.
  3. Selagi adonan didiamkan, masukkan 3 sendok makan margarin di panci atau teflon. Cairkan di atas api, lalu diamkan sampai sedikit mendingin.
  4. Kocok lepas telur ayam hingga halus.
  5. Tambahkan margarin cair ke dalam adonan yang sudah didiamkan tadi. Masukkan bersama telur yang sudah dikocok lepas.
  6. Panaskan teflon dengan api kecil, kemudian tuangkan adonan hingga memenuhi setengah bagian teflon. Goyang-goyangkan loyang teflon agar adonan menempel pada permukaan loyang dan membentuk pinggiran, seperti bentuk teflon untuk dasarnya.
  7. Tunggu sampai pinggiran martabak sedikit kering dan bagian tengahnya mengeluarkan gelembung-gelembung. Setelah itu taburkan sisa 1 sendok makan gula pasir di atasnya.
  8. Tutup teflon dengan penutupnya dan diamkan selama kurang lebih 5 menit. Setelah itu angkat martabak dari kompor.
  9. Selagi masih panas, olesi martabak dengan 1 sendok makan margarin. Tuangi susu kental manis dan tambahkan topping seperti meises dan keju. 
  10. Lipat jadi dua kemudian potong-potong.
  11. Martabak buatanmu siap disajikan. Makan selagi hangat untuk rasa yang lezat maksimal.
Resep Bubur Kacang Hijau yang Kreatif, ANtibosan!

Tips Membuat Martabak yang Lezat

  1. Untuk rasa yang lebih lezat, kamu bisa mengganti air di adonan dengan susu atau buttermilk.
  2. Sesuaikan volume adonan yang dituang dengan besarnya teflon, supaya adonan bisa mengembang dengan sempurna dan tidak terlalu kering.
  3. Jangan lupa tutup teflon saat adonan masih setengah matang dan muncul gelembung-gelembung di permukaan adonan, jangan ditutup dari awal. Kalau dari awal sudah ditutup, biasanya adonan bisa jadi tidak termasak sempurna atau menjadi bantat.

Untuk martabak yang lebih lezat, kamu bisa membuatnya dengan topping kesukaanmu. Berikut pilihan topping yang bisa kamu coba untuk resep martabak manis rumahan.


Ide Topping Martabak Manis 

Kamu bisa menambahkan topping sebagai pelengkap martabak manis kreasi rumahan yang kamu buat. Tidak cuma melengkapi, pilihan topping ini bisa memperkaya rasa martabak manis yang kamu buat, mulai dari gurih, creamy, dan lain sebagainya.

  1. Meises
  2. Parutan cokelat, cokelat putih atau cokelat warna-warni
  3. Parutan Keju
  4. Kacang-kacangan
  5. Nutella
  6. Ovomaltine
  7. Oreo yang diremukkan
  8. Irisan buah pisang
  9. Marshmallow
  10. Es krim
  11. Selai
  12. KitKat
  13. Sereal 
  14. Jagung manis
  15. Buah segar atau buah kaleng
Rekomendasi Buah untuk Diet Efektif

Itu dia resep martabak manis rumahan yang bisa kamu coba di rumah untuk kudapan pada saat ngidam martabak. Selain lebih sehat dan pastinya kebersihannya terjamin, martabak manis buatan sendiri pastinya lebih lezat ditambahkan dengan topping yang kamu sukai. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!