Resep Kue Nastar dan Cara Membuatnya, Gampang!

Resep Kue Nastar dan Cara Membuatnya, Gampang!

Pastinya kamu sudah tidak asing lagi dengan kue nastar yang selalu hadir sebagai sajian Lebaran ini. Kue kering dengan isian selai nanas ini menjadi kesukaan banyak orang dan salah satu yang paling dicari. 

Faktanya, kue nastar sudah dikenal sejak zaman kolonial, lho. Kue nastar merupakan salah satu resep kue khas Belanda yang kini menjadi lekat dengan masyarakat Indonesia. Bahkan, nama nastar sendiri berasal dari bahasa Belanda, yaitu ananas dan tart yang digabungkan, menjadikannya bernama kue nastar.

Awalnya resep kue nastar terinspirasi dari kue pie khas Eropa yang biasanya dibuat dalam satu loyang besar berisi selai buah-buahan, namun kue ini dibuat dalam bentuk kecil agar lebih praktis untuk dihadikan sebagai camilan oleh orang Belanda, menjadikannya nastar.

Kue ini pun disajikan sebagai kue untuk perayaan hari-hari besar, yang kemudian menyebar di kalangan orang Indonesia, menjadikannya kue yang sudah merakyat dan dijadikan sebagai sajian Hari Raya Idul Fitri di Indonesia.

Membuat kue nastar ini pun cukup mudah. Terbuat dari campuran adonan terigu, mentega, gula, dan telur, kue nastar biasanya berbentuk bulat. Meski pada umumnya kue nastar berisi selai nanas dan berbentuk bulat, namun bukan berarti kamu tidak bisa mengkreasikannya menjadi lebih modern. Kue nastar pun bisa ditambahkan bermacam-macam topping diatasnya sesuai selera. Isian dan toppingnya pun beriringan dengan berkembangnya zaman semakin bervariasi.

Tips Mengatur Pengeluaran Jelang Lebaran

Resep Kue Nastar

bahan kue nastar

Membuat kue nastar kini lebih mudah karena bahan-bahannya yang mudah dicari dan bisa didapatkan dari aplikasi belanja online. Aplikasi belanja online Chilibeli menyediakan berbagai macam kebutuhan untuk membuat kue nastar dan kebutuhan bahan makananmu sehari-hari. Selain itu, kamu juga bisa bergabung menjadi Mitra Chilibeli untuk mendapatkan pendapatan tambahan dan berbagai keuntungan lainnya, seperti program hadiah Mitra, dan masih banyak lagi. 

Nah, untuk membuatnya, berikut resep kue nastar, mudah dan praktis untuk dibuat di rumah.

Bahan yang dibutuhkan:

  1. 50 gram margarin
  2. 200 gram mentega
  3. 3 butir kuning telur mentah
  4. 2 butir kuning telur yang sudah direbus
  5. 250 gram tepung terigu
  6. 90 gram gula halus
  7. 100 gram tepung maizena
  8. 100 gram susu bubuk
  9. 1 sendok teh vanilla bubuk
  10. Selai nanas (untuk isi nastar)

Bahan yang dibutuhkan untuk olesan:

  1. 1 sendok teh madu
  2. 2 butir kuning telur
  3. 1 sendok teh susu kental manis
  4. 1 sendok teh minyak goreng

Cara membuat kue nastar:

  1. Kocoklah mentega, margarin, gula halus dan vanili bubuk dalam satu wadah. Jika sudah tercampur rata, aduklah sebentar dan jangan sampai tekstur menjadi lembek.
  2. Tambahkan kuning telur, kemudian aduk kembali sampai tercampur secara merata.
  3. Tambahkan tepung terigu, tepung maizena dan susu bubuk secara bertahap dan sedikit demi sedikit. Hal ini harus dilakukan pelan-pelan agar pori-pori adonan bisa pas dan sesuai. Aduklah adonan tersebut sampai merata semua.
  4. Bungkuslah adonan dengan rapat menggunakan plastic wrap dan masukan ke dalam kulkas selama kurang lebih 1 jam.
  5. Jika sudah 1 jam, maka ambillah adonan dan giling sampai mempunyai ketebalan yang diinginkan.
  6. Letakkan selai nanas diatas adonan yang sudah digiling kemudian bentuk adonan tersebut menjadi bulat-bulat kecil.
  7. Siapkan loyang yang sudah diolesi dengan margarin dan ditaburi dengan tepung agar tidak lengket.
  8. Letakkan adonan yang sudah diisi selai ke atas loyang yang sudah diolesi.
  9. Saat meletakkan adonan diatas loyang, berilah jarak antara adonan kue satu dengan adonan kue yang lainnya agar tidak menempel.
  10. Masukan loyang kedalam oven dan panggang selama 20 menit dengan suhu 150 derajat celcius.
  11. Setelah 20 menit, keluarkan kue dari dalam oven, kemudian olesi kue tersebut menggunakan bahan olesan yang telah dicampur tadi sesuai dengan resep.
  12. Jika sudah diolesi, panggang kembali kue tersebut selama 15 menit.
  13. Keluarkan dari oven dan biarkan sampai menjadi suhu ruangan.
  14. Kue nastar siap dihidangkan dan disimpan di dalam toples untuk disimpan.
Resep dan Cara Membuat Bolu Kukus

Bagaimana? Mudah dan praktis sekali, kan resep nastar di atas, sangat cocok dan mudah untuk dipraktekkan di rumah sendiri. Kamu pun sekarang bisa membuat kue nastar yang lembut dan lezat, tidak kalah dengan yang dibeli dari toko-toko kue. Kue ini bisa dan sangat cocok disajikan saat bersantai bersama keluarga. Rasanya yang enak, membuat semua orang yang menikmatinya akan ketagihan.

Jangan lupa untuk menggunakan aplikasi belanja online Chilibeli untuk memenuhi kebutuhan bahan-bahan untuk membuat kue nastar agar lebih mudah. Semua yang kamu beli bisa diantar langsung ke rumah agar mengehmat waktu. Yuk, coba resepnya!