Resep Kue Klepon Tradisional, Kue Bulat Manis Penuh Filosofi

Resep Kue Klepon Tradisional, Kue Bulat Manis Penuh Filosofi

Terkenal dengan teksturnya yang lembut dengan sedikit tekstur dari kelapa, dipadukan dengan sensasi lumeran gula aren ketika digigit, perpaduan antara rasa gurih dan manis menjadikan klepon salah satu jajanan tradisional Indonesia yang disukai banyak orang, tak kalah dari jajanan pasar lainnya seperti dadar gulung, lumpia dan tahu.


Resep Kue Klepon Tradisional

resep klepon ketan

Jika sedang bersantai di rumah dengan keluarga maupun teman, klepon bisa menjadi opsi camilan andalan yang nikmat disantap sebagai teman minum teh. Dengan bahan dan cara masak yang mudah, berikut resep klepon anti gagal yang bisa kamu coba di rumah!


Cara Membuat Kue Klepon

Bahan-bahan:

  1. 200 gr tepung ketan putih
  2. 190-200 ml air hangat  
  3. Secukupnya pasta pandan instan
  4. Secukupnya gula Jawa serut halus


Bahan kelapa parut:

  1. 50 gr kelapa parut kering
  2. 10 ml santan 
  3. Garam secukupnya
  4. 40 ml air panas


Baca juga: Resep Kue Kering untuk Jadi Bisnis Rumahan


Cara membuat:

  1. Buat adonan taburan klepon terlebih dahulu dengan mencampurkan semua bahan kelapa parut dan kukus selama 10 menit atau masukkan ke dalam microwave selama 50 detik
  2. Campurkan tepung ketan dan air hangat yang sudah dicampur pasta pandan secara perlahan, sambil uleni ringan dengan tangan. Hentikan menuang air jika adonan sudah terasa lembut
  3. Ambil sedikit adonan, bulatkan lalu lubangi dan taruh gula merah sambil di gulung kembali menjadi adonan bulat
  4. Rebus dalam air mendidih hingga adonan mengapung. Jika sudah mengapung, biarkan sekitar 3 menit agar bagian dalam benar-benar matang
  5. Angkat dan langsung masukkan ke dalam adonan kelapa parut yang sudah dikukus tadi
  6. Klepon sudah siap disajikan


Baca juga: Beragam Manfaat Kurma buat Kesehatan


Fakta Unik Klepon

Menjadi camilan favorit di banyak daerah di Indonesia, tahukah kamu bahwa nama klepon itu hanya digunakan di daerah Jawa lho, untuk beberapa daerah seperti Sumatera dan Sulawesi biasa disebut onde-onde.

Disamping mempunyai nama yang berbeda, klepon ternyata memiliki filosofi tersendiri mengenai kehidupan, dengan bentuknya yang bulat mencerminkan kehidupan yang tidak diketahui ujungnya, tekstur yang tidak rata juga melambangkan kehidupan yang tak selalu bahagia. 

Sementara rasa manis yang berasal dari gula Jawa mempunyai arti bahwa dalam kehidupan yang tak selalu mulus ini, penting bagi seseorang untuk tetap memiliki kebaikan hati, walaupun tak dapat terlihat namun tetap bisa dirasakan seperti rasa manis yang baru terasa setelah klepon dimakan.


Baca juga: Resep dan Cara Membuat Kopi Dalgona


Itulah resep klepon yang bisa kamu coba buat, mudah kan? Untuk bahan-bahannya tidak perlu khawatir dengan kondisi yang sulit bepergian ke luar, kamu bisa belanja di aplikasi belanja online Chilibeli, belanjaannya akan langsung diantar ke rumah.

Selain itu, kamu pun bisa mendaftar jadi Mitra Chilibeli dan mendapatkan banyak keuntungan. Kamu bisa memudahkan orang di sekitarmu berbelanja, dengan penghasilan ekstra berupa uang tambahan untuk belanja harian. Kalau tertarik, yuk bergabung jadi Mitra Chilibeli sekarang!