Resep Dendeng Balado Asli Padang

Resep Dendeng Balado Asli Padang

Dendeng balado adalah makanan khas Sumatera Barat. Seperti dendeng lainnya, dendeng balado ialah danging sapi tanpa lemak yang diiris tipis, lebar, dan kering. Kemudian daging tersebut disiram dengan sambal cabai merah. Dalam proses pembuatannya, daging direbus lalu dijemur dan digoreng hingga garing.

Harus diakui, bahwa masakan Padang memiliki daya tarik tersendiri bagi orang Indonesia. Penyukanya banyak sekali, bisa dilihat dari restoran padang yang ada dimana-mana dan mudah sekali dijumpai. 

Masakan Padang ini memang mirip dengan dendeng khas Sunda yang biasa disebut gepuk. Sama-sama terbuat dari potongan daging tipis, tapi rasanya berbeda. Gepuk berbumbu gula merah, asam, ketumbar, merica, jahe, bawang merah dan putih, lalu di goreng saat akan disajikan. Rasanya manis asam beraroma ketumbar dan sedikit pedas dari merica. Sedangkan dendeng balado disajikan dengan sambal yang pedas.

Sambal balado yang dibuat dengan perpaduan cabai merah, bawang merah, garam yang ditumis harum dengan jejak minyak kemerahan yang lezat. Dendeng yang satu ini pastinya sering kamu jumpai di banyak rumah makan Padang dan sebagai salah satu favorit orang-orang setiap berkunjung ke rumah makan Padang. Makanan ini nagih sekali, selain cita rasanya yang pedas, dendeng balado juga sangat cocok dipadupadankan dengan nasi panas.

Perbedaan proses itu membuat dendeng balado juga berbeda-beda, tergantung dalam berbagai tingkat kerenyahan. Ada yang renyah sekali, tetapi ada juga yang alot dan keras, tergantung selera karena keduanya sama-sama lezat.


Baca juga: Resep dan Cara Membuat Es Durian, Dessert Enak Buat Peluang Usaha!


Resep Dendeng Balado Asli Padang

Kini untuk menikmati dendeng balado versi kamu sendiri, bisa membuatnya langsung di rumah dengan resep dendeng balado asli Padang yang kami sajikan di sini. Kamu juga tidak perlu repot untuk membeli bahan-bahannya karena mereka mudah dijumpai dan kamu pun bisa membelinya melalui aplikasi belanja online Chilibeli, lho.

Aplikasi belanja online Chilibeli memudahkanmu untuk membeli bahan-bahan untuk masak dendeng balado tanpa harus pergi ke pasar ataupun supermarket. Selain itu, untuk kamu yang sedang mencari penghasilan tambahan, kamu pun bisa menjadi reseller dan bergabung menjadi Mitra Chilibeli. Dengan begitu, kamu bisa mendapatkan berbagai keuntungan lainnya juga.

Nah, untuk membuat dendeng yang mirip degan yang dijual di restoran Padang, kamu bisa mencoba resep dendeng balado asli Padang berikut.


Bahan-bahan Membuat Dendeng Balado

Bahan utama:

  1. 1/4 kg daging sapi
  2. 4 sdm cabai, giling kasar
  3. minyak goreng seperlunya


Bahan untuk bumbu ungkepan:

  1. 2 sdm bawang putih, haluskan
  2. 1 sdt garam 
  3. 1/4 sdt ketumbar halus (bubuk)
  4. 2 lembar daun jeruk
  5. 1 batang serai
  6. air secukupnya


Bahan sambal lado:

  1. 4 siung bawang merah, iris tipis
  2. 2 sdm bawang merah, haluskan
  3. 1 sdm bawang putih, haluskan
  4. 1 buah tomat, potong kecil-kecil
  5. secukupnya garam


Cara membuat dendeng balado asli Padang:

  1. Cuci sampai bersih daging, lalu iris tipis-tipis seukuran dendeng, kemudian lumuri daging dengan bawang putih, garam dan ketumbar.
  2. Ungkep daging yang sudah dilumuri bumbu dengan menambahkan sedikit air, daun serai, serta daun jeruk agar harum. Setelah daging empuk, sisakan sedikit air rebusan daging untuk dimasukkan ke sambal lado.
  3. Tiriskan daging yang sudah diungkep, lalu pipihkan dengan kayu, setelah itu dinginkan sebelum digoreng.
  4. Masukkan minyak goreng ke atas penggorengan secukupnya, tunggu sampai minyak panas, lalu masukkan daging.
  5. Goreng daging hingga matang dan berwarna kecoklatan, setelah itu tiriskan. 
  6. Gunakan minyak untuk menggoreng daging tadi, masukkan irisan bawang merah, bawang merah halus, dan bawang putih halus dan tomat yang sudah di iris kecil-kecil. Aduk sampai harum.
  7. Masukkan cabai giling kasar dan sisa air ungkep daging tadi.
  8. Setelah jadi sambal lado, masukkan daging yang telah digoreng sebelumnya ke dalam sambal lado lalu kecilkan api dan biarkan sampai sambal lado meresap atau menyatu dengan daging. 
  9. Dendeng balado siap untuk dihidangkan selagi panas.
  10. Jika dendeng balado mau disimpan, kamu bisa menyimpannya di tempat yang tertutup rapat dan disimpan di dalam lemari es selama 3 hari untuk rasa terbaik.


Baca juga: Resep Mie Goreng Sosis Andalan, Rasa a la Restoran


Mudah sekali bukan cara membuat dan resep dendeng balado asli Padang? Tidak ada alasan lagi untu kamu tidak mencoba membuatnya sendiri di rumah.

Resep dendeng balado asli Padang di atas bisa dicoba di rumah dan tahan lama, jadi cocok untuk sajian saat sedang bepergian jauh dan sangat cocok untuk bekal karena teksturnya yang kering, sehingga tidak mudah tumpah seperti makanan yang berkuah.

Jangan lupa untuk membeli kebutuhan memasak untuk membuat dendeng balado asli Padang dengan menggunakan aplikasi belanja online Chilibeli untuk kemudahan berbelanja kamu. Selain mudah, rezeki juga bisa bertambah dengan bergabung menjadi Mitra Chilibeli, lho!