Cara Membuat Martabak Telur yang Enak dan Praktis

Cara Membuat Martabak Telur yang Enak dan Praktis

Siapa sih yang tidak suka martabak? Kudapan nikmat khas Indonesia ini konon katanya aslinya bernama Hik Lo Pan yang ebrasal dari Bangka Belitung yang diciptakan oleh orang-orang Hakka (Khek) Bangka. Maka dari itu, kamu pasti sering melihat di gerobak-gerobak martabak bertuliskan ‘Martabak Khas Bangka’.

Rasanya yang nikmat dan harganya yang cukup terjangkau menjadi favorit orang Indonesia dari segala kalangan dari anak-anak hingga orang dewasa. Di Indonesia, terdapat dua jenis martabak yaitu martabak manis dan martabak asin atau yang biasa disebut martabak telur.


Sekilas Tentang Martabak

Martabak manis lsendiri ebih dikenal dengan sebutan terang bulan. Meskipun memiliki nama depan yang sama yakni martabak, ternyata kedua martabak ini jauh berbeda baik mulai dari pembuatan, komposisi, dan pasti rasanya. Martabak manis atau terang bulan bisa dikategorikan sebagai kue atau roti isi selai atau keju atau meses, atau varian lainnya. Beda dengan martabak telur yang merupakan makanan yang digoreng menggunakan minyak.

Bagi penggemar martabak telur, tentu rasanya yang gurih dan lezat sudah tidak asing. Rasa yang asin dengan perpaduan sayuran dan daging tentu membuatnya bisa dijadikan sebagai lauk atau bisa dimakan sebagai camilan untuk memgganjal perut yang cukup membuat kenyang.

Penjual martabak pun sudah ada dimana-mana, mulai dari pedangang kaki lima hingga yang memiliki restaurant atau tempat jual martabaknya sendiri. Selain itu, cara pembuatan dan isi martabak tentu menyesuaikan dengan daerahnya, seperti kebanyakan makanan khas Indonesia lainnya. Namun meski berbeda, biasanya cara dan isinya hampir sama, hanya ditambahkan topping atau pemanis lainnya.

Kamu pun sekarang  bisa menikmati kenikmatan martabak telur setiap saat dengan mencoba membuatnya sendiri di rumah. Selain itu, kamu pun sekarang dimudahkan dengan adanya aplikasi belanja online yang membantumu berbelanja kebutuhan memasak martabak di rumah tanpa harus pergi ke pasar ataupun supermarket.

Dengan aplikasi belanja online Chilibeli, kamu bisa berbelanja dengan mudah dan praktis. Selain itu, belanjaan kamu juga akan diantarkan langsung ke rumah, lho! Kamu juga bisa mendapatkan keuntungan tambahan dengan bergabung ke dalam komunitas Chilibeli. Caranya gampang, cukup registrasi di website Chilibeli, maka kamu sudah resmi menjadi reseller. Dengan begitu, kamu bisa mendapatkan komisi dan potongan harga. Menguntungkan sekali, kan?

7 Resep Sambal Khas Indonesia

Resep Martabak Telur yang Enak dan Praktis

Setelah sudah mendapatkan bahan-bahan martabak telur, sudah saatnya kamu coba masak sendiri di rumah. Berikut cara dan resep membuat martabak telur yang enak dan praktis untuk kudapan di rumah.

Bahan dan dan bumbu yang dibutuhkan:

  1. Tepung terigu 200 gram (untuk bahan kulit martabak)
  2. Garam dapur secukupnya
  3. Air 140 ml
  4. Telur ayam 3 butir 
  5. Minyak secukupnya untuk menggoreng dan campuran bahan adonan kulit
  6. Daging sapi cincang kecil atau daging giling 200-250 gram
  7. Daun bawang segar 3-5 batang ukuran sedang besar, cuci dan iris halus
  8. Bawang putih ukuran sedang 4 siung, cincang sampai halus
  9. Bawang bombay ukuran sedang 1 buah, iris halus
  10. Bawang merahl ukuran sedang 8 buah, iris halus 
  11. Lada bubuk secukupnya
  12. Bumbu penyedap (opsional)


Cara Membuat Kulit Martabak

  1. Ambil satu wadah ukuran besar. Masukkan tepung terigu yang sudah disiapkan dan tambahkan garam secukupnya. Aduk aduk sampai kedua bahan tercampur rata.
  2. Pecahkan satu butir telur dan masukkan ke adonan tepung. Aduk aduk sampai tercampur rata.
  3. Masukkan air sedikit demi sedikit sambil diaduk aduk menggunakan tangan sampai adonan menjadi kalis. Tambahkan air bila diperlukan.
  4. Bagi adonan menjadi 2 bagian lalu bentuk menjadi bulatan tipis. Olesi bagian luar adonan dengan minyak lalu diamkan sebentar, kurang lebih selama 10 menit.
  5. Lapis bagian luar adonan kulit martabak dengan minyak lagi lalu taruh adonan di tempat dan tutup dengan kain selama kurang lebih satu jam.
Resep dan Cara Membuat Ayam Hainan di Rumah

Cara Membuat Isi Martabak

  1. Siapkan penggorengan dan beri minyak sedikit.
  2. Masukkan bawang merah, bawang putih dan bawang bombay yang sudah halus. Tumis sebentar sampai tercium wangi harum.
  3. Masukkan daging cincang atau daging giling. Aduk semua bahan supaya tercampur rata sampai daging setengah matang.
  4. Masukkan daun bawang dan lada bubuk. Aduk dan tumis sampai daging matang seutuhnya.


Cara Membuat Martabak Telur

  1. Ambil adonan kulit dan pipihkan dengan cara menekan dengan telapak tangan sampai adonan melebar.
  2. Pegang kedua ujung adonan kulit lalu putar dari kiri kekanan sampai adonan melebar lagi. Lakukan berulang kali sampai didapat lebar yang diinginkan dan adonan kulit martabak menjadi tipis dan berbentuk bulat.
  3. Ambil bahan isian martabak secukupnya atau kira kira setengah bagian dan asukkan ke dalam kocokan telur. Tambahkan garam, bumbu penyedap rasa (opsional), lalu aduk sampai rata.
  4. Tuang isian martabak ke atas kulit martabak.
  5. Ambil bagian ujung kulit dan lipat ke tengahnya sampai tertutup rata. Goreng martabak dan bolak balik sampai matang dan berwarna kecoklatan.
  6. Martabak telur siap disajikan. Sajikan selagi hangat untuk rasa yang lezat!
7 Menu Sarapan Sehat dari Sayur dan Buah

Mudah sekali kan,esep dan cara membuat martabak telur di rumah? Sekarang kamu bisa menikmati kenikmatan martabak telur setiap saat dengan mudah. Yuk, coba resepnya!