Resep dan Cara Membuat Es Durian, Dessert Enak Buat Peluang Usaha!

Resep dan Cara Membuat Es Durian, Dessert Enak Buat Peluang Usaha!

Buah durian jadi salah satu buah favorit masyarakat Indonesia. Aroma dan rasanya yang khas memang membuat buah berkulit tebal dan berduri tajam ini layak jadi primadona. Bahkan, rasanya yang manis nan legit menjadikannya sebagai buah yang cocok dikreasikan menjadi hidangan penutup.

Ya, ada banyak sekali olahan durian yang dikreasikan banyak orang. Di Indonesia sendiri, olahan durian mungkin tidak terhitung jumlahnya. Ada yang dibuat sebagai dessert dan ada pula yang dibuat sebagai lauk, seperti tempoyak.

Namun, dari sekian banyak olahan durian yang ada, es durian jadi salah satu olahan yang memiliki banyak penggemar. Es durian sendiri lebih banyak ditemui di penjaja kaki lima dengan harga yang bersahabat. Meski dibanderol dengan harga yang ramah di kantong, sayangnya kebanyakan es durian yang dijual di pasaran memiliki cita rasa dan aroma durian yang kurang menonjol.

Nah, kalau kamu tidak mau kecewa dengan cita rasa es durian favoritmu, kamu bisa membuatnya sendiri di rumah dengan durian terbaik dari Chilibeli. Tenang, meskipun kamu belum pernah membuatnya, resep yang kami berikan ini bisa diikuti oleh siapa saja, termasuk pemula sekali pun. Apalagi, bahan-bahan yang dibutuhkan mudah didapat sehingga memudahkanmu dalam membuatnya.

Jika sudah tak sabar ingin membuat es durian yang enak, berikut resep dan cara membuat es durian yang bisa kamu coba di rumah. Dijamin bakal bikin kamu ketagihan!


Baca juga: Demen Durian? Cobain Bikin Pancake Durian Lewat Resep di Sini!


Cara Membuat Es Durian yang Enak dan Segar

cara membuat es krim durian

Es durian yang enak tentu harus dibuat dari daging buah yang bagus dan berkualitas. Salah satu jenis durian yang bisa digunakan adalah durian Monthong. Dibandingkan jenis durian lainnya, durian Monthong memiliki daging buah yang lebih tebal dengan rasa manis nan creamy yang nikmat.

Nah, dalam membuat es durian, kamu bisa menggunakan dua pilihan likuid, yaitu susu atau santan. Keduanya sama-sama menghasilkan rasa legit nan gurih. Selain itu, baik susu atau santan juga memiliki karakter yang hampir sama. Jika ingin menciptakan rasa es krim durian yang aromatik, kamu bisa menggunakan santan, tapi bila ingin membuat es krim durian yang lebih creamy, sebaiknya gunakan susu full cream.

Beberapa orang juga menggunakan kuning telur agar menghasilkan tekstur es krim yang padat. Meski adonan es krim akan menjadi lebih kokoh, penggunaan kuning telur tak sepenuhnya baik untuk kesehatan. Jika diteliti satu per satu bahannya, daging durian sendiri sudah tinggi kolesterol. Ditambah lagi dengan susu atau santan yang bisa menambah tingkat kolesterol dari sajian itu sendiri.

Untuk membatasi asupan kolesterol, sebaiknya hindari penggunaan kuning telur. Tanpa kuning telur pun, cita rasa es krim durian sebenarnya sudah enak. Nah, untuk mendapatkan seluruh bahan es krim durian, kamu bisa mendapatkannya dengan mudah lewat aplikasi belanja online Chilibeli.

Jika semua bahan sudah di tangan, yuk, mulai ikuti resep dan cara membuat es krim durian berikut ini.


Bahan-bahan untuk membuat es durian:

  1. 500 ml santan (bisa diganti susu full cream)
  2. 120 gram gula pasir
  3. 2 sdm tepung maizena, larutkan dengan 3 sdm air
  4. 300 gram daging buah durian
  5. ¼ sdt garam
  6. 150 gram kelapa muda, serut
  7. 2 ikat daun pandan
  8. Susu kental manis secukupnya


Langkah-langkah membuat es durian:

  1. Masak santan dengan gula pasir hingga gula larut. Tambahkan daun pandan dan daging durian sebanyak 200 gram. Masak hingga mendidih
  2. Masukkan larutan tepung maizena dan aduk rata sampai matang dan mengental. Sisihkan dan dinginkan
  3. Simpan adonan es krim durian ke dalam freezer selama 3 – 6 jam hingga membeku
  4. Setelah adonan beku, ambil dan kocok dengan mixer sampai lembut. Masukkan kembali ke dalam freezer dan tunggu sampai beku kembali, lalu aduk lagi. Lakukan hal ini sampai 3 – 4 kali agar hasilnya lebih lembut dan enak
  5. Sajikan es durian bersama sisa daging durian yang tersisa. Tambahkan kelapa muda dan susu kental manis agar rasanya semakin mantap


Baca juga: Kandungan dan Manfaat Apel, Bisa Cegah Diabetes dan Kanker!


Bagaimana, tidak sulit, kan, membuat es krim durian? Apalagi semua bahan-bahannya bisa kamu dapatkan di aplikasi belanja online Chilibeli. Tenang, kamu tidak perlu ke luar rumah karena pesanan kamu akan diantar sampai ke rumah hanya dalam sehari saja!

Selain berbelanja, kamu juga bisa banyak keuntungan lain, salah satunya adalah mendapat uang saku tambahan. Caranya? Tinggal bergabung menjadi Mitra Chilibeli dan terhubung dengan komunitas Mitra yang kini sudah sangat besar.

Jadi, tunggu apalagi, yuk, mulai belanja di Chilibeli dan kreasikan semua resep makananmu. Siapa tahu resep buatanmu bisa dijadikan sebagai peluang bisnis yang menguntungkan!