Cara Membuat Bubur Ketan Hitam, Hidangan Manis nan Kaya Energi

Cara Membuat Bubur Ketan Hitam, Hidangan Manis nan Kaya Energi

Masyarakat sudah cukup lama mengenal bubur ketan hitam sebagai santapan yang menyehatkan. Makanan yang satu ini sering disajikan hangat untuk sarapan atau camilan sore sebelum masuk waktu makan malam. Bubur ketan hitam juga mampu menghasilkan energi untuk kamu melakukan kegiatan sehari-hari.

Ketan hitam sendiri mengandung zat besi, protein, karbohidrat, vitamin, dan mineral yang banyak. Kandungan yang kaya tersebut mampu mencegah pertumbuhan kanker di dalam tubuh dan menjaga kesehatan jantung. Selain itu, bubur ketan hitam juga bagus untuk pencernaan dan membantu proses pembentukan kembali sel yang rusak.

Kadar serat yang tinggi juga bisa diandalkan untuk menurunkan berat badan, loh. Faktanya juga, bubur ketan hitam juga bagus untuk mereka penderita anemia. Zat besi yang dikandung dari bahan makanan ini bagus untuk membantu pembentukan sel darah merah.

Bubur ketan hitam juga bisa disajikan sebagai menu berbuka puasa. Cara membuatnya pun cukup mudah dan tidak membutuhkan waktu yang panjang. Selain itu, bubur ketan hitam punya rasa yang manis dan juga mengenyangkan, jadi bisa menjaga untuk tidak makan berlebihan.

Resep dan Aneka Olahan dari Jamur Enoki

Tips Membuat Bubur Ketan Hitam

Ada beberapa rahasia yang perlu kamu tahu untuk membuat bubur ketan hitam yang lezat. Selain harus tepat cara membuatnya, ada beberapa poin yang harus kamu perhatikan. Yuk, simak tipsnya di bawah ini!


1. Pemilihan jenis ketan hitam

Ada berbagai jenis ketan hitam yang beredar di pasaran. Selain produk lokal, kamu juga bisa mendapatkan beras ketan hitam Thailand dengan harga yang tidak jauh berbeda. Namun, banyak yang bilang produksi lokal lebih bagus untuk membuat bubur ketan hitam.

Untuk mendapatkan bubur ketan hitam yang legit dan pulen, sebaiknya kamu memilih beras ketan yang sudah disosoh. Warna dari beras ini ungu muda dengan ada sisa kulit ari di berasnya.


2. Lama perendaman

Masih banyak orang yang melewatkan waktu perendaman sebelum mengolah beras ketan. Perendaman juga jadi bagian yang paling penting untuk mendapatkan bubur ketan yang lembut. Sebelum itu, kamu perlu mencuci bersih dulu beras ketan.

Perendamannya pun perlu dilakukan selama 2 – 3 jam. Sebelum direbus, beras ketan hitam pun harus dikeringkan terlebih dulu.


3. Proses merebus

Gunakan air yang tidak terlalu banyak atau sedikit waktu direbus. Selain itu, api yang digunakan untuk merebus pun tidak boleh terlalu besar. Setelah sedikit lembut, kamu pun perlu mengecilkan api menjadi api lilin.


4. Penambahan gula

Rasa manis dari bubur ketan hitam tentunya berasal dari gula, bukan bahan yang lain. Namun, tetap harus dalam takaran yang tepat, tidak terlalu banyak atau terlalu sedikit.

Kekurangan gula akan membuat rasa bubur hambar. Gula yang terlalu banyak malah akan buat bubur ketan hitam jadi sangat tidak enak.


5. Saus santan

Saus santan juga jadi elemen yang penting dalam bubur ketan hitam. Ada baiknya kamu menggunakan santan alami, bukan yang instan. Pilih kelapa yang sudah sedikit tua untuk mendapatkan santan yang kental.

Rebus santan pun harus dengan api kecil supaya tidak merusak tekstur. Jangan lupa aduk-aduk santan perlahan sampai mendidih.

Simak Juga Cara Membuat Bubur Kacang Hijau di Sini

Resep Bubur Kacang Hitam yang Manis dan Lezat

resep bubur ketan hitam rice cooker

Makanan yang satu ini tidak butuh banyak bahan dasar. Waktu pembuatannya pun tidak terlalu panjang dan melelahkan. Yuk, simak resep bubur kacang hitam yang bisa kamu coba sendiri di rumah!

Bahan yang dibutuhkan:

  1. 200 g beras ketan hitam
  2. 1 sdt garam
  3. 200 g gula
  4. 3 lembar daun pandan
  5. 350 ml santan kental
  6. 2 liter air

Cara membuatnya:

  1. Rendam beras ketan hitam selama 3 jam, lalu keringkan.
  2. Rebus ketan hitam dengan api sedang. Tambahkan garam, dan daun pandan sampai mengental.
  3. Kecilkan api dan tambahkan gula, lalu aduk-aduk hingga rata. Lanjutkan merebus sampai matang.
  4. Di wadah berbeda, rebus santan, garam, dan daun pandan. Aduk-aduk hingga mendidih. Angkat dan diamkan.
  5. Sajikan bubur ketan hitam hangat dengan disiram saus santan di atasnya.
Resep Bolu Kukus Andalan untuk Sajian Kapan Saja

Itu dia cara membuat bubur ketan hitam yang mudah dengan bahan-bahan yang bisa didapat dengan mudah. Tenang, kamu bisa mendapatkan beras ketan hitam dengan kualitas bagus di aplikasi Chilibeli. Bahan-bahan yang lain pun bisa dipesan dan diantar sampai ke rumah.

Selain berbelanja keperluan sehari-hari dan bahan makanan, kamu juga bisa menjadi Mitra Chilibeli dengan banyak manfaat. Manfaat pertama adalah kamu bisa berjualan untuk menambah penghasilan bulanan. Jualan dengan Chilibeli pun mudah dan bisa dilakukan di mana saja.

Bukan hanya itu, kamu juga bisa mendapatkan wawasan bisnis dengan program menarik yang disiapkan oleh Chilibeli. Nah, tunggu apa lagi? Langsung bergabung jadi Mitra Chilibeli sekarang!