Resep dan Cara Membuat Bubur Bayi

Resep dan Cara Membuat Bubur Bayi

Bubur bayi jadi makanan yang penting untuk anak yang sudah menginjak usia 6 bulan. Untuk itu, para orang tua harus tahu caranya membuat bubur bayi sebagai Makanan Pendamping Air Susu Ibu (MPASI). Bukan hanya tahu cara membuatnya, kamu juga perlu tahu tingkat kelembutan bubur tergantung dari usia si kecil.

Pengenalan makanan yang lebih padat dibanding ASI sangat dianjurkan oleh WHO saat bayi sudah berusia 180 hari atau 6 bulan. Pada masa ini, ASI sudah tidak lagi mencukupi kebutuhan harian bayi. Bayi sudah harus dikenalkan oleh rasa dan makanan lain dalam bentuk makanan lembut.

Pada awalnya, bayi harus diberi bubur yang benar-benar lembut dulu. Organ pencernaan bayi tentunya baru akan beradaptasi dengan jenis makanan baru yang masuk. Jika terlalu padat, anak akan berpotensi terkena risiko obesitas di usia yang lebih besar.

Para orang tua juga harus tahu waktu yang tepat untuk memberikan bubur bayi ini kepada si kecil. Terlambat memberikan MPASI kepada si kecil akan membuatnya kekurangan nutrisi dan terlalu bergantung dengan susu nantinya. Jadi ketahui tanda-tanda si kecil sudah mulai harus diberikan bubur bayi.


Baca juga: Bermacam Manfaat Kacang Tanah, Enggak Cuma untuk Diet!


Tips Membuat Bubur Bayi

Pada dasarnya, bubur bayi juga merupakan makanan. Jadi, kamu juga perlu perhatikan rasa, tekstur, dan pastinya kandungan gizi untuk si kecil. Simak beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk membuat bubur bayi di bawah ini!


1. Tekstur

Bubur bayi usia 6 – 7 bulan harus benar-benar dibuat lembut dan encer. Setelah bubur jadi, ada baiknya kamu melakukan penyaringan Kembali untuk mendapatkan tekstur yang lembut.


2. Gizi seimbang

Jangan karena masih bayi, kamu memberikan bubur yang itu-itu saja. Buat menu bubur bayi yang variatif dengan bahan yang berbeda-beda setiap waktu makan. Tak masalah mencampur dua atau tiga bahan dasar pada bubur bayi


3. Hindari memanaskan susu

Masih banyak orang tua yang mencampur Air Susu Ibu Perah (ASIP) ke dalam bubur dan memanaskannya. ASIP yang dipanaskan di atas 40 derajat Celcius nutrisinya akan rusak dan jadi tidak berguna di tubuh bayi. Baiknya mencampurkan ASIP setelah bubur sudah lebih dingin.


4. Hindari gula

Organ pencernaan bayi masih sangat sensitif pada usia di bawah 1 tahun. Hindari pemberian makanan manis buatan apa pun bentuknya. Bila ingin memberikan bubur bayi yang manis, berarti bahan dasarnya harus buah.


resep bubur bayi


Resep dan Cara Membuat Bubur Bayi

Kamu bisa mengandalkan beberapa resep bubur bayi di bawah ini. Selain bahannya mudah didapatkan, caranya membuatnya pun tidak repot dan dijamin si kecil akan lahap memakannya.


1. Bubur bayi brokoli kentang

Kentang akan mencukupi asupan karbohidrat untuk si kecil saat dia belum bisa makan nasi. Di sisi lain, brokoli kaya akan serat dan kalsium yang membuat pencernaan anak jadi lebih baik. Perpaduan ini jelas sangat tepat untuk memulai asupan makanan.

Bahan yang dibutuhkan:

  1. 1/2 buah kentang
  2. 2 buah brokoli
  3. 3 sdm ASIP
  4. 200 ml air

Cara membuatnya:

  1. Cuci bersih kentang dan brokoli dengan air yang mengalir. Tiriskan
  2. Kukus kentang dan brokoli sampai sedikit lembut
  3. Kupas kulit kentang. Potong kentang dan brokoli dengan potongan dadu kecil
  4. Blender kentang dan brokoli sedikit lama hingga lembut
  5. Saring dengan kain kasa atau saringan makanan untuk mendapatkan bubur yang lembut
  6. Tambahkan ASIP hangat dan sajikan.


Baca juga: Resep MPASI Terbaik untuk 6 Bulan Pertama Bayi


2. Bubur bayi wortel jagung

Baik wortel dan jagung punya rasa manis yang pasti disukai oleh anak-anak. Tinggal membuatnya jadi sebuah bubur yang mengenyangkan sebagai MPASI untuk bayi di atas 6 bulan.

Bahan yang dibutuhkan:

  1. 1 buah wortel ukuran sedang
  2. 30 g jagung yang sudah dipipil
  3. 3 sdm ASIP
  4. 100 ml air

Cara membuatnya:

  1. Cuci jagung dan wortel dengan air bersih yang mengalir, lalu tiriskan.
  2. Kukus jagung dan wortel hingga lunak
  3. Blender jagung dan wortel sampai halus
  4. Saring bubur jagung wortel dengan saringan makanan
  5. Tambahkan ASIP hangat dan aduk hingga rata.


3. Bubur bayi pisang mangga

Bubur bayi dengan bahan buah juga bagus karena mengandung banyak vitamin. Bubur buah juga bisa dimasukkan ke dalam kulkas untuk dimakan pada lain waktu.

Bahan yang dibutuhkan:

  1. 1 buah mangga
  2. 1 buah pisang
  3. 3 sdm ASIP
  4. 100 ml air

Cara membuatnya:

  1. Kupas mangga dan pisang, lalu potong kecil-kecil
  2. Haluskan dengan blender sampai lembut
  3. Saring bubur dengan kain kasa atau saringan makanan
  4. Tambahkan ASIP dan sajikan untuk si kecil


Baca juga: Resep Mie Goreng Istimewa yang Pasti Disuka


Itu dia beberapa cara dan resep buat bubur bayi yang mudah. Untuk mendapatkan sayur dan buahnya, kamu bisa mengandalkan Chilibeli. Tinggal pesan semuanya dari aplikasi di smartphone dan bahan makanan akan diantar ke rumah kamu.

Selain itu, kamu pun bisa bergabung menjadi MItra Chilibeli dan berjualan bahan makanan untuk dapat uang tambahan. Ada pula program khusus untuk menambah wawasan bisnis dan hadiah menarik yang bisa kamu menangkan, lho. Nah, langsung saja gabung jadi Mitra Chilibeli dan dapatkan benefitnya!