Resep Ayam Hainan untuk Hidangan Istimewa di Rumah

Resep Ayam Hainan untuk Hidangan Istimewa di Rumah

Menu ayam hainan merupakan resep yang mudah dibuat dan terbilang sangat cepat dalam penyajiannya. Namun, menu yang satu ini seolah-olah jauh dari jangkauan masyarakat Indonesia. Sebagian masyarakat mungkin butuh pergi ke sebuah restoran untuk menyantap menu yang satu ini bersama keluarga.

Hidangan nasi ayam ini sebenarnya berasal dari provinsi Hainan, Cina. Penyebaran menu ini sangat luas hingga ke kawasan Asia Tenggara. Singapura merupakan salah satu tempat menu ini bisa ditemukan dengan mudah karena sudah jadi salah satu makanan khas masyarakat di sana.

Di Singapura, kamu bisa menemukan sajian ayam hainan hampir di setiap restoran kecil yang buka di pinggir jalan. Menu yang satu ini juga cukup digemari para turis asal Indonesia karena termasuk salah satu menu halal yang lezat. Selain itu, harga satu porsi nasi ayam hainan di Singapura juga terbilang masih sangat terjangkau.

Nah, seharusnya kamu bisa membuatnya sendiri di rumah, dong. Toh, bahan-bahan yang dibutuhkan bisa dengan mudah kamu dapatkan di dekat kamu. Lalu, kamu tinggal sajikan menu istimewa ini di meja makan rumah kamu untuk disantap bersama dengan anggota keluarga.


Tips Membuat Menu Nasi Ayam Hainan di Rumah

Tampilan menu ayam hainan layaknya hanya nasi dengan potongan ayam rebus. Tambahan kuah kaldu dan sayuran hijau memang menjadikannya sedikit lebih manis dipandang mata. Namun, rasa yang dihasilkan tentunya sangat gurih dan lezat.

Untuk itu, kamu perlu memerhatikan nasi dan ayam yang digunakan untuk membuatnya. Pakailah beras dengan kualitas bagus dan pulen untuk mendapatkan tekstur yang tepat. Gunakan juga ayam negeri yang punya daging tebal supaya potongan saat disajikan pun jadi lebih besar.

Selain itu, ayam yang berdaging tebal juga tidak mudah hancur saat direbus lama untuk menghasilkan kaldu yang lezat. Lemak yang dihasilkan oleh ayamnya pun akan lebih banyak. Lemak tersebut akan buat nasi dan kaldu lebih gurih saat disajikan.

Nah, kamu bisa menemukan beras dan ayam negeri berkualitas terbaik di Chilibeli. Aplikasi ini bisa jadi tempat terbaik untuk kamu mencari daging, sayur, buah, dan bahan makanan lainnya. Semua makanan pun terjaga kesegaranya dan bisa langsung diantar ke rumah kamu.

Resep Sambal Goreng Kentang untuk Hidangan Anti Bosan

Resep Ayam Hainan Lezat untuk Dicoba di Rumah

cara membuat ayam hainan

Seperti yang sudah disebutkan di atas, membuat sajian ayam hainan tidaklah sulit. Asal semua bahannya tersedia, kamu bisa memulai mengikuti langkah-langkah dari resep di bawah ini!

Bahan yang dibutuhkan:

  1. 1 ekor ayam negeri
  2. 400 ml beras
  3. 2 siung bawang putih
  4. 1/2 liter kaldu ayam
  5. 5 ruas jahe yang dimemarkan
  6. 3 sdm minyak wijen
  7. 3 sdm minyak goreng
  8. 1/4 sdt gula pasir
  9. 5 sdt garam
  10. 1 tangkai daun bawang diiris tipis
  11. 25 g jahe
  12. 1 1/2 sdm kecap ikan

Cara membuatnya:

  1. Tumis bawang putih dan jahe sampai wangi.
  2. Cuci beras hingga bersih. Ganti airnya dan masukkan tumisan, kaldu ayam, dan garam. Lalu, kukus selama 20 menit.
  3. Siapkan wadah besar. Masukkan ayam, minyak wijen, jahe, dan garam. Lumuri semua bagian ayam, lalu diamkan selama kurang lebih 30 menit.
  4. Buat campuran daun bawang, jahe, dan garam. Lalu, masukkan ke dalam rongga ayam.
  5. Siapkan rebusan air yang sudah dicampur gula dan garam. Rebus ayam selama kurang lebih 25 menit. Nantinya, rebusan ini bisa dijadikan kuah ayam hainan. Kamu bisa menambahkan merica bubuk untuk memunculkan rasa pedas.
  6. Untuk sausnya, tumis jahe dengan diberi sedikit kaldu dari rebusan ayam. Tumis hingga harum, lalu tambahkan kecap ikan secukupnya. Lanjutkan menumis sampai matang
  7. Siapkan nasi yang sudah tanak. Hidangkan dengan potongan ayam dan saus jahe.
Alasan untuk Mencoba Bisnis Katering Rumahan, Bisa dengan Modal Kecil!

Itu dia resep mudah ayam hainan yang bisa kamu coba sendiri di rumah. Semua bahannya bisa kamu dapatkan dengan mudah di Chilibeli dan kamu tinggal mengikuti resep di atas. Selain bisa membeli bahan-bahan masakan, kamu juga bisa menjadi Mitra Chilibeli, loh.

Ada banyak benefit yang bisa kamu dapatkan saat terdaftar sebagai Mitra Chilibeli. Harga sayur dan buah yang disediakan lebih murah dari rata-rata harga di pasar. Kamu juga bisa menambah uang saku dengan berjualan sayur dan buah untuk keluarga, tetangga, dan teman.

Berjualan di Chilibeli pastinya mudah dan tidak bikin repot. Selain itu, kamu pun akan terhubung dengan jaringan dan teman yang banyak dari komunitas ini. Para Mitra Chilibeli pun berkesempatan untuk mengikuti program menarik yang bisa menambah wawasan bisnis dan masakan.

Nah, tunggu apa lagi? Segera bergabung menjadi Mitra Chilibeli dan dapatkan semua keuntungan di atas.