7 Menu Sarapan Sehat dari Sayur dan Buah

7 Menu Sarapan Sehat dari Sayur dan Buah

Sarapan merupakan aktivitas penting yang tidak boleh dilewatkan. Apabila melewatkan sarapan, kamu bisa saja kehilangan konsentrasi saat menjalani kegiatan. Tubuhmu pun akan terasa lemas dan mudah lelah karena kekurangan energi di pagi hari.

Oleh karena itu, sarapan menjadi hal yang penting. Tidak hanya harus dilakukan, kita juga harus memikirkan menu santap pagi yang tepat untuk memenuhi kebutuhan gizi yang diperlukan tubuh. Salah satu langkah yang mudah diterapkan adalah memanfaatkan buah dan sayur.

Berbagai penelitian menyebutkan bahwa aneka buah dan sayur merupakan mengandung asupan gizi dan vitamin yang dapat meningkatkan imunitas tubuh. Sayur dan buah juga berkhasiat sebagai antioksidan yang bisa melindungi tubuh dari ancaman radikal bebas. Oleh karena itu, sayur dan buah sangat penting kita konsumsi sehari-hari, termasuk untuk sarapan.


Pilihan Menu Sarapan Sehat dengan Bahan Sayur dan Buah

Bagi kamu yang sibuk beraktivitas, kamu tidak perlu khawatir sebab ada menu-menu sarapan dari buah dan sayur yang penyajiannya praktis dan mudah. Kamu juga tidak perlu menghabiskan waktu dan tenaga untuk repot-repot berbelanja. Cukup gunakan aplikasi belanja online untuk membeli aneka buah dan sayur yang berkualitas.

Ada baiknya, dalam seminggu kamu membuat jadwal menu sarapan yang bergizi agar lebih memudahkan kamu menyiapkan bahan. Cara ini juga bisa membuat kamu tidak bosan dengan sarapan yang itu-itu saja.

Nah, buat kamu yang sibuk dan tetap ingin menjaga kesehatan tubuh, berikut ini menu-menu sarapan sehat dari sayur dan buah yang akan membuat tubuhmu penuh energi sepanjang hari!


1. Salad

Salad merupakan menu sarapan yang cocok untuk kamu yang sibuk. Cara membuatnya pun mudah, praktis, dan cepat. Baik membuat salad buah maupun salad sayur, kamu hanya tinggal mencuci buah atau sayur kemudian memotongnya kecil-kecil.

Efektifnya, kamu bisa menyiapkan potongan sayur atau buah porsi besar sekaligus dan menyimpannya di kulkas. Untuk salad buah, kamu bisa mencampurkan potongan buah favorit dengan yogurt, susu kental manis atau madu, dan sedikit perasan lemon. Kalau membuat salad sayur, kamu bisa memberi minyak zaitun, mayonais, atau madu sesuai dengan selera.


2. Sereal Buah

Penyajian yang mudah dan kandungan gizi yang cukup lengkap membuat sereal menjadi salah satu menu sarapan favorit. Cukup menambahkan susu, sereal bisa langsung dikonsumsi dan memenuhi kebutuhan energi sampai siang hari.

Agar semakin menyehatkan, kamu bisa menambahkan sereal dengan potongan buah segar. Misalnya saja stroberi dan pisang yang akan semakin membuat sereal terasa lezat. Cobalah juga ganti susu dengan yogurt dan rasakan sendiri bagaimana manfaatnya.

Macam-macam Cara Mengolah Kulit Manggis

3. Telur Orak-arik

Telur sangat tepat untuk dijadikan sarapan berkat kandungan proteinnya. Salah satu menu sarapan dari telur yang kerap disukai adalah telur orak-arik alias scrambled egg. Untuk membuatnya, sebaiknya kamu menggunakan wajan antilengket sehingga tidak perlu menggunakan banyak minyak.

Telur saja tentu tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan gizi. Maka dari itu, kamu bisa menambahkan sayuran dalam adonan telur. Ada banyak pilihan sayur kaya nutrisi yang bisa kamu padukan, mulai dari wortel, tomat, bayam, jagung, hingga jamur.


4. Oatmeal

Mirip dengan sereal, oatmeal juga begitu mudah disajikan. Hanya saja, rasanya yang cenderung hambar membuat oatmeal tidak begitu populer. Padahal, menu ini mengandung serat dan antioksidan yang diperlukan bagi tubuh.

Agar oatmeal lebih mengundang selera, kamu bisa menambahkan madu dan potongan buah dalam penyajiannya. Kamu juga bisa mengolah oatmeal dengan pisang dan susu. Selain enak, oatmeal pisang dapat memberikan tubuhmu pasokan energi yang tinggi, membantu menjaga kadar gula, dan mengurangi risiko penyakit jantung.

Manfaat Air Beras untuk Kecantikan Wajah

5. Rolade Tahu

Buat kamu yang tidak suka sayur tetapi sadar akan khasiatnya, kamu bisa mencoba menu sarapan yang satu ini. Rolade tahu bisa menyamarkan rasa sayur yang tidak kamu suka, namun tetap memberikan kandungan gizi yang kamu butuhkan. Cara membuatnya pun mudah, loh.

Kamu tinggal mencampurkan tahu yang sudah dihaluskan dengan sayur pilihanmu, misalnya wortel dan buncis. Beri juga tumisan bawang putih, daun bawang, garam, dan lada untuk menambah cita rasa. Panaskan sejenak di atas telur yang tengah didadar, gulung menggunakan alas daun pisang, kemudian kukus sebentar saja.


 6. Smoothies

Tidak punya banyak waktu di pagi hari bukanlah alasan untuk melewatkan sarapan. Ada smoothies yang cukup disiapkan dalam hitungan menit dan bisa dinikmati di mana saja. Kamu bisa mencampurkan berbagai jenis buah untuk dijadikan smoothie yang lezat, misalnya paduan pisang dan stroberi yang diblender dengan susu rendah lemak.

Meskipun menu ini lebih populer menggunakan buah, kamu juga bisa membuatnya dari sayuran. Coba saja smoothie yang memadukan bayam dengan madu, wortel dengan pisang, atau tomat dengan jeruk. Bahkan, kamu bisa menjadikan jamur shiitake sebagai bahan smoothie yang nikmat, loh.

Resep Ayam Teriyaki a la Restoran Cepat Saji

7. Hash Brown

Populer di Amerika, hash brown memanfaatkan kentang sebagai sumber energi. Pada dasarnya, kentang diolah dengan cara dipotong, dicetak, dan dikukus dalam gaya roti Swiss. Menu ini bisa disajikan bersama potongan tomat, alpukat, dan telur rebus.

Supaya tidak bosan, kamu juga bisa mengkreasikan hash brown dari pilihan umbi-umbian selain kentang, loh. Misalnya, kamu bisa saja memanfaatkan ubi manis, lobak, atau buah bit untuk menggantikan kentang.


Dengan menu sarapan yang tepat dan sehat, tubuh kamu akan terjaga untuk menjalani aktivitas seharian. Memanfaatkan buah dan sayur sebagai santapan pagi pun bisa menjadi langkah mudah untuk memenuhi kebutuhan gizi.

Untuk mendapatkan buah dan sayur berkualitas, kamu sudah tidak perlu lagi merepotkan diri dengan cara bepergian ke supermarket, loh. Kamu bisa memanfaatkan aplikasi belanja online Chilibeli yang menggunakan konsep komunitas dan bisa gabung jadi Mitra Chilibeli untuk bisa mendapatkan penghasilan ekstra untuk tambahan uang belanja. Yuk, kreasikan sarapan sehatmu bersama Chilibeli!