Manfaat Temulawak untuk Jaga Kesehatan Tubuh

Manfaat Temulawak untuk Jaga Kesehatan Tubuh

Temulawak mungkin sering dijumpai dalam bentuk minuman botolan di tukang jamu. Minuman tersebut akan lebih segar saat disajikan dingin. Namun, sebagian dari masyarakat Indonesia juga mengenal temulawak sebagai obat herbal yang punya manfaat untuk jaga kesehatan tubuh.

Dalam bentuk apa pun kamu mengenalnya, khasiat temulawak tetaplah sama. Temulawak adalah tanaman asli Indonesia yang punya nama latin Curcuma xanthorrhiza. Bentuknya seperti silinder dengan diameter 6 cm dan sangat mirip dengan kunyit.

Manfaat Temulawak untuk Kesehatan

Sudah turun-temurun temulawak digunakan sebagai obat herbal yang dipercaya untuk membantu menjaga kesehatan. Penggunaannya bisa jadi minuman, bahan makanan, atau obat luar yang dioleskan di bagian tubuh tertentu. Untuk lebih jelasnya, simak beberapa manfaat temulawak di bawah ini!

1. Meningkatkan nafsu makan

Bila memang ada masalah dengan berat badan yang kurang, minum jamu temulawak dengan teratur akan buat nafsu makan kamu meningkat. Kandungan yang terdapat di dalam temulawak bisa membuat metabolisme kamu lebih bagus sehingga tubuh butuh asupan makanan yang lebih.

Di samping itu, temulawak juga bisa membantu mengatasi masalah pencernaan. Buat kamu yang punya penyakit perut kembung atau susah buang air besar, konsumsi segera temulawak. Dijamin masalah tersebut akan teratasi.

Belanja Buah dan Sayuran Online Lebih Mudah dan Murah

2. Menjaga kesehatan hati

Temulawak mengandung kurkumin, glikosida, minyak atsiri, kamfer, phellandrene, turmerol, myrcene, xantorizol, iso furano germacrene, p-tolyl methyl carbinol, dan pati. Kandungan-kandungan tersebut mampu memberikan perlindungan untuk organ hati. Temulawak bisa mencegah penyakit hepatitis yang memang menyerang hati.

Hepatitis sendiri disebabkan oleh virus.

Fungsi temulawak di sini membuat hati lebih kuat dalam melawan virus tersebut. Minum jamu temulawak secara rutin pun dapat membuat kamu lebih sehat di samping tetap mendapatkan vaksin untuk hati.

3. Meningkatkan imun dan stamina tubuh

Virus dan bakteri pada masa sekarang bisa dibilang lebih ganas dan menyeramkan. Kamu perlu mempertebal sistem imun tubuh untuk menangkalnya. Menambah jamu temulawak di samping sarapan kamu setiap hari bisa bantu untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, loh. Dalam konsumsi jamu, setelah jamu herbal yang dipilih, biasanya jahe dijadikan tahapan terakhir sebagai penghangat tubuh, tapi tahukah kamu bahwa terdapat segudang manfaat lain dari jahe? cek di sini.

Selain itu, stamina kamu pun akan berlangsung meningkat. Kamu bisa jadikan suplemen penambah stamina setiap hari saat aktivitas kamu sangat padat setiap harinya.

4. Mengatasi osteoarthritis

Semakin bertambahnya usia, sendi-sendi tubuh akan terasa sakit dan kaku. Tanda-tanda ini lebih dikenal dengan osteoarthritis. Peradangan sendi ini bisa terjadi pada siapa saja, tanpa terkecuali orang-orang yang masih produktif.

Manfaat temulawak untuk mengatasi peradangan sendi ini sudah pernah diterbitkan dalam Journal of Alternative and Complementary Medicine. Efek yang ada dalam temulawak mirip dengan ibuprofen atau penghilang rasa sakit yang diberikan kepada para pengidap penyakit ini.

Virus Corona Sudah di Indonesia, Ini Cara Pencegahannya

5. Mencegah dan bantu pengobatan kanker

Setiap tubuh manusia punya sel kanker yang bisa berkembang dengan pola hidup yang tidak sehat. Temulawak bisa menghambat pertumbuhan sel tersebut, khsusunya untuk kanker prostat, payudara, dan usus. Hal tersebut karena kandungan antioksidan yang terdapat di dalam temulawak. Kandungan yang sama juga terkandung di dalam kulit manggis yang berfungsi untuk mencegah pertumbuhan sel kanker, baca selengkapnya di sini.

Kandungan ini pula yang bisa bantu kamu untuk pengobatan kanker bila sudah semakin besar. Setidaknya, kanker yang ada di tubuh tidak bertambah parah. Namun, posisi temulawak di sini hanya sebagai penunjang saja, kamu tetap harus melakukan pengobatan medis, ya!

6. Pengurai lemak yang ada di tubuh

Ada benarnya bawah temulawak juga bisa membantu menurunkan berat badan. Kandungan lemak bisa membantu meluruhkan lemak-lemak berlebih yang ada di dalam tubuh. Hal ini bisa terjadi karena temulawak membantu penguraian asam lemak untuk menjadi energi tubuh.

Minum jamu temulawak setiap hari untuk menjaga berat badan tetap ideal. Untuk mendapatkan hasil yang sempurna, kamu tetap perlu menjaga pola dan asupan makanan, ya. Percuma sih kalau minum jamu temulawak, tapi pola makan kamu tetap tidak teratur.

7. Obat diuretik alami

Diuretik adalah zat yang dipakai untuk membersihkan tubuh dari garam dan air sehingga tidak terjadi penumpukan. Zat ini merangsang ginjal untuk memproduksi lebih banyak urine hingga akhirnya kamu buang air kecil lebih sering lagi. Temulawak bisa digunakan sebagai obat diuretik alami yang bisa dikonsumsi setiap hari.

Kandungan temulawak juga akan menyerap kelebihan cairan dalam pembuluh darah dan membantu mengurangi tekanan pada dinding pembuluh. Nantinya, kamu bisa terbebas dari gagal jantung, gagal hati, pembengkakkan jaringan, dan gagal ginjal.

Ini Manfaat Kunyit yang Juga Bisa Memperkuat Imun

Anjuran Konsumsi Temulawak

Diingatkan kembali, temulawak hanya sebatas penunjang untuk meningkatkan kesehatan tubuh, tapi bukan obat. Kamu tetap perlu berkonsultasi dengan dokter saat menemukan penyakit yang parah atau kritis.

Untuk anjuran konsumsinya, setiap orang pun akan berbeda-beda. Temulawak bisa dikonsumsi setiap hari saat tubuh kamu juga beraktivitas fisik dengan baik. Namun, tidak dianjurkan minum temulawak untuk perempuan hamil dan menyusui, serta pengidap gangguan hati dan empedu.

Itulah beberapa manfaat dari temulawak yang bisa kamu dapatkan. Bila memang mau memaksimalkan manfaatnya, kamu bisa membuat minuman atau jamu temulawak sendiri di rumah. Beli saja temulawak dari aplikasi Chilibeli dan dapatkan kemudahan hingga pengantaran sampai ke rumah kamu.

Kamu pun bisa menjadi Mitra Chilibeli dan dapatkan penghasilan tambahan dengan menjadi reseller di sana. Tinggal gabung bersama Chilibeli di sini dan kamu sudah bisa terhubung dengan komunitasnya.