7 Alasan Mengonsumsi Muesli Setiap Hari

7 Alasan Mengonsumsi Muesli Setiap Hari

Muesli merupakan makanan khas Swiss yang terbuat dari rolled oat yang dicampur dengan kacang-kacangan, biji-bijian, buah kering, dan masih banyak variasi campuran lainnya. Muesli adalah pilihan sarapan yang kaya akan serat dan protein berdasarkan dari bahan bakunya.

Dimulai sebagai sereal kering yang terbuat dari oat, kacang-kacangan, buah, dan gandung, muesli telah berevolusi menjadi campuran macam-macam pilihan sarapan dengan banyak sekali kombinasi yang dapat ditambahkan di dalamnya.

Manfaat yang dikandungnya penuh dengan vitamin, zat besi, dan magnesium. Muesli bisa disajikan dengan susu (kedelai, almond, atau susu sapi), yogurt atau jus buah, dan dibiarkan di lemari es semalaman untuk sarapan yang segar dan bernutrisi.

Muesli sering disamakan dengan granola, tetapi biasanya merupakan opsi yang lebih alami dengan sedikit gula, menjadikannya pilihan yang lebih sehat. 


Manfaat Muesli untuk Kesehatan

muesli granola oats

Kini mendapatkan bahan-bahan untuk menyantap muesli-mu di pagi hari tidaklah sulit karena sekarang bisa belanja online. Aplikasi belanja online Chilibeli memudahkanmu untuk membeli bahan-bahan untuk membuat muesli. Selain itu, kamu pun bisa bergabung menjadi Mitra Chilibeli sebagai reseller untuk mendapatkan penghasilan tambahan dan masih banyak keuntungan lainnya.

Nah, tanpa basa basi lagi, berikut manfaat muesli untuk kamu yang masih ragu menjadikannya sebagai sarapan pagimu.


1. Muesli Lebih Sehat dari Sereal Biasa

Sereall manis memang lebih enak dan menggoda, tetapi tahukah kamu bahwa sereal yang sering kamu jumpai di supermarket penuh dengan gula, dan berbagai macam zat pengawet kimiawi yang tidak baik bagi tubuh.

Muesli mengandung jauh lebih sedikit gula dan lebih sedikit kalori daripada sereal yang biasanya kamu makan di pagi hari. Sisi baiknya lagi, jika kamu membuat muesli sendiri, kamu tahu persis apa yang dikandungnya sehingga kamu bisa menakar gula ataupun isian lainnya tanpa harus khawatir.


Baca juga: Resep Sayur Bayam Antibosan, Wajib Dicoba Nih!


2. Muesli Tinggi akan Serat

Walaupun sulit untuk mengukur dengan tepat berapa banyak serat yang ada di muesli karena ada begitu banyak kombinasi yang dapat dibuat, hidangan ini biasanya kaya serat dan biji-bijian yang keduanya baik untuk sistem pencernaanmu. Serat dan biji-bijian dapat membantu mengatur saluran pencernaan.


3. Muesli Membuat Kenyang Lebih Lama

Tidak hanya serat dan biji-bijian membantu menjaga perutmu terkontrol, muesli juga dapat membuatmu merasa lebih kenyang lebih lama. Kamu tidak akan merasa kelaparan dengan cepat seperti setelah mengonsumsi sereal biasa. Hal ini pastinya cocok sekali untuk orang yang sedang dalam program diet untuk menurunkan berat badan.


4. Muesli Baik untuk Jantung

Muesli mengandung gandum, yang termasuk serat gandum yang disebut beta-glukan. Menurut penelitian, beta-glukan dapat membantu mengurangi kadar kolesterol hingga 10%. Dengan makan muesli secara teratur, kamu pun sekaligus membantu kesehatan jantungmu. Kamu bisa tambahkan jus lemon ke dalam campuran muesli-mu untuk menambahkan vitamin C yang juga dapat membantu menurunkan kolesterol, sekaligus meningkatkan kesehatan jantung.


Baca juga: Resep Masakan yang Baik Dikonsumsi Penderita Kolesterol


5. Muesli Mengandung Protein 

Menambahkan kacang-kacangan dalam campuran muesli dapat menambahkan pemasukan protein dan asam lemak omega-3 ke dalam sarapan oagi-mu, sementara bahan-bahan lain seperti buah dapat memberi dosis kalium, serat, vitamin E, C, B-12 yang sehat, dan banyak lagi.

Susu atau susu alternatif seperti susu almond dan susu kedelai bagi yang alergi susu sapi, atau yogurt adalah cara lain untuk memasukkan protein ke dalam campuran muesli. Pada dasarnya, apa pun yang kamu butuhkan untuk memulai hari dengan sarapan yang benar, kamu dapat memasukkannya ke dalam campuran muesli-mu.


6. Muesli Mengandung Antioksidan

Dengan menjaga tubuh kita agar bebas stres, anti-oksidan menjauhkan radikal bebas dan juga mengatasi stres oksidatif. Hal ini berkat anti-oksidan yang ada dalam semangkuk muesli. Selain itu, dengan konsumsi teratur dapat membantu merawat kulit dan juga otak. Mengonsumsi muesli secara teratur juga dapat membantu melindungi tubuh kita dari berbagai kerusakan internal. 

Radikal bebas dikatakan sebagai molekul yang bertanggung jawab untuk merusak sel-sel dalam tubuh. Radikal bebas umumnya dikaitkan dengan penuaan dini dan banyak penyakit serius. Kamu bisa meminimalisir semuanya dengan mengonsumsi muesli setiap pagi.


7. Meningkatkan Penyerapan Zat Besi

Oat yang merupakan komponen utama muesli adalah sumber yang kaya nutrisi penting seperti zat besi, folat dan protein serta magnesium, yang semuanya bermanfaat bagi tubuh. Zat besi juga dapat membantu menjaga tekanan darah. Dengan mengonsumsi muesli, kamu bisa meningkatkan penyerapan zat besi yang baik untuk tubuh.


Baca juga: 7 Manfaat Jeruk Lemon yang Sebaiknya Kamu Tahu


Pada intinya, muesli merupakan campuran dari berbagai jenis makanan yang kaya nutrisi. Selain bisa dikonsumsi di pagi hari, kamu juga dapat membuat muesli bar untuk kamu bawa kemanapun kamu mau sebagai makanan cepat saji yang sehat.

Jadi, jika kamu perlu mempertahankan berat badan, meningkatkan metabolisme, atau menjalani gaya hidup sehat, maka pastikan kamu mengonsumsi muesli di setiap paginya. Apakah kamu sudah menambahkan muesli dalam diet sehari-harimu?