Ini Manfaat Kunyit yang Juga Bisa Memperkuat Imun

Ini Manfaat Kunyit yang Juga Bisa Memperkuat Imun

Kunyit sudah dipercaya sebagai herbal yang punya segudang manfaat. Masyarakat Indonesia sendiri sudah turun-temurun menggunakan kunyit, baik untuk pengobatan maupun bumbu masakan. Manfaat kunyit sendiri memang ditopang dengan kandungan yang ada di dalamnya.

Dalam satu batang kunyit, kamu bisa mendapatkan glukosa, kalsium, fruktosa, kalium, natrium, kobalt, zeng, kurkumin, protein, lemak, vitamin C, pati, dan minyak atsiri, serta masih banyak kandungan lainnya. Tak heran kunyit akan akan berguna dengan penggunaan di luar dan dalam tubuh.

Manfaat Kunyit yang Bagus untuk Kesehatan Tubuh

Kunyit membawa banyak hal baik untuk tubuh kamu. Khasiatnya bisa membantu meredakan beberapa masalah di dalam perut dan menetralisir racun. Berikut beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan dari kunyit.

1. Meredakan mual dan kembung

Mual dan kembung bisa terjadi karena banyak hal. Bisa saja karena cairan dan gas lambung meningkat karena terlambat atau malah makan berlebihan. Perut kembung juga bisa terjadi karena terlalu banyak minum minuman soda dan kopi.

Untuk meredakan semua masalah pada perut ini, kamu bisa minum kunyit hangat. Kandungan kurkumin yang ada dalam kunyit bisa membantu melancarkan pencernaan untuk mengurangi tekanan gas yang ada.

Bila masih mual, campur dengan sedikit lada hitam pada minuman kunyit hangat kamu. Kandungan yang ada pada lada hitamkan buat penyerapan kurkumin dalam darah lebih lancar dan kamu bisa dapat khasiatnya lebih cepat.

Virus Corona Sudah di Indonesia, Ini Cara Pencegahannya

2. Mengobati radang

Kurkumin dalam kunyit juga berfungsi sebagai antioksidan dan antiradang di dalam tubuh kamu. Kandungan ini yang akan mengurangi inflamasi dalam tubuh dan meningkatkan produksi kelenjar untuk menahan bakteri dan virus yang menyebabkan radang.

Minum kunyit secara rutin juga akan mencegah kamu dari beberapa penyakit peradangan di dalam tubuh. Sebut saja risiko kanker, penyakit kardiovaskular, radang sendi, aterosklerosis, dan diabetes bisa diturunkan dengan kunyit.

3. Mengurangi nyeri haid

Kamu pasti pernah lihat jamu pelancar haid mengandung kunyit di dalamnya. Jamu kunyit asam pun sudah terkenal sejak lama bisa membantu meredakan nyeri haid. Ramuan ini sudah dipakai selama bertahun-tahun dan khasiatnya sudah terbukti jelas.

Kandungan kurkumin dalam kunyit mampu bekerja untuk melemaskan kontraksi yang terjadi di rahim saat perempuan sedang menstruasi. Selain itu, zat tersebut akan mengurangi produksi prostaglandin yang menciptakan rasa sakit dan peradangan saat haid.

Namun, kamu tetap harus hati-hati waktu mengonsumsinya saat haid, ya. Beberapa ahli sangat tidak menyarankan untuk mengonsumsi kunyit saat pendarahan menstruasi terjadi sangat banyak.

Fakta dan Manfaat Jahe yang Penting Kamu Tahu

4. Penurun berat badan

Kurkumin pada kunyit bekerja untuk mengendalikan gula darah dan menjaga kolesterol jahat berada dalam batas normal. Selain itu, kurkumin juga akan membantu untuk melancarkan saluran pencernaan hingga tak ada lagi sisa makanan yang disimpan terlalu banyak.

Untuk mendapatkan khasiat yang lebih maksimal lagi, kamu bisa menambahkan larutan kunyit dengan asam jawa. Perpaduan ini akan membuat penyerapan kurkumin dalam dalam menjadi lebih cepat. Meminumnya secara rutin akan buat metabolisme tubuh menjadi lebih baik setiap harinya.

5. Penawar racun

Kita tidak tahu kapan ular akan menyerang dan menggigit. Beruntunglah bila gigitan tersebut hanya bikin kulit kamu terluka. Hal yang menakutkan mungkin terjadi saat kamu digigit ular berbisa dan racunnya sudah masuk ke dalam tubuh.

Bila itu terjadi, kamu bisa memanfaatkan kunyit sebagai pertolongan pertama untuk menetralkan racun. Antioksidan yang terkandung di dalam kunyit mampu menyerap racun dan membuatnya menjadi tidak berbahaya. Kandungan ini juga yang menghambat racun pada ular menyebar ke seluruh tubuh lewat darah.

6. Memperkuat sistem imun

Mengingat dunia semakin tidak sehat karena bakteri dan virus yang terus berkembang dan menyebar dengan cepat, kamu perlu menjaga diri. Salah satu langkahnya adalah membuat sistem kekebalan tubuh (imunitas) kamu tetap baik. Imunitas ini yang akan bekerja menangkal bakteri dan virus jahat yang masuk ke dalam tubuh.

Untuk itu, kamu bisa memanfaatkan kunyit untuk menjaga sistem kekebalan tubuh. Kurkumin juga membantu menjaga sistem imun tubuh tetap dalam keadaan baik. Kunyit juga mengandung vitamin C yang juga sama-sama bertugas untuk meningkatkan kekebalan tubuh terhadap penyakit. Selain itu, jahe juga dipercaya dapat meningkatkan sistem imun di dalam tubuh, cek faktanya di sini.

Cara Membuat Gorengan Sehat untuk Camilan di Rumah

Jenis Kunyit yang Bisa Ditemukan di Indonesia

Indonesia juga cukup subur untuk menumbuhkan berbagai jenis kunyit. Setidaknya ada tiga kunyit yang bisa kamu temukan di Indonesia. Simak semua jenisnya di bawah ini!

1. Kunyit putih

Beberapa orang menyebutkan sebagai kunyit kuning karena warnanya yang kekuningan. Kunyit inilah yang paling digunakan untuk kebutuhan sehari-hari. Kunyit putih biasanya digunakan untuk bahan makanan dan beberapa obat herbal lainnya.

2. Kunyit merah

Jenis kedua punya khasiat yang tak jauh berbeda. Kunyit merah juga biasa digunakan untuk obat herbal atau pewarna makanan. Warnanya lebih jingga dan sedikit pekat. Jenis kunyit yang satu ini juga bisa didapatkan dengan mudah di pasaran atau toko online.

3. Kunyit hitam

Mungkin butuh usaha sedikit keras untuk mendapatkan jenis kunyit yang satu ini. Kunyit hitam memang jadi komoditas langka dengan harga yang sedikit mahal bila dibandingkan jenis kunyit lainnya. Biasanya, kunyit hitam digunakan untuk menyembuhkan penyakit yang lebih parah lagi.

Sekarang sudah tahu ‘kan manfaat yang bisa kamu dapatkan dari kunyit. Nah, siapkan selalu kunyit dan ekstrak kunyit di rumah untuk berjaga-jaga saat kamu benar-benar membutuhkannya. Tenang, kamu bisa kok membeli berbagai jenis kunyit di Chilibeli dan langsung diantar ke rumah.

Kamu juga bisa bergabung menjadi Mitra Chilibeli dan dapatkan banyak manfaat di dalamnya. Kamu bisa ikut berjualan sayur dan buah kapan saja untuk mendapatkan uang tambahan. Selain itu, kamu pun bisa mendapatkan wawasan lebih banyak lagi dengan program menarik yang dibuat oleh Chilibeli.

Cara mendaftarnya pun cukup gampang. Kamu tinggal masuk dan bergabung dengan Mitra Chilibeli di sini. Nah, tunggu apa lagi? Segera bergabung sekarang juga dan dapatkan semua manfaatnya!