Bermacam Manfaat Kacang Tanah, Gak Cuma untuk Diet!

Bermacam Manfaat Kacang Tanah, Gak Cuma untuk Diet!

Tidak disangka-sangka, teryata lacang tanah yang kecil ini memiliki kandungan gizi yang sangat banyak. Kacang tanah adalah sumber protein nabati, serat, dan banyak vitamin dan mineral yang baik dan dibutuhkan oleh tubuh kita. Tetapi, kacang tanah adalah makanan yang kaya akan kalori, sehingga konsumsi kacang tanah harus diperhatikan juga agar tidak berlebihan.

Kacang tanah dan olahannya sering dijumpai dalam berbagai macam bentuk atau jenis, termasuk kacang panggang, kacang asin, kacang yang dilapisi cokelat, dan sebagai selai kacang. 


Kandungan Kacang Tanah

Kini membeli kacang tanah tidak lagi sulit karena sudah hadirnya aplikasi belanja online. Aplikasi belanja online Chilibeli memudahkanmu untuk berbelanja kacang tanah dan kebutuhan makanan lainnya secara online melalui aplikasi yang sangat mudah digunakan. Selain itu, kamu pun bisa bergabung menjadi Mitra Chilibeli untuk mendapatkan penghasilan ekstra, menguntungkan sekali, bukan?

Nah, sebelum mengetahui manfaat lengkap kacang tanah, mari simak kandungan nutrisi untuk 3,5 ons (100 gram) kacang tanah:

  • Kalori: 567
  • Air: 7%
  • Protein: 25,8 gram
  • Karbohidrat: 16,1 gram
  • Gula: 4,7 gram
  • Serat: 8,5 gram
  • Lemak: 49,2 gram
  • Lemak jenuh: 6,28 gram
  • Lemak tak jenuh tunggal: 24,43 gram
  • Lemak tak jenuh ganda: 15,56 gram
  • Omega-3: 0 gram
  • Omega-6: 15,56 gram
  • Lemak trans: 0 gram

Sekarang, mari kita simak macam-macam manfaat kacang tanah berikut.


Manfaat Kacang Tanah


1. Dapat Membantu Menurunkan Berat Badan

Studi menunjukkan bahwa mengganti kacang sebagai camilan dalam jumlah kecil membantu menurunkan berat badan, karena kacang tanah merupakan salah satu sumber makanan berprotein tinggi.

Satu porsi 100 gram mengandung 25,8 gram protein, yang merupakan sekitar setengah dari kebutuhan protein harian kita. Kacang tanah juga merupakan sumber protein yang bermanfaat, terutama bagi vegetarian karena mereka umumnya tidak dapat mengonsumsi sejumlah pilihan sumber protein. 

Protein sangat penting untuk perbaikan sel di dalam tubuh, sehingga kita harus tetap mengonsumsi protenin dan dengan menonsumsi kacang tanah, untuk kamu yang vegan atau vegetarian, kamu bisa mengonsumsi kacang sebagai pengganti protein hewani.

Baca juga: Rekomendasi Buah untuk Diet yang Efektif

2. Baik untuk Kesehatan Jantung

Berbeda dengan mitos yang sering kita dengar bahwa kacang tanah menyebabkan kenaikan berat badan dan yang tidak baik untuk kesehatan jantung, kacang tanah justru sebaliknya. Kacang tanah kaya akan lemak tak jenuh tunggal yang membantu agar jantung tetap sehat. 

Sebuah studi yang berfokus pada 22 subjek mengindikasikan bahwa diet yang kaya akan kacang tanah dan selai kacang mengurangi risiko penyakit jantung kardiovaskular hingga hampir 2% bila dibandingkan dengan diet rata-rata orang Amerika di mana seseorang mengkonsumsi setidaknya 3600 kalori setiap harinya. Jadi, kamu bisa mengonsumsi kacang tanah untuk membantu jantungmu agar selalu sehat.


3. Baik untuk Kesehatan Rambut, Kuku dan Kulit

Kacang tanah adalah sumber biotin yang merupakan vitamin yang larut dalam air dan merupakan bagian dari keluarga vitamin B. Tubuh membutuhkan biotin untuk mengubah vitamin dan mineral tertentu menjadi energi untuk menjalankan aktivitas sehari-hari. Biotin juga penting untuk menjaga kesehatan rambut, kuku, dan kulit Anda. Ini juga penting bagi wanita selama kehamilan. Siapa sangka mengonsumsi kacang tanah dapat mempercantik dirimu?

Baca juga: Rekomendasi Buah yang Tinggi Zat Besi buat Penderita Darah Rendah

4. Mencegah Penyakit Batu Empedu

Sebuah studi dari Nurses' Health Study menunjukkan lebih dari 80.000 wanita yang mengonsumsi setidaknya 1 ons kacang tanah atau selai kacang setiap minggunya memiliki risiko 25% lebih rendah terkena penyakit batu empedu. Kacang tanah dapat membantu mengatasi penyakit batu empedu karena sebagian besar batu empedu terdiri dari kolesterol, dan kacang tanah membantu menurunkan kadar kolesterol tersebut.

Untuk itu, kamu bisa mencoba menambahkan kacang tanah ke makanan sehari-harimu. Caranya cukup mudah dan sederhana. Kamu dapat memasukkan kacang tanah ke dalam salad, sebagai camilan atau dalam bentuk saus untuk meracik makanan seperti pesto untuk pasta. 


5. Mengurangi Risiko Stroke

Kacang juga mengandung resveratrol yang dapat membantu mengurangi risiko penyakit stroke. Dalam studi yang dilakukan pada hewan, yang diterbitkan dalam Jurnal Pertanian dan Kimia Pangan, resveratrol telah terbukti dapat meningkatkan aliran darah ke otak sebanyak 30% lebih banyak, sehingga menurunkan risiko penyakit stroke.


6. Dapat Membantu Mengencangkan Kulit

Kacang tanah dikenal dengan kandungan vitamin E-nya, magnesium dan seng yang juga dibutuhkan dalam regenerasi sel kulit. Maka kacang tanah juga baik dikonsumsi untuk menjaga kekencangan kulit dan membuat wajah lebih bercahaya.

Baca juga: Ini Kandungan dan Manfaat Lengkap Jamur Enoki yang Bisa Bantu Cegah Kanker

Itu dia kandungan nutrisi lengkap dan ragam manfaat kacang tanah. Nah, sekarang sudah tidak ragu lagi kan untuk mengonsumsi kacang tanah setelah melihat bermacam-macam manfaatnya? Kamu pun tidak perlu bingung untuk memasukkan kacang ke dalam makanan sehari-harimu karena sangat mudah, seperti yang sudah dibahas diatas yaitu dengan menaruhnya di salad, menjadikannya sebagai saus, atau untuk hidangan lainnya.

Sudah siap sehat dengan mengonsumsi kacang tanah? Sekarang belanja-belanja kacang tanah buat masakan harian lebih mudah dari aplikasi belanja sembako online Chilibeli, bisa juga bergabung jadi Mitra Chilibeli untuk mendapatkan pemasukan ekstra, lho!