7 Manfaat Gula Aren yang Enggak Cuma Memaniskan

7 Manfaat Gula Aren yang Enggak Cuma Memaniskan

Sudah menjadi pengetahuan umum kalau gula digunakan sebagai pemanis makanan dan minuman. Gula sendiri ada banyak jenis, di antaranya adalah gula pasir, gula batu, gula jawa, dan gula aren.

Tentu kamu familiar dengan minuman boba, yang cukup umum menggunakan karamel dari gula aren yang memberi tampilan menarik selain rasa manis yang legit.

Buat yang belum tahu, gula aren memiliki sederetan manfaat yang sangat direkomendasikan buat dikonsumsi, selama tidak berlebihan tentunya. Nah, kamu akan mengetahui kandungan dan sekian manfaat dari gula aren di artikel ini, simak ya.

 

Kandungan dan Manfaat Gula Aren untuk Kesehatan

Gula aren adalah pemanis alami yang diekstrak dari endapan air pohon nira yang kemudian dicetak menggunakan potongan bambu atau cetakan berbentuk silinder.

Beberapa kandungan yang penting diketahui dalam gula aren antara lain adalah karbohidrat, protein, serat, kalsium, zat besi, vitamin B3, dan vitamin C; yang memberikan kebaikan untuk tubuh buat kamu yang mengonsumsinya.

Lalu, apa saja sih manfaat gula aren?

 

1. Meningkatkan daya tahan tubuh

Kandungan vitamin C dari gula aren memberikan manfaat berupa peningkatan daya tahan tubuh. Terutama di waktu pandemi, tiap konsumsi vitamin C bisa memberi pertahanan ekstra untuk menjalani hari.


Baca juga: Manfaat Minyak Zaitun untuk Kesehatan dan Kecantikan


2. Bantu jaga kadar kolesterol

Buat kamu yang khawatir tiap kali mengonsumsi makanan karena kolesterol, tidak perlu takut mengonsumsi gula aren atau makanan/minuman yang mengandung gula aren.

Kandungan vitamin B3 (niasin) memberikan manfaat untuk meningkatkan “kolesterol baik” atau High-Density Lipoprotein (HDL) yang bertugas untuk menjaga kadar Low-Density Lipoprotein (LDL) dalam darah.

 

3. Mencegah kanker

Kandungan vitamin C terbukti secara klinis bisa mencegah kanker. Berdasarkan kandungan vitamin C di gula aren yang sudah dijelaskan di atas, kamu bisa memercayakan gula aren untuk membantu gaya hidup sehatmu jauh dari kanker.

 

4. Mengatasi anemia

Gula aren memiliki kandungan zat besi yang bisa membantu mengurangi dampak anemia pada tubuh.

Tentunya kamu yang memiliki anemia sering terganggu ketika beraktivitas, bukan? Nah, untuk membantu mengatasi anemia seperti mata kunang-kunang, kamu bisa mulai rutin mengonsumsi gula aren.

 

Baca juga: Perbedaan Telur Ayam Infertil dan Telur Ayam Biasa


5. Merawat kulit

Gula aren memiliki kandungan antioksidan yang merupakan senyawa untuk mengatasi radikal bebas, dengan dampak yang juga bermanfaat langsung ke kulit.

Dengan mengonsumsi gula aren, maka secara otomatis kamu juga sudah melakukan perawatan kulit dari dalam, lho.

 

6. Melancarkan pencernaan

Pernah sembelit? Mungkin kamu kurang mengonsumsi makanan mengandung serat. Nah, jika kamu mengonsumsi makanan atau minuman dengan gula aren, pencernaan kamu akan terbantu karena gula aren memiliki kandungan serat yang tinggi.

 

7. Membantu obati sariawan

Tentu kita bisa sepakat kalau sariawan, baik itu di bibir atau gusi, cukup menyebalkan karena menyulitkan kita makan.

Kandungan vitamin C yang tinggi pada gula aren bisa membantu menyembuhkan sariawan secara alami dan cepat, jika diimbangi dengan gaya hidup yang sesuai.

 

Baca juga: Kandungan dan Manfaat Buah Salak untuk Atasi Diare


Itulah tadi kandungan dan manfaat dari gula aren yang penting kamu ketahui. Jika ada yang tidak menyukai gula aren, mungkin saatnya kamu mengubah pandangan terhadap penyedap tinggi antioksidan ini.

Buat yang mau berbelanja gula aren, enggak perlu keluar rumah karena kamu bisa belanja dari aplikasi Chilibeli. Selain belanja mudah, rezeki juga bisa bertambah lewat program Mitra Chilibeli yang pasti untung!