Manfaat Air Beras untuk Kecantikan Wajah

Manfaat Air Beras untuk Kecantikan Wajah

Pernahkah terpikir olehmu saat kamu membilas beras sebelum dimasak bahwa air beras memiliki banyak kegunaan dan manfaat untuk kecantikan wajah?

Air beras atau air yang tersisa setelah saat kamu membilas beras telah lama atau lebih tepatnya sudah dipercaya oleh orang Jepang lebih dari 1,000 tahun yang lalu memiliki manfaat untuk kecantikan wajah atau untuk perawatan kulit. Selain banyak manfaatnya, tentu air beras adalah sesuatu yang bisa kamu dapat dengan mudah dan murah, terlebih untuk kamu yang memasak nasi setiap harinya.


Manfaat Air Beras untuk Kecantikan Wajah

Kini untuk membeli beras pun kamu tidak perlu repot untuk pergi ke supermarket ataupun pasar karena kamu bisa mendapatkannya dari aplikasi belanja onlineAplikasi belanja online Chilibeli menawarkan banyak pilihan kebutuhan makanan sehari-hari yang bisa kamu pesan secara online. Selain itu, kamu pun bisa menjadi Mitra Chilibeli sebagai reseller dan mendapatkan banyak keuntungan, salah satunya adalah mendapat mendapatkan penghasilan ekstra untuk tambahan uang belanja. Menarik sekali, bukan?

Untuk manfaat air beras bagi kecantikan, berikut selengkapnya.


1. Dapat Menyamarkan Noda Hitam

Penggunaan air beras dapat membantu menyamarkan noda hitam atau untuk mencerahkan kulit. Faktanya, banyak produk komersial termasuk sabun, toner, dan krim yang bisa kamu jumpai di toko-toko mengandung air beras.

Kandungan yang ada di dalam air beras tersebut yang dapat membantu mencerahkan kulit jika kamu gunakan secara terus-menerus. Jadi jika kamu mau menggunakan produk yang natural, kamu bisa coba air beras daripada membeli produk kecantikan di toko.

10 Manfaat Buah Naga, Wajib Konsumsi Rutin!

2. Membantu Mengatasi Kulit Iritasi

Sebuah studi tahun 2002 menemukan bahwa pasien dengan dermatitis atopik atau kulit iritasi yang mandi air beras dua kali sehari mengalami peningkatan 20% dalam penyembuhan kulitnya, termasuk kulit wajah.

Jadi jika kulit sedang teriritasi, cobalah mandi atau cuci muka dengan air beras. Cukup tambahkan 1-2 gelas air beras yang dicampurkan dengan air biasa dan kamu pun akan melihat hasilnya!


3. Sebagai Pembersih Wajah

Gunakan air beras sebagai alternatif pembersih wajah. Manfaat air beras sebagai pembersih wajah adalah untuk meremajakan kulit dan membuat kulit tetap halus dan cerah. 

Kamu hanya perlu tuangkan air beras ke kapas. Setelah itu, usap perlahan ke wajah dan pijat wajah dengan lembut selama dua menit dan biarkan sedikit mengering seperti sedang menggunakan masker. Penggunaannya yang teratur membuat wajah kenyal, lembut, kencang dan tampak lebih bercahaya.

Perbedaan Tepung Terigu, Tapioka, dan Maizena | Jangan Salah Paham!

4. Membantu Mengontrol Minyak Berlebih pada Wajah

Bagi kamu orang-orang yang memiliki kulit berminya, air beras bisa menjadi sahabat barumu. Air beras dapat membantu mengontrol produksi sebum atau minyak pada wajah karena kandungan patinya yang tinggi. 

Gunakan air beras sebagai toner untuk mendapatkan manfaatnya untuk mengontrol minyak berlebih pada wajah. Tapi ingat, jangan sampai wajahmu terlalu kering, jika wajah terlalu kering bisa memicu permasalahan kulit lainnya, alih-alih mengontrol minyak.


5. Dapat Membantu Menghilangkan Jerawat

Air beras dapat digunakan untuk menenangkan peradangan kulit, ruam dan segala macam masalah kulit termasuk menghilangkan jerawat secara alami.

Air beras membantu menyembuhkan jerawat dan menghilangkan jerawat, serta menenangkan kemerahan dari yang disebabkan oleh jerawat. Selain itu, air beras juga dapat membantu menyamarkan pori-pori yang bisa menjadi masalah untuk orang-orang yang memiliki kulit berjerawat dan berminyak.

Untuk menggunakan air beras untuk membantu menyembuhkan masalah kulit, celupkan kapas, atau waslap ke dalam air beras dan usapkan secara perlahan. Terus lakukan ini selama beberapa menit dan kemudian biarkan bagian yang diusap mengering dan basuh setelah beberapa menit. Lihat khasiatnya setelah menggunakannya secara seminggu dan rutin.

7 Tips Tetap Produktif Bekerja di Rumah

6. Membantu Meremajakan Kulit

Sebuah studi menemukan bahwa air beras mengandung sarat dengan antioksidan yang dapat menghambat aktivitas elastase (enzim yang merusak elastin). Dengan demikian, hal ini bisa membantu untuk tidak hilangnya elastisitas kulit dan baik untuk anti-aging atau peremajaan kulit yang pastinya diinginkan oleh kita semua.

Untuk mendapatkan air beras, kamu bisa menggunakan cara mudah berikut.


Cara Membuat Air Beras

  1. Ambil secangkir nasi (sekitar 100 g)
  2. Bilas cepat untuk membersihkannya
  3. Tuang tiga gelas air (sekitar 500 ml hingga 700 ml) ke dalam mangkuk
  4. Rendam beras dalam air selama 30 menit
  5. Aduk lembut beras
  6. Saring beras dan ambil airnya, taruh di dalam botol.
  7. Masukkan ke dalam kulkas atau bisa langsung digunakan.

Kamu bisa menyimpan air beras di lemari es selama seminggu. Setelah periode ini, kamu harus membuat air beras yang baru agar tetap fresh.


Itu dia manfaat air beras untuk kecantikan wajah sekaligus cara membuatnya yang mudah. Apakah kamu sudah menggunakan air beras di dalam skincare routine-mu? Kalau belum, yuk segera coba dan dapatkan manfaatnya dengan bahan yang mudah dan relatif murah ini untuk wajah yang sehat dan bercahaya.