Kandungan, Manfaat, dan Olahan Daun Mint | Detoks Tubuh dengan Ampuh!

Kandungan, Manfaat, dan Olahan Daun Mint | Detoks Tubuh dengan Ampuh!

Sering menemukan daun mint sebagai hiasan minuman atau untuk perasa minuman dingin? Daun mint telah banyak digunakan sebagai bahan berbagai macam produk, serta dijadikan bumbu atau hiasan makanan. Namun tahukah kamu ternyata daun mint banyak manfaatnya? Ternyata daun mint sering digunakan sebagai bahan obat-obatan herbal.

Kini untuk mendapatkan daun mint pun lebih mudah dengan adanya aplikasi belanja online. Aplikasi belanja online Chilibeli memudahkanmu untuk mendapatkan daun mint dan bahan-bahan makanan lainnya melalui satu aplikasi yang mudah. Selain itu, kamu pun bisa bergabung menjadi Mitra Chilibeli sebagai reseller dan mendapatkan banyak keuntungan.

Nah, untuk mengetahui tentang daun mint lebih lanjut, berikut manfaat daun mint, kandungan dan olahan daun mint yang bisa kamu coba di rumah.


Kandungan Daun Mint

Daun mint mengandung antioksidan kuat dan banyak nutrisi. Kandungan nutrisi dalam dua sendok makan daun peppermint berisikan:

  1. 2 kalori
  2. 0,48 gram karbohidrat
  3. 0,03 gram lemak
  4. 0,12 gram protein
  5. 0,30 gram serat


Daun mint juga mengandung kalium, magnesium, vitamin C, vitamin A, kalsium, fosfor, dan zat besi. Sementara, sekitar 14 gram daun mint mengandung:

  1. 6 kalori
  2. 1 gram serat
  3. 9% zat besi
  4. 8% mangan
  5. 4% folat
  6. 12% vitamin A


Baca juga: Ini Jenis-jenis Beras yang Umum Tersedia dan Cara Membedakannya


Manfaat Daun Mint

Daun mint yang selama ini biasa kita ketahui sebagai pelengkap atau garnish hidangan dan minuman, ternyata punya segudang manfaat untuk kesehatan tubuh, lho. Apa saja ya? Berikut manfaat daun mint yang sebaiknya kamu tahu:


1. Baik untuk Kesehatan Mata

Daun yang memiliki aroma yang khas dan menyegarkan ini dapat dijadikan obat dan dapat mengatasi penglihatan mata karena kaya akan vitamin A. Kandungan vitamin yang tinggi nutrisi yang dibutuhkan mata dapat mengatasi permasalahan mata atau mencegah mata minus. 

Tambahkan beberapa varian seperti wortel atau tomat pada minuman daun mint. Perhatikan kesehatan mata dengan daun mint.


2. Dapat Mengobati Asma

Konsumsi mint juga dikaitkan dengan membawa efek menenangkan bagi pasien asma. Mint penuh dengan sifat anti-inflamasi. Hal ini adalah pelemas yang baik dan mengurangi pernafasan yang berat disebabkan oleh asma. Namun, pastikan kamu tidak menggunakan daun mint secara berlebihan, karena itu dapat mengiritasi saluran pernafasan jika terlalu banyak.


3. Dapat Mengobati Sakit Flu Ringan

Sakit flu sangatlah tidak nyaman, menjadikanmu sulit untuk fokus dan bernafas. Coba daun mint. Ya, ada alasan mengapa banyak obat dan inhaler terbuat dari daun mint atau mengandung daun mint. Mint dikenal untuk membersihkan hidung tersumbat, tenggorokan, bronkus, dan paru-paru. Selain saluran pernapasan, sifat anti-inflamasi mint juga meredakan iritasi yang disebabkan oleh batuk kronis.


4. Dapat Menyembuhkan Sakit Kepala

Siapa sangka daun mint juga dapat membantu menyembuhkan sakit kepala? Aroma mint yang kuat dan menyegarkan dapat membantu meringankan sakit kepala. Balsem dengan bahan dasar mint atau minyak berbahan dasar mint ketika digosokkan pada dahi dan hidung, efektif dalam menyembuhkan sakit kepala dan mual.


5. Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut

Seperti yang kita tahu, hampir semua pasta gigi mengandung mint untuk menyegarkan mulut. Mengunyah tablet mint atau daun mint dapat membantu menyegarkan napas secara instan. Hal ini juga sangat membantu kesehatan mulut kita secara keseluruhan. Mengunyah mint dapat menghambat pertumbuhan bakteri di dalam mulut dan membersihkan endapan plak pada gigi. Ini adalah alasan mengapa begitu banyak pasta gigi di pasaran mengandung mint.


6. Membantu Menurunkan Berat Badan

Mint juga bisa memainkan peran dalam penurunan berat badan, dan alasannya terkait dengan sifat pencernaannya. Mint merangsang enzim pencernaan, yang membantu memfasilitasi penyerapan nutrisi yang lebih baik dari makanan. Ketika tubuh mampu mengasimilasi dan menyerap nutrisi dengan baik, maka terjadilah metabolisme yang lebih baik. Metabolisme yang baik lebih cepat membantu penurunan berat badan.


7. Untuk Perawatan Kulit

Mint adalah obat tradisional untuk mengobati jerawat karena mint memiliki sifat anti-inflamasi dan anti-bakteri yang manjur pada kulit yang rentan berjerawat. Daun mint mengandung asam salisilat yang tinggi, yang juga sangat baik dalam memerangi jerawat. Air yang diperoleh dari perasan mint berfungsi sebagai pembersih kulit yang efektif. Kuantitas antioksidan yang tinggi juga membantu mencegah aktivitas radikal bebas, memberikan kulit lebih cerah dan awet muda. 

Kamu bisa menggunakan mint dalam bentuk masker wajah juga. Campurkan daun mint yang sudah dihancurkan dengan madu. Oleskan pada kulit dan biarkan selama 20 menit. Cuci bersih dengan air hangat.


Baca juga: Kandungan dan Manfaat Ubi Jalar; Menyehatkan Mata, Menjaga Imun


Cara Mengolah Daun Mint

infused water daun mint

Minuman detox cocok untuk melancarkan buang air besar dan membersihkan usus. Untuk mengonsumsi daun mint, kamu bisa mencoba olahan minuman mint untuk detox tubuh berikut ini.


Bahan yang dibutuhkan:

  1. 2 ruas jari jahe
  2. 1 lemon
  3. Daun mint (secukupnya)
  4. 800 ml air hangat
  5. 2 sdm madu


Cara membuat minuman mint untuk detox tubuh:

  1. Kupas jahe, potong lemon tipis-tipis.
  2. Blender potongan jahe dengan sedikit air dingin, kemudian tambahkan air hangat, disaring.
  3. Remas-remas daun mint dan campurkan dengan air, lalu disaring.
  4. Terakhir, campurkan air jahe, air remasan daun mint, lemon, dan madu.


Baca juga: Resep dan Cara Membuat Infused Water yang Mudah, Murah, dan Sehat


Itu dia manfaat, kandungan dan olahan daun mint yang penuh dengan berbagai khasiat yang bisa kamu coba di rumah. Memenuhi beragam kebutuhan rumah seperti sayur, buah, dan sembako bisa di aplikasi belanja online Chilibeli, lho; tidak hanya mudah berbelanja, tapi juga kesempatan untuk mendapat penghasilan ekstra tiap bulannya dengan bergabung menjadi Mitra Chilibeli. Tertarik?