7 Jenis Diet Mudah dan Efektif yang Bisa Kamu Coba

7 Jenis Diet Mudah dan Efektif yang Bisa Kamu Coba

Mungkin kamu merupakan orang yang merasa tubuh yang dimiliki sekarang kurang ideal. Entah itu kelebihan berat badan atau malah terlalu langsing, bentuk tubuh sering jadi faktor yang memengaruhi mood setiap orang. Untuk itu, kamu bisa memilih jenis diet untuk mendapatkan tubuh ideal tersebut.

Diingatkan kembali, diet bukanlah mengurangi porsi makan yang efeknya malah bikin kamu sakit. Diet yang tepat seharusnya mengatur pola makan. Hal ini menyangkut pilihan dan jumlah nutrisinya, serta waktu menyantap makanan tersebut.

Untuk membuatnya lebih sempurna, kamu tetap harus mengimbanginya dengan olahraga dan istirahat yang cukup. Dengan begitu, apa pun jenis diet yang dijalankan akan mendapatkan hasil yang maksimal.


Berbagai Jenis Diet yang Mudah Dijalankan

Diet bukanlah sesuatu yang menyeramkan. Kamu bisa menjalaninya dengan santai layaknya menyantap makanan sehari-hari. Simak pilihan diet yang mudah dilakukan oleh siapa pun, termasuk kamu.


1. Diet OCD (Obsessive Corbuzier’s Diet)

Jenis diet yang satu ini sempat sangat populer pada 2013 silam. Kala itu, Deddy Corbuzier menerapkan dengan mengatur waktu makan. Kamu bisa memulai dengan makan setiap 4, 6, atau 8 jam sekali tanpa terikat pada waktu makan orang normal.

Jenis makanan yang boleh dikonsumsi pun sangatlah bebas. Setelah itu, kamu hanya boleh minum air putih di antara waktu-waktu makan tersebut. Deddy mengombinasikannya dengan olahraga yang sedikit keras.

Hasil dari menjalankan ini berbulan-bulan, Deddy berhasil menurunkan berat badannya cukup signifikan. Terlebih lagi, massa ototnya berkembang lebih cepat karena pembakaran makanan cepat dari waktu makan tersebut.


Baca juga: Rekomendasi Buah untuk Diet yang Lebih Efektif


2. Diet Ketogenik

Diet yang satu ini mengatur kadar nutrisi dari makanan yang dikonsumsinya. Diet ketogenik memperbanyak asupan lemak dan menurunkan karbohidrat serta protein dalam setiap menu makanannya. Lemak ini inilah yang akan digunakan sebagai energi dalam tubuh.

Diet ini juga disarankan untuk anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhan. Mereka disarankan untuk menyantap daging, telur, ikan tuna, udang, bahkan es krim. Santapan ini diselingi dengan buah-buahan di antara waktu makannya.

Awalnya diet ini diperuntukkan untuk para penderita epilepsi. Namun, ketogenik semakin berkembang untuk mereka yang mencari tubuh ideal, khususnya mereka yang kelebihan berat badan.


3. Diet Nasi Putih

Salah satu diet termudah yang bisa dilakukan adalah diet nasi putih. Seperti yang kita tahu, nasi putih adalah makanan pokok orang Indonesia. Sayangya, kandungan kalori dan gula yang ada dalam nasi putih sangat tinggi.

Diet nasi putih biasanya dilakukan oleh para atlet profesional atau mereka yang menderita penyakit diabetes. Mereka mengganti nasi putih dengan kentang, jagung, atau pasta untuk tetap mendapatkan asupan karbohidrat.

Bukan hanya mengurangi asupan nasi putih. Jenis diet yang satu ini harus dijalankan dengan mengurangi asupan gula pada minuman dan makanan manis lainnya.


4. Diet Plain

Masih banyak orang yang belum sadar kalau gula dan garam yang membuat rasa itu malah bahan yang membuat berat badan naik. Karena alasan itu juga, diet plain atau diet tawar ini muncul. Kamu cukup menghilangkan gula dan garam pada setiap masakannya.

Bukan hanya itu, cara mengolah makanan dalam diet ini juga harus direbus atau dikukus. Namun, bukan berarti kamu hanya makan sayur rebus saja. Gunakan tomat untuk menambahkan rasa manis pada makanan kamu.


Baca juga: 7 Makanan Tinggi Protein untuk Kamu yang Sedang Diet


5. Diet Ketofastosis

Diet yang satu ini juga sangat populer di kalangan masyarakat. Kamu hanya perlu menghindari makanan yang mengandung karbohidrat. Sebagai gantinya, kamu hanya perlu menyantap makanan yang mengandung lemak dan protein tinggi.

Dalam kurun waktu 6 – 12 jam, tubuh akan mengalami fase ketosis atau tidak mendapatkan asupan karbohidrat. Setelah itu, tubuh akan otomatis membakar lemak untuk diubah menjadi energi.

Biasanya, diet ini menyarankan kamu untuk menyantap daging ayam, sapi, ikan, keju, telur, dan berbagai makanan berlemak lainnya. Malahan, diet ketofastosis tidak menyarankan menyantap sayuran.


6. Diet Mayo

Diet mayo sudah terkenal sejak puluhan tahun lalu dan sudah dibuktikan oleh banyak selebriti. Kamu hanya perlu mengonsumsi makanan tanpa garam selama tiga belas hari berturut-turut. Porsi nutrisinya pun perlu seimbang antara karbohidrat, lemak, dan proteinnya.

Untuk menyempurnakan diet mayo, kamu perlu melakukan olahraga secara rutin. Tidak perlu yang terlalu berat, cukup jalan kaki atau naik turun tangga setiap harinya. Bisa juga lakukan peregangan ringan sebelum dan sesudah bangun tidur.


7. Diet 5:2

Diet yang satu ini cukup unik, tapi sangat efektif. Diet 5:2 disarankan oleh para pakar kesehatan untuk mencegah penyakit Alzheimer dan Demensia, serta meningkatkan fungsi kognitif pada otak. Enaknya lagi, tidak ada pantangan dalam menjalankannya.

Kamu bisa menyantap makanan apa pun selama lima hari, tapi tetap disarankan menghindari junk food, ya. Setelahnya, kamu harus berpuasa selama dua hari berturut-turut serta menjaga makan saat sahur dan berbuka. Diet yang satu ini dipercaya juga bisa meluruhkan racun dalam tubuh dan mengeluarkannya bersama kotoran.


Baca juga: Tips Mengecilkan Perut Jadi Ramping Tanpa Pusing


Itu dia berbagai macam diet mudah yang bisa dilakukan oleh siapa pun. Namun harus diingat, mau melakukan diet apa pun, makanan yang kamu santap haruslah sehat untuk mencegah penyakit berbahaya.

Kamu bisa membeli bahan makanan sehat dan segar dari aplikasi belanja online Chilibeli untuk menunjang diet kamu. Bukan hanya itu, kamu pun bisa bergabung menjadi Mitra Chilibeli dan ikut berjualan bahan makanan sehat ke orang lain.