7 Ide Bisnis Makanan Ringan yang Bisa Kamu Coba di Rumah

7 Ide Bisnis Makanan Ringan yang Bisa Kamu Coba di Rumah

Makanan ringan merupakan kudapan yang bisa disantap oleh siapa pun, di mana pun, dan kapan pun. Tak heran bisnis makanan ringan pun sangat moncer di Indonesia. Apa pun ide bisnis makanan ringannya, masyarakat Indonesia selalu tergiur untuk mencicipinya.

Melihat tren yang sangat menarik ini, kamu pun bisa memulai bisnis makanan ringan dari hasil tangan sendiri. Enaknya lagi, kamu bisa membuatnya di rumah dari bahan-bahan yang dibeli secara online. Kesempatan sukses menjadi pedagang makanan ringan pun terbuka lebar.

Ide Bisnis Makanan Ringan yang Mudah Dilakukan


Manfaatkan saja dapur rumah dengan perlengkapan yang ada di sana. Tidak perlu khawatir dengan bahan-bahan dasarnya, kamu bisa membelinya langsung dari aplikasi belanja online, kok. Tinggal memesan keperluan untuk membuat makanan ringan dan bahannya pun akan langsung dikirim ke rumah.

Sebelum itu, pastikan dulu kamu tahu bisnis makanan ringan rumahan apa yang mau dijalankan. Bila masih bingung, coba cek beberapa ide bisnis makanan ringan di bawah ini. Mungkin saja satunya ada yang cocok dengan kamu.

1. Tahu Bakso Goreng/Kukus


usaha makanan ringan kriuk

Tahu bakso merupakan salah satu makanan yang bisa disantap dengan berbagai cara. Kamu bisa menjadikannya lauk dari menu nasi dan sayur untuk santapan harian. Bisa juga langsung dimakan langsung dengan sambal sebagai teman minum kopi atau teh.

Dilihat dari bahan bakunya, tahu dan daging sangatlah mudah didapatkan setiap hari. Selain itu, memulai bisnis tahu bakso goreng atau kukus juga tidak terlalu makan banyak modal. Bila buatan kamu lezat menurut orang-orang dekat, kamu bisa menjualnya dengan harga tinggi. Selain itu, kamu juga bisa mengolah salah satu bahannya menjadi bakso bakar yang sederhana dan enak.


Baca juga: 7 Sayuran yang Kaya Antioksidan untuk Menangkal Radikal Bebas

2. Singkong Keju Susu


usaha makanan paling laris saat ini

Kudapan singkong goreng sudah sangat biasa untuk sebagian besar masyarakat Indonesia. Kita bisa membelinya dari abang tukang gorengan atau warung kopi dengan harga yang sangat terjangkau. Karena dari sisi rasa tidak akan jauh berbeda, kamu perlu membuatnya unik.

Menambahkan keju dan krim kental manis pasti akan buat rasanya jadi lebih unik. Namun, kamu perlu memilih keju dan krim kental manis dengan kualitas baik juga. Buat juga pilihan menu cokelat mesis, stroberi, dan pedas manis.


3. Cireng Berbagai Isi


bisnis makanan online

Aci digoreng alias cireng juga banyak diminati oleh banyak orang, loh. Makanan khas Jawa Barat yang enak dicocol dengan sambal ini pun sudah banyak dimodifikasi oleh orang-orang sekarang ini. Kamu pun seharusnya tidak perlu ragu untuk menambahkan berbagai isi di dalam cirengnya.

Bila mau menu yang aman, masukkan keju lumer di dalam cireng. Dijamin, orang-orang akan menemukan sensasi lain saat memakan cireng yang masih hangat. Silakan juga bereksperimen dengan menambah isi ayam, daging cincang, tuna, daging asap, sosis, atau cokelat Nutela di dalamnya.


Baca juga: Tak Cuma Menyedapkan, Ini 7 Manfaat Bawang Merah Lainnya

4. Donat Kentang Rasa-rasa


cara membuat makanan ringan

Banyak orang yang mau kenyang cuma dengan makan makanan ringan saja. Karena itu, kamu perlu sebuah menu makanan yang mengenyangkan. BIla donat tepung tidak bisa melakukannya, donat kentang mungkin cocok untuk perut orang-orang Indonesia.

Kamu cukup mengganti bahan tepung roti dengan kentang saja, kok. Eksekusi lainnya bisa tetap sama seperti donat-donat pada umumnya. Kamu bisa menambahkan gula halus, cokelat meses, atau selai di atas donat.

Selain donat, kentang juga bisa diolah jadi bermacam makanan yang lezat, simak di sini ya.


5. Pisang Bakar


ide bisnis makanan ringan

Selain tumbuh sepanjang tahun, pisang di Indonesia banyak macamnya, loh. Kamu jadi tidak perlu takut kehabisan bahan baku untuk menjalankan bisnis makanan ringan. Sisanya tinggal buat menu unik dan pengemasan yang cantik saja.

Pisang bakar pun bisa dikreasikan dengan berbagai macam toping. Kamu bisa menambahkan cokelat, keju, meses, krim kental manis, selai stroberi, madu, dan sirup mapel. Supaya kamu dicintai oleh para pelanggan, jangan setengah-setengah dalam memberikan toping, ya!

Supaya kamu dicintai oleh para pelanggan, jangan setengah-setengah dalam memberikan toping, ya!


6. Roti Isi


10 ide bisnis makanan ringan

Untuk sebagian besar masyarakat Indonesia, roti isi masih jadi menu camilan di sela-sela waktu makan. Hal ini yang buat kamu bisa menjual roti dengan pilihan isi sepanjang hari, mulai dari pagi hingga malam. Kamu pun bisa membuat sendiri rotinya atau membeli roti tawar yang sudah dipotong-potong.

Untuk bisnis roti isi, kamu harus menyediakan menu manis dan asin karena masing-masing punya penggemar yang berbeda. Roti isi pisang cokelat dan keju cokelat bisa dibilang banyak penggemarnya. Untuk pilihan roti asin, kamu bisa pakai daging ayam, sapi, dan tuna di dalamnya.


Baca juga: Resep Camilan Sehat untuk Bisnis Makanan Ringan

7. Aneka Kerupuk


usaha makanan ringan rumahan

Kerupuk juga jadi elemen wajib dari kehidupan kuliner Indonesia. Ada berbagai pilihan menu makanan yang disempurnakan dengan keberadaan kerupuk di atasnya. Namun, kerupuk juga bisa jadi camilan renyah untuk dimakan langsung, loh.

Menjalankan bisnis kerupuk kemasan buatan sendiri pastinya jadi pilihan yang tepat. Kamu bisa membuat rasa orisinal kerupuk yang renyah. Bisa juga memberikan pilihan kerupuk pedas untuk memberikan sensasi lain dari makanan.

Itu dia tadi pilihan ide bisnis makanan ringan yang mudah untuk dilakukan oleh kamu dari rumah. Untuk yang mau memulainya sekarang, kamu bisa membeli bahan-bahan dasarnya dari aplikasi belanja online Chilibeli. Aplikasi ini menyediakan berbagai macam buah, sayur, dan kebutuhan rumah tangga lainnya berbagai agen dalam sebuah komunitas.

Kamu pun bisa bergabung menjadi Mitra Chilibeli untuk memudahkan orang sekitarmu berbelanja kebutuhan harian dan mendapatkan komisi dari penjualan. Nah, coba daftar dan bergabung menjadi MItra Chilibeli sekarang, yuk!