5 Ide Bisnis Kuliner Kekinian yang Banyak Diminati

5 Ide Bisnis Kuliner Kekinian yang Banyak Diminati

Mencoba memutar uang dan mencari keuntungan yang besar dengan menjalankan bisnis kuliner merupakan salah satu pilihan yang tepat. Mengingat pangan merupakan salah satu kebutuhan primer manusia, bisnis kuliner yang dijalankan akan menemukan sendiri pasarnya.

Untuk memulai menjalankan sebuah resto atau kafe, kamu perlu tahu dulu ide bisnis kuliner yang tepat untuk dijalani. Ada baiknya bertanya pada diri sendiri tentang makanan dan minuman favorit, perihal bahan baku kamu bisa coba belanja di aplikasi online Chilibeli, lho!

Bila kamu suka dengan menunya, dijamin akan senang juga dalam menjalankan bisnisnya. Untuk membantu kamu menentukan ide bisnis kuliner terbaik, silakan simak beberapa pilihan di bawah ini!


Ide Bisnis Kuliner yang Diminati Banyak Pembeli

Bila kamu ingin lebih sukses lagi menjalankan bisnis kuliner, buatlah semua menu unik yang berbeda dengan orang lain. Selain menu, tempat yang nyaman juga jadi daya tarik untuk orang datang dan membelinya. Nah, berikut ide-ide bisnis kuliner yang layak dicoba.


1. Kedai Kopi Susu


contoh usaha makanan ringan unik

Kopi susu mendadak jadi minuman wajib yang harus diseruput setiap harinya. Tak heran kedai kopi jadi sangat menjamur beberapa tahun ini. Bila mau ikut tren, membuat kedai atau kafe yang menyediakan kopi susu masih tentunya masih sangat menjanjikan.

Namun, kamu perlu beberapa modifikasi untuk membuat kedai kopi kamu jadi tempat nongkrongnya orang-orang. Satu hal yang paling penting adalah rasa dari kopi susu yang harus khas. Lalu, buat juga pilihan menu minuman yang beragam untuk mereka yang ternyata tidak doyan kopi.

Kalau memang mau jadi hub untuk berkumpulnya orang-orang, buat meja dan kursi yang nyaman, ya. Jangan lupa berikan menu makanan ringan untuk teman ngobrol ada rombongan yang datang. Jangan lupa pasang internet dengan kecepatan yang dahsyat.


Baca juga: 7 Ide Bisnis Makanan Ringan yang Bisa Kamu Coba di Rumah

2. Rice Bowl dengan Pilihan Menu Beragam


ide nama usaha kuliner

Sederhana, tapi banyak dicari orang. Kuncinya cuma nasi, lauk, dan saus khas penambah rasa. Ide bisnis kuliner ini sudah banyak dijalankan dewasa ini dan terbukti cukup banyak peminatnya.

Dari menu ini, kamu bisa mengasah kreativitas dengan pilihan lauk dan sausnya. Kamu bisa memilih lauk daging ayam, sapi, ikan, jamur, atau hanya sekadar kulit ayam goreng, loh. Pilihan saus pun bisa kamu buat lebih beragam, mulai dari saus barbeque, lada hitam, jamur creamy, dan pedas manis rica-rica.

Alih-alih menyediakan sebuah restoran luas dengan meja yang banyak, makanan ini lebih butuh kemasan antitumpah saat dibawa. Penggemar menu rice bowl akan lebih suka memesannya online atau melakukan take away saat datang ke restonya.


3. Burger Porsi Besar


ide usaha kuliner makanan kekinian

Sekarang bukan zamannya lagi makan burger untuk mengganjal perut lapar sebelum makan serius. Bisnis kuliner burger yang menawarkan porsi besar sudah jadi tren baru. Kamu harus menampilkan burger dengan daging juicy dan roti mengilap yang bikin air liur mengalir.

Lebih bagusnya lagi, buat menu paket dengan kentang sebagai side dish-nya. Kamu harus pastikan untuk bikin orang-orang yang makan burger itu kenyang hingga jam makan berikutnya. Bila berhasil melakukannya, ada kemungkinan besar dia akan kembali lagi hari-hari berikutnya.

Jangan lupa sediakan menu camilan lain untuk pilihan lebih beragam. Biasanya, orang-orang akan suka dengan kalamari dan ayam goreng potongan kecil sebagai teman ngobrol selama di restorannya.


Baca juga: Resep Makanan Ringan dari Buah | Gampang, Enak dan Sehat

4. Minuman Dingin Kekinian


bisnis makanan online

Indonesia merupakan negara tropis yang sangat panas. Tentunya, minuman dinginlah yang akan dicari setiap harinya. Jelas bukan minuman dingin biasa, kamu perlu membuatnya penuh warna, rasa, dan juga toping tambahan.

Kamu bisa memilih menu minuman manis dengan tambahan boba di dalamnya. Minat orang-orang akan minuman ini sedang sangat tinggi. Terlebih lagi, bisnis minuman kekinian ini pun tidak butuh tempat yang besar.

Selain itu, pilihan menu minuman teh dengan cream cheese di atasnya sedang banyak dicari. Namun, kamu harus membuat sebuah brand yang unik untuk menyaingi merek-merek yang sudah ada sekarang.


5. Menu Makanan Tradisional


ide usaha kuliner kreatif

Ada kalanya orang akan bosan mencoba makanan yang datang dari luar negeri atau makanan kreasi baru lainnya. Saat itu tiba, mereka akan mencari restoran yang menyediakan menu makanan khas Indonesia.

Bisa dibilang, bisnis ini paling aman untuk kamu lakukan sekarang. Pertama, bahan bakunya lebih mudah didapatkan. Kedua, kamu bisa menggunakan resep dari orang tua kamu tanpa perlu belajar dari tempat lain.

Kamu bisa memilih menu nasi rawon, tongseng kambing, gado-gado, sop buntut, dan masih banyak lainnya. Sebaiknya tetap mempertahankan rasa dibanding harus bereksperimen untuk menu makanan tradisional, ya. Orang-orang suka rasa khas dari makanan tersebut.


Baca juga: Tips Ampuh Promosi Bisnis Online dengan Media Sosial

Lima ide bisnis kuliner di atas jadi yang terdepan untuk kamu pilih dan jalankan sekarang. Tidak perlu khawatir dengan ketersediaan bahan bakunya. Kamu bisa membeli semua bahan, mulai dari sayur, daging, dan keperluan lainnya secara online.

Kunjungi aplikasi belanja online Chilibeli untuk berbelanja semua kebutuhan harian kamu dengan mudah, bebas ongkir!. Dapatkan juga keuntungan berupa pendapatan ekstra dengan menjadi Mitra Chilibeli. Segera bergabung menjadi Mitra Chilibeli di sini sekarang!