Ide Bisnis Jajanan Buka Puasa yang Mudah

Ide Bisnis Jajanan Buka Puasa yang Mudah

Selama bulan suci Ramadhan, umat Islam berpuasa selama satu bulan penuh. Setiap hari dari subuh hingga senja, tidak makan dan minum hingga waktu berbuka tiba.

Ketika tiba saatnya berbuka puasa, saat mendengar panggilan untuk shalat Maghrib, umat Islam berbuka puasa atau yang dikenal sebagai Iftar. Biasanya orang pertama mengambil minuman panas atau dingin dan makan makanan ringan untuk memungkinkan perut perlahan menyesuaikan diri dengan makanan lagi setelah berpantang lebih dari 12 jam, dan mengambil minuman manis untuk memasok energi. 

Di Indonesia sendiri banyak jajanan khas buka puasa yang mudah ditemukan, tetapi waktu Ramadhan ini juga bisa jadi waktu berbisnis untukmu. Kamu bisa coba membuat jajanan buka puasa yang mudah dan bisa kamu jual. 

Ide Bisnis Jajanan Buka Puasa

Kini berbelanja bahan makanan untuk bisnis jajanan buka puasa tidak lagi harus pergi ke pasar ataupun supermarket, kamu kini bisa membelinya melalui aplikasi belanja online Chilibeli. Dengan Chilibeli, tentunya kamu dimudahkan dan kamu bisa menghemat waktu. Selain itu, kamu juga bisa bergabung menjadi Mitra Chilibeli untuk menjadi reseller dan mendapatkan segudang keuntungan, seperti mendapatkan potongan harga dan mendapatkan komisi tentunya. Menarik, bukan?

Nah, untuk ide binsis jajanan buka puasa, langsung saja kita simak berikut ini.

1. Kolak

cara membuat kolak pisang sederhana

Kolak adalah hidangan pembuka yang sangat populer selama Ramadhan karena rasanya yang manis dan sangat dianjurkan untuk meningkatkan kadar gula darah setelah puasa berjam-jam. Ini adalah minuman yang terbuat dari santan, dicampur dengan gula aren, perasa vanila, daun pandan, dan diisi dengan irisan pisang, ubi dan labu pilihan. Selain sering ditemukan di rumah-rumah dan disajikan untuk buka puasa, kini saatnya kamu bisnis jajanan kolak sendiri!

7 Tips Mengurangi Bau Mulut Saat Berpuasa

2. Es Pisang Ijo

cara membuat es pisang ijo untuk jualan

Salah satu dari banyak minuman spesial Ramadhan adalah es yang satu ini, berasal dari Makassar di Sulawesi Selatan yaitu pisang ijo. Pisang hijau dibuat dari pisang yang dibungkus adonan tepung, yang telah diwarnai hijau. Disajikan dengan santan, sirup cocopandan dan es serut untuk membuat minuman ini semakin menyegarkan, cocok sekali untuk berbuka puasa.

3. Kicak

resep kicak enak jajanan puasa

Kicak adalah salah satu makanan paling khas yang hanya dapat kamu temukan selama bulan Ramadhan yang berasal dari kota Yogyakarta. Kicak terbuat dari beras ketan tumbuk, dicampur dengan kelapa parut dan nangka sebagai pelengkap. Rasa manis dan aroma nangka akan membangkitkan selermu, terutama ketika dibungkus dengan daun pisang. 

Nah, karena banyak peminatnya, kamu bisa membuatnya sendiri dan menjualnya, jadi siapapun yang sedang ingin berbuka puasa dengan kicak tidak perlu repot-repot harus membelinya dari Yogyakarta.

4. Klepon

resep klepon ubi

Kamu pasti tahu kue klepon dan kue ini adalah bagian dari masa kecil kebanyakan orang. Kenyal dengan gula merah cair di dalamnya, kue klepon berasal dari Jawa Timur. Ramadhan tentu belum lengkap tanpa ta’jil klepon yang manis dan menggugah selera ini. Pasti banyak sekali peminatnya.

Tetap Sehat di Bulan Ramadhan, Ini 5 Olahraga Ringan untuk Dilakukan Saat Berpuasa

5. Es Buah

resep es buah untuk jualan

Siapa yang tahan dengan segar dan manisnya es buah? Kesegaran es buah tentunya sangat menggugah selera dan sangat cocok untuk dijadikan ta’jil buka puasa. Dengan berbagai macam topping, kamu bisa kreasikan es buah sebagai ide bisnis jajanan buka puasa yang mudah dan bisa kamu coba. 

6. Kue Putu Mayang

kue putu mayang betawi

Kue Putu mayang adalah kue basah khas yang terbuat dari olahan tepung kanji atau tepung beras dengan tampilan seperti gulungan mie yang berwarna-warni hingga menarik para penyukanya. Supaya lebih nikmat, jajanan buka puasa ini dituang atau dibasahi dengan gula merah dan santan. Di beberapa tempat juga bahkan ditambah dengan taburan kelapa agar lebih gurih. Tentunya bahan-bahan ini mudah sekali didapatkan, jadi kamu bisa membuatnya dengan mudah, terlebih jika kamu memiliki aplikasi Chilibeli.

7. Kue Putu Bambu

cara membuat kue putu tanpa bambu

Siapa sangka kue yang pejualnya sering melewati rumahmu ini mudah sekali dibuatnya. Sesuai namanya, kue putu bambu menggunakan cetakan bambu saat membuatnya. Tapi jika tidak ada, kamu tetap bisa menggunakan cetakan dari bahan alumunium yang mudah sekali didapatkan di toko kue.

Jajanan khas nusantara ini terbuat dari tepung beras, gula merah, dan parutan kelapa. Terasa gurih dan manis, teksturnya seperti kue spons, sangat cocok untuk jajanan buka puasa.

7 Ide Resep Kue Lebaran Praktis dan Enak

Itu dia sederetan ide bisnis jajanan buka puasa yang mudah dan bisa kamu buat sendiri di rumah. Kini berbisnis lebih mudah karena banyaknya channel yang dapat membantumu membuat dan menjual. Kamu pun bisa berjualan secara online maupun offline dan mendapatkan lebih banyak potensi pembeli. Bagaimana, sudah siap bisnis jajanan buka puasa?