Apa Itu Quinoa? Ini Serba-serbi Quinoa yang Sebaiknya Kamu Tahu

Apa Itu Quinoa? Ini Serba-serbi Quinoa yang Sebaiknya Kamu Tahu

Sudah banyak orang yang menerapkan gaya hidup sehat di kesehariannya. Selain mengubah pola makan, orang-orang pun sudah memilih bahan makanan terbaik untuknya. Salah satu yang jadi favorit banyak orang adalah quinoa.

Bahan makanan yang satu ini diklaim punya kandungan nutrisi yang sangat baik untuk tubuh. Tak heran biji-bijian ini dipilih sebagai pengganti nasi setiap harinya. Sebelum kamu beralih ke bahan makanan ini, ada baiknya cari tahu fakta tentangnya di bawah ini!


Mengenal Quinoa

Kinoa atau quinoa sudah ada sejak ribuan tahun lalu. Tanaman ini berasal dari wilayah Amerika Latin, tepatnya negara Peru, Ekuador, Bolivia, dan Kolombia. Selang beberapa waktu, tanaman ini mulai dikembangkan di daratan Eropa dan Asia Barat.

Tanaman yang satu ini termasuk dalam genus goosefoot. Quinoa sudah banyak digunakan sebagai pengganti makanan pokok, seperti roti, kentang, dan nasi. Kandungan proteinnya lebih tinggi dua kali lipat dibandingkan nasi.

Biji-bijian ini semakin mudah ditemukan sekarang. Kamu bisa mendapatkannya di supermarket. Cara memasaknya pun mirip dengan membuat nasi. Biji quinoa dibilas hingga bersih, lalu direbus dengan perbandingan air 2 banding 1.

Rasa quinoa sangatlah hambar. Untuk itu, kamu perlu mencampurkannya dalam menu masakan lain atau sayur-mayur. Makanan ini juga bisa dijadikan camilan sehat yang membuat perut kenyang.


Baca juga: Kandungan dan Manfaat Bengkuang yang Sebaiknya Kamu Tahu


Kandungan Gizi Quinoa

Bahan makanan ini terkenal karena kandungan gizinya yang kaya. Quinoa bahkan disebut-sebut lebih baik dari nasi yang merupakan makanan pokok orang Indonesia. Berikut kandungan gizi yang ada di dalam quinoa:

  1. Karbohidrat
  2. Protein
  3. Lemak
  4. Kalori
  5. Serat
  6. Gula
  7. Mangan
  8. Magnesium
  9. Fosfor
  10. Zat besi
  11. Vitamin B
  12. Vitamin E

Bila dibandingkan dengan nasi, quinoa punya serat 2,5 kali lebih banyak. Kandungan ini yang digadang-gadang membuat biji-bijian ini lebih baik dibanding nasi. Selain itu, quinoa juga sangat rendah gula dan baik untuk mereka yang punya risiko diabetes tinggi.


Baca juga: Fakta dan Manfaat Beetroot (Buah Bit)


kandungan dan manfaat quinoa untuk kesehatan


Manfaat Quinoa untuk Kesehatan Tubuh

Quinoa disenangi karena punya banyak manfaat. Apa saja yang bisa dilakukan quinoa untuk tubuh kamu? Simak deretan manfaatnya di bawah ini!


1. Bantu menurunkan berat badan

Quinoa sering dipilih sebagai menu diet sehat untuk menurunkan berat badan. Jumlah karbohidrat yang terkandung di dalamnya lebih rendah dibandingkan nasi dan gandum. Selain itu, biji-bijian ini juga sangat tinggi serat yang baik untuk pencernaan.

Biarpun hanya sekelas biji-bijian, makanan ini juga tetap mengenyangkan. Biarpun makanan dalam jumlah yang lebih sedikit, kalori yang masuk ke dalam tubuh tetap sama dengan nasi. Jadi, kamu tetap punya energi untuk menjalani hari.


2. Penangkal radikal bebas

Kandungan penting yang ada di dalam quinoa adalah vitamin E yang berperan sebagai antioksidan di dalam tubuh. Zat ini penting untuk tubuh dalam menangkal radikal bebas yang kamu dapatkan setiap harinya. Selain polusi dan paparan sinar matahari, radikal bebas juga bisa masuk dalam tubuh lewat makanan.

Quinoa akan bantu melindungi tubuh dari penyakit-penyakit mematikan. Kandungannya akan menghambat tumbuhnya sel kanker. Terlebih lagi, organ-organ tubuh bagian dalam tubuh akan terlindungi dengan baik.


3. Menyehatkan jantung

Quinoa juga diklaim bisa menyehatkan aliran darah dan meningkatkan kerja jantung. Dalam sajian quinoa, terkandung omega-3 dan omega-6 yang bagus untuk jantung. Hal ini pun sudah dibuktikan dengan penelitian yang menyebutkan makanan ini mampu menurunkan penyakit kardiovaskular.

Makanan ini juga diklaim mampu mengurangi kadar kolesterol jahat di dalam tubuh. Pengaruhnya pun bisa menghilangkan plak yang ada di saluran darah untuk bisa melancarkan peredaran darah ke seluruh tubuh.


4. Mengatur gula darah

Berbeda dengan nasi yang punya kandungan gula yang tinggi, quinoa justru sebaliknya. Kandungan gula dalam makanan ini sangatlah rendah. Selain mencegah bertambahnya berat badan, mengonsumsi quinoa juga menurunkan risiko terkena diabetes.

Kandungan seratnya yang tinggi pun membuat saluran pencernaan dalam tubuh lebih baik. Kamu akan kenyang lebih lama dan menjaga kadar gula darah lebih terkontrol.


5. Mencegah osteoporosis

Keropos tulang bisa menyerang siapa saja. Untuk itu, kamu perlu menjaganya selagi muda. Mengonsumsi quinoa juga bisa menjaga kesehatan tulang hingga tua.

Kandungan mineral yang ada di dalamnya mampu berperang menguatkan tulang dan mencegah osteoporosis. Tulang kamu akan tetap kuat setelah usia 50 tahun dengan rutin mengonsumsi quinoa dari sekarang.


Baca juga: Kreasi Sambal Kecombrang yang Bikin Ketagihan, Wajib Coba!


Itu dia serba-serbi tentang quinoa yang sekarang sangat naik daun sebagai makanan sehat ini. Kamu bisa memulai gaya hidup sehat dengan belanja bahan baku buah, sayur, dan sembako berkualitas dari aplikasi belanja online Chilibeli.

Kamu pun bisa bergabung menjadi Mitra Chilibeli. Di sana, kamu bisa terdaftar menjadi reseller dan berjualan sayur dan buah-buahan segar untuk dapat uang saku tambahan. Menarik, bukan?