Apa Itu Lasagna? Ini Yang Perlu Kamu Tahu Tentang Pasta Ini

Apa Itu Lasagna? Ini Yang Perlu Kamu Tahu Tentang Pasta Ini

Selain pizza dan spaghetti aglio e olio, lasagna juga merupakan menu favorit saat datang ke restoran Italia. Saking terkenalnya, kamu pun akan mudah menemukan lasagna di berbagai tempat bahkan acara kumpul keluarga. Namun, apa kamu sudah benar-benar tahu fakta tentang makanan ini?

Lebih bagusnya memang kamu mengenal seluk-beluk sebuah makanan sebelum mencoba membuatnya. Informasi ini juga bisa kamu jadikan nilai lebih saat kamu ingin memulai bisnis makanan dengan menu lasagna di dalamnya.

Untuk mendalami tentang makanan Italia yang satu ini, mari simak beberapa fakta tentang lasagna di bawah ini!


Fakta Tentang Lasagna yang Perlu Kamu Tahu

Rasa gurih dan lezat dari lasagna juga menyimpan banyak cerita di dalamnya. Mari mulai mengenal lebih jauh tentang lasagna.


1. Sudah ada sejak lama

Ada banyak simpang siur tentang pertama kali lasagna diciptakan. Ada sumber yang menyebut bahwa lasagna berasal dari Yunani, bukan dari Romawi atau bangsa Italia. Bila merujuk pada sejarah ini, lasagna merupakan roti tipis tanpa ragi.

Ada lagi yang mengklaim bahwa lasagna merupakan santapan masyarakat Romawi kuno. Kata lasagna sendiri berasa dari kata “lasanum” yang berarti “panci”. Makanan ini kabarnya dibuat saat masyarakat Romawi Kuno kekurangan bahan makanan.

Ada juga yang berteori tentang masakan lasagna yang merupakan resep dari kerajaan Inggris. Resep tersebut muncul pada abad ke-14 dalam sebuah jurnal resep berbahasa Inggris. Namun, masyarakat modern sendiri sudah mengenal lasagna sebagai makanan khas Italia dan sudah tersebar ke seluruh dunia.

Belanja Buah dan Sayuran Online Lebih Mudah dan Murah

2. Termasuk kategori pasta

Masih banyak orang yang mengira lasagna merupakan kelompok lain di luar pasta. Tak heran, masyarakat Indonesia sendiri lebih mengenal spageti, fettucini, fusilli, penne, dan makaroni. Pasalnya, jenis-jenis ini yang lebih sering dijumpai di supermarket atau restoran-restoran di Indonesia.

Faktanya, lasagna merupakan bagian dari pasta walaupun punya bentuk datar dan lebar. Cara pengolahannya pun mirip dengan menu-menu pasta lainnya. Kamu akan menemukan resep lasagna dengan saus tomat, daging giling, dan keju.

Yap, ini juga jadi sebuah imbauan untuk kamu yang mau membuat restoran Italia dengan menu lasagna di dalamnya. Kamu harus memasukkan menu lasagna ke dalam pilihan pasta, ya!


3. Lasagna pertama tidak pakai saus tomat

Pasta dan saus tomat layaknya seperti saudara yang sulit dipisahkan. Banyak sajian pasta yang menggunakan bahan saus tomat sebagai bumbunya. Manisnya tomat memang jadi favorit kebanyakan masyarakat Italia.

Akan tetapi, tahukah kamu bahwa lasagna pertama malah tidak menggunakan saus tomat di dalamnya. Tambahan saus tomat merupakan modifikasi yang dipakai masyarakat Italia setelah lasagna mulai banyak disantap. Sekarang, kamu malah bisa menemukan lasagna dengan sejumlah modifikasi lain.

7 Makanan Tinggi Protein Buat yang Sedang Diet

4. Lasagna merupakan bentuk majemuk

Sebagian besar orang akan membuat lasagna dalam bentuk berlapis-lapis. Dengan kata lain, pasta yang digunakan pun akan lebih dari satu. Nama lasagna sendiri merupakan bentuk majemuk dari lasagne.

Untungnya, kamu bebas menentukan jumlah lapis dari lasagna yang mau dibuat. Mau dibuat tebal atau tipis, rasa gurih lasagna harus tetap lebih menonjol. Pastikan kamu lebih mementingkan rasa saat membuat lasagna, ya.


5. Tidak harus pakai daging

Lasagna masuk ke Indonesia dengan isian saus tomat dan daging giling layaknya pasta Bolognese. Semakin berkembangnya zaman, lasagna pun punya banyak modifikasi yang juga bisa kamu coba. Beberapa orang sudah menggunakan potongan daging ayam untuk isian lasagna dengan saus sambal yang lebih pedas untuk lidah Indonesia.

Kamu juga bisa membuat lasagna dengan isian sayuran, jamur, dan udang, loh. Sah-sah saja membuat kreasi sendiri untuk lasagna yang mau dikonsumsi, termasuk jenis keju yang digunakan di dalamnya. Malahan, kamu bisa punya lebih banyak variasi saat ingin menjualnya.

Jangan Dibuang! Ini Manfaat Kulit Manggis yang Perlu Kamu Tahu
Itu dia beberapa fakta tentang lasagna, makanan asal Italia yang juga cukup digemari masyarakat Indonesia. Sudah kepikiran untuk membuatnya sendiri di rumah? Kalau iya, beli semua bahannya menggunakan aplikasi Chilibeli.

Chilibeli menyediakan berbagai pilihan pasta, termasuk lasagna yang bisa langsung diolah menjadi menu lezat. Di samping itu, kamu pun bisa membeli daging sapi segar atau bahan isian lainnya untuk dimasukkan ke dalam lasagna.

Bukan hanya sekadar beli bahan untuk lasagna, kamu juga bisa menjadi Mitra Chilibeli dan mendapatkan banyak keuntungan. Sebagai mitra, kamu bisa mendapatkan uang tambahan dengan menjadi reseller dan terhubung dengan berbagai macam komunitas penjual sayur dan buah.

Selain itu, Chilibeli juga akan memberikan tambahan wawasan usaha untuk kamu yang mencoba berbisnis. Cara bergabungnya cukup mudah, kok. Kamu tinggal mendaftar jadi Mitra Chilibeli di sini. Nah, tunggu apa lagi?