Macam-macam Cara Mengolah Kulit Manggis

Macam-macam Cara Mengolah Kulit Manggis

Buah manggis adalah buah kecil dari Asia Tenggara yang sering disebut "Queen of Fruits" atau ratu dari segala buah. Buah dan kulit dari tanaman tropis ini telah digunakan selama berabad-abad untuk mengobati luka, infeksi, gangguan menstruasi hingga infeksi kulit dan untuk meningkatkan kekebalan tubuh karena kandungan nutrisi dan vitaminnya yang tinggi.

Kini membeli buah manggis dan buah-buahan lainnya bisa kamu dapatkan dari aplikasi belanja online Chilibeli. Dengan aplikasi belanja online Chilibeli, kamu bisa membeli semua kebutuhan buah-buahanmu setiap harinya hanya dari satu aplikasi. Selain itu, kamu juga bisa bergabung jadi Mitra Chilibeli untuk mendapatkan berbagai macam keuntungan seperti mendapatkan komisi sebagai reseller dan medapatkan potongan harga.


Cara Mengolah Kulit Manggis

Kulit manggis mengandung xanthone bioaktif yang dapat menetralkan radikal bebas di dalam tubuh kita, sehingga tubuh menjadi lebih bersih dari racun dan lebih sehat dari sebelumnya. Xanthone adalah bioflavonoid yang merupakan antioksidan, antibakteri, antitumor, antialergi, antiinflamasi, dan antihistamin. Senyawa xanthone untuk menangkal radikal bebas dan mencegah kerusakan sel yang menghambat proses degenerasi sel. Selain itu, kulit manggis dipercaya bisa mencegah sel kanker, cek faktanya di tautan ini. 

Nah, untuk mengonsumsi kulit manggis, berikut macam-macam cara mengolah kulit manggis yang bisa kamu coba.


1. Teh Kulit Manggis

Olahan kulit manggis yang pertama adalah dengan membuatnya menjadi teh kulit manggis. Membuat teh dengan kulit manggis sangat mudah. Kamu hanya perlu mencuci kulit manggis, kemudian potong kecil-kecil dan keringkan di bawah sinar matahari hingga kering.

Selanjutnya, kamu bisa membuatnya dengan air hangat dan mencampurnya dengan gula ataupun madu untuk pilihan yang lebih sehat, tanpa mengurangi khasiat dari kulit manggis tersebut.


2. Jus Kulit Manggis

Jika kamu tidak punya waktu untuk mengeringkan kulit manggis untuk dijadikan teh atau cuaca sedang musim hujan, kulit manggis pun bisa dibuat jus. Cukup dengan memotong kulit manggis kecil-kecil, lalu campurkan dengan sedikit air dan madu dalam blender. Jus kulit manggis pun langsung bisa kamu sajikan.

Khasiat jus kulit manggis antara lain adalah untuk memperlambat penuaan dini pada kulit. Tentu saja hal ini diinginkan semua orang karena pastinya kamu ingin selalu tampil awet muda dan segar. Jika kamu rajin mengonsumsi jus kulit manggis, kamu akan merasakan manfaatnya karena kulit akan lebih bersih dan terasa kencang.

Olahan Ayam Berkuah untuk Kehangatan di Kala Hujan

3. Ekstrak Bubuk Kulit Manggis

Sudah banyak yang menjual ekstrak bubuk kulit manggis, tapi membuatnya sendiri di rumah pun mudah. Caranya hanya dengan mencuci kulit manggis, kemudian memotongnya tipis-tipis lalu mengeringkannya.

Setelah kering, kamu bisa menumbuk atau diblender kering sampai menjadi bubuk. Kamu pun bisa menyimpannya sampai waktu yang cukup lama di dalam toples yang kedap udara, sehingga kamu bisa menggunakannya kapanpun kamu mau.

Untuk menikmatinya, kamu bisa menyeduh beberapa sendok teh ekstrak kulit manggis dengan air hangat dan campur sedikit madu atau gula.


4. Kulit Manggis Rebus

Cara yang paling mudah dan paling sering dilakukan adalah mengolah kulit manggis dengan merebusnya. Kamu cukup ambil segenggam kulit manggis kering dan rebus dengan air mendidih hingga air mendidih berubah warna menjadi lebih gelap. Setelah itu saring dan nikmati air kulit manggis dengan sedikit ditambahkan sedikit gula untuk perasa agar lebih manis.

Manfaat Tempe dan Kandungannya

5. Wedang Jahe Kulit Manggis

Selain cara-cara yang disebutkan di atas, pengolahan selanjutnya dibuat menjadi wedang jahe. Wedang jahe adalah hidangan minuman sari jahe tradisional dari daerah Jawa Tengah dan Timur yang disajikan hangat, cocok untuk di musim hujan atau saat tubuh sedang tidak fit.

Nah, untuk membat wedang jahe kulit manggis kamu hanya perlu menyiapkan kulit manggis segar lalu keruk kulitnya. Kemudian taruh kulit dagingnya ke dalam gelas dan diseduh dengan air panas atau bisa merebusnya sebentar dengan jahe, lalu nikmati wedang jahe kulit manggis ini dengan menambahkan sedikit madu.


6. Kulit Manggis Untuk Obat

Kulit manggis yang banyak khasiatnya ini tentu bisa jadi obat alternatif berbagai macam penyakit. Kamu bisa menggunakan kulit manggis segar untuk membuat tonikum untuk memulihkan atau menambah tenaga saat sedang tidak enak badan.

Caranya kamu hanya perlu mengambil kulit manggis segar dari buah yang sudah benar-benar matang, kemudian cuci dengan air hingga bersih. Kemudian rebus kulit manggis di dalam air mendidih selama 10 menit, lalu buang air rebusannya untuk menghilangkan getah dan tannin yang bisa membuat perut mulas, alih-alih menjadi obat.

Setelah direbus, masukkan kulit manggis ke dalam es batu selama 10 menit, kemudian blender tanpa campuran apapun. Saring dan peras airnya hingga kamu mendapatkan ekstrak dari kulit manggis tersebut. Simpan ekstrak kulit manggis di dalam wadah tertutup dan letakkan di dalam lemari es. Larutkan dalam air dan minum 2 sendok makan setiap hari untuk mendapatkan khasiatnya.

Cara Membuat Es Krim di Rumah | Simpel, Praktis, Enak
Itulah beberapa macam cara mengolah kulit manggis untuk mendapatkan berbagai macam khasiatnya. Ternyata kulit manggis benar-benar banyak manfaatnya ya! Olahan kulit manggis mana yang ingin kamu coba buat di rumah terlebih dahulu?