Ini Deretan Buah Penurun Kolesterol dan Kandungan Lengkapnya

Ini Deretan Buah Penurun Kolesterol dan Kandungan Lengkapnya

Penyakit kolesterol bisa muncul karena kita terlalu banyak makan makanan berlemak dan bersantan. Untuk itu, kamu harus mengurangi konsumsi makanan tersebut dan mencari alternatif makanan yang baik dikonsumsi penderita kolesterol. Kamu bisa mencoba berbagai buah penurun kolesterol di sela-sela waktu makan.

Ada berbagai buah yang mengandung serat, air, dan kandungan gizi untuk nenurunkan kadar kolesterol jahat. Serat-serat tersebut akan larut di dalam air dan mampu menurunkan kadar kolesterol hingga 10 persen.

Selain menurunkan low density lipoprotein (LDL) atau yang disebut kolesterol jahat, sejumlah buah juga akan meningkatkan high density lipoprotein (HDL). Dengan begitu, kamu bisa menurunkan risiko terkena penyakit jantung, stroke, dan hipertensi.


Baca juga: Tips Memasak untuk Penderita Diabetes


Jenis Buah yang Bisa Menurunkan Kolesterol

Buah merupakan makanan yang ajaib untuk tubuh. Kamu bisa memakannya setiap hari tanpa batasan takaran. Beberapa buah juga sangat mengenyangkan dan bisa buat kamu mengurangi porsi makan.

Memakan buah dan sayuran pada setiap waktu makan juga sangat baik untuk tubuh. Simak juga beberapa buah yang ternyata bisa menurunkan kolesterol di bawah ini:


1. Apel

apel untuk menurunkan kadar kolesterol

Apel merah punya nutrisi yang sangat kaya. Makanlah apel dengan kulitnya setelah dicuci bersih karena punya pektin yang larut dalam air. Serat ini akan bekerja untuk menyerap kolesterol dan lemak jahat dalam pencernaan.

Buah yang satu ini juga mengandung banyak vitamin dan antioksidan yang bagus untuk peradangan. Apel juga mampu mencegah kanker dan penyakit mematikan lainnya. Selain itu, makan buah yang satu ini juga akan membuat kamu lebih kenyang.


2. Pir

kandungan buah pir

Buah yang satu ini juga mengandung serat alami yang bagus untuk tubuh. Mengonsumsi satu buah pir sudah mampu mencukupi 16 persen kebutuhan serat harian. Di samping itu, buah pir ini juga mengandung banyak air dan sangat mengenyangkan.

Buah pir juga mengandung serat pektin yang bisa mengangkut kolesterol dari darah. Lalu, kolesterol jahat tersebut akan dikeluarkan bersama kotoran dari dalam tubuh.


3. Alpukat

manfaat buah alpukat untuk kolesterol

Alpukat sudah sering jadi campuran bahan pada menu sehat di seluruh dunia. Buah berwarna hijau ini memang mengandung lemak di setiap dagingnya. Namun, tenang saja karena kandungan itu adalah lemak tak jenuh tunggal yang bagus untuk kesehatan.

Selain itu, alpukat juga mampu mengontrol kadar gula darah dan mengurangi risiko diabetes. Makan alpukat setiap pagi atau makan sahur bisa membuat kamu kenyang lebih lama.


4. Buah berry

manfaat buah berry untuk kolesterol

Sebuah penelitian menyebutkan bahwa berbagai macam buah jenis berry mampu meningkatkan kadar kolesterol baik dan menurunkan tekanan darah. Kamu bisa memilih antara strawberry, blueberry, dan cranberry di antara keluarga buah berri untuk dikonsumsi.

Semua jenis berri punya antioksidan tinggi untuk menangkal radikal bebas yang akan merusak sel tubuh. Selain itu, kandungan pterostilbene yang ada dalam buah berri juga mampu melancarkan plak dalam arteri darah. Kamu juga bisa menurunkan risiko jantung koroner.


Baca juga: 10 Manfaat Buah Naga, Wajib Konsumsi Rutin!


5. Mangga

kandungan mangga menurunkan kolesterol

Mangga mengandung vitamin C yang tinggi yang mampu menurunkan kolesterol jahat. Selain itu, buah tropis ini juga punya kandungan kalium yang tinggi. Kandungan ini bisa membantu menyeimbangkan cairan tubuh dan mengontrol tekanan darah.


6. Jeruk

buah jeruk untuk kolesterol

Buah berwarna kuning ini punya kandungan d-limonene yang bermanfaat untuk melarutkan kolesterol jahat dalam tubuh. Vitamin C yang tinggi juga mampu mencegah penumpukkan kolesterol dan mengurangi risiko penyakit jantung.

Buah jeruk juga bisa menghambat pertumbuhan sel kanker payudara dan usus. Serat yang tinggi dalam buahnya juga bisa membantu melancarkan buang air besar dan mencegah penumpukkan sisa makanan.


7. Pepaya

pepaya menurunkan kolesterol

Pepaya punya kandungan antioksidan, likopen, vitamin C, dan vitamin E di dalamnya. Kandungan inilah yang akan melunturkan plak yang menempel pada pembuluh darah untuk mencegah penyakit mematikan. Hal ini juga akan menghambat oksidasi pada pembuluh darah.

Vitamin C dan E yang ada di dalam pepaya akan bersatu dengan enzim paraoxonase. Kandungan ini yang akan menghambat proses oksidasi kolesterol tersebut.


8. Jambu biji

manfaat jambu biji untuk kolesterol

Buah dengan daging merah ini juga punya banyak khasiat. Jambu biji sudah dikenal sebagai penunjang imun tubuh supaya bebas dari penyakit demam berdarah. Selain itu, vitamin dan antioksidan yang terkandung di dalamnya bisa menangkal kerusakan sel tubuh karena radikal bebas.

Jambu biji juga mengandung kalium dan serat tinggi yang larut di dalam air. Kandungan inilah yang bisa menekan kadar kolesterol jahat dalam darah. Turunnya kadar kolesterol jahat juga akan menurunkan risiko penyakit jantung karena tersumbatnya aliran darah.


Baca juga: Kandungan dan Manfaat Buah Pir, Bebas Sembelit sampai Cegah Diabetes


Itulah sederet buah yang mampu menurunkan kolesterol dalam tubuh kita. Kamu tinggal rutin memakannya untuk mendapatkan tubuh yang sehat dan bugar. Kalau ingin membelinya, buka saja aplikasi belanja online Chilibeli dan pesan semuanya di sana.

Selain bisa berbelanja buah dengan mudah, kamu pun bisa bergabung jadi Mitra Chilibeli dan dapatkan kesempatan menarik di dalamnya. Kamu bisa berjualan ragam buah dan makanan, serta mendapatkan wawasan tentang bisnis, serta hadiah menarik yang rutin ada. Menarik bukan?