Alasan Mengapa Bisnis Online Menguntungkan

Alasan Mengapa Bisnis Online Menguntungkan

Di era digital sekarang ini, ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk mencari keuntungan, salah satunya dengan melakukan bisnis online. Cara memulainya yang mudah dan modalnya yang murah membuat bisnis online begitu mewabah. Ya, cukup dengan mengandalkan teknologi internet, maka kamu sudah bisa merintis bisnis secara online.

Bisnis online juga dinilai sangat menjanjikan dan minim risiko sebab kamu tak perlu membuka toko besar untuk memulai usaha ini. Yang terpenting, kamu harus memikirkan ide bisnis seperti apa yang sekiranya memungkinkan untuk dijual secara online. Nah, buat kamu yang masih menimbang-nimbang untuk mulai terjun ke dunia bisnis, sebaiknya ketahui dulu keuntungan apa saja yang bisa kamu dapatkan dari bisnis online berikut ini.

Kenapa Kamu Harus Mulai Bisnis Online?

Bisnis online bisa dimulai dengan menjual apa saja, bahkan makanan dan minuman pun kini bisa dijual secara online. Kecanggihan teknologi saat ini memang memudahkan semua orang untuk menggeluti bidang satu ini. Nah biar semakin yakin, berikut alasan mengapa kamu harus mulai mencoba bisnis online sekarang juga.

1. Bisnis online menawarkan berbagai jenis usaha

Internet membebaskan kamu untuk memilih beragam jenis usaha. Mulai dari berjualan produk online, jualan lewat dropshipper, menjadi reseller, pengiklan, content creator, bisnis jasa, dan lain sebagainya. Kamu bisa memilih apa pun yang kamu mau sesuai dengan kemampuan dan kebutuhanmu. Lewat internet pula, kamu dapat mewujudkan ide bisnis yang mungkin sebelumnya tidak terpikirkan.

Tips Ampuh Promosi Bisnis Online dengan Media Sosial

2. Tidak perlu menyewa toko

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, memulai bisnis online sangatlah mudah karena kamu tidak perlu repot-repot mencari toko yang strategis atau sampai memikirkan harga sewa toko. Yang kamu butuhkan hanyalah koneksi internet yang cepat supaya bisa memasarkan semua produkmu secara online.

Coba bayangkan, kalau kamu bisnis offline, berapa banyak uang yang harus kamu siapkan untuk menyewa toko. Harga sewa toko per bulan biasanya ditaksir mulai dari Rp3 sampai Rp4 juta. Namun, harganya pasti akan lebih mahal bila lokasi tokonya strategis. Nah, dengan berbisnis online, kamu bisa menghilangkan anggaran untuk menyewa toko dan melalukan semua kegiatan bisnismu di rumah sendiri.

3. Modal bisnis online yang relatif kecil

Yang namanya bisnis pasti butuh modal. Namun untuk mulai bisnis online, kamu tidak perlu modal yang terlalu besar. Kita ambil contoh bila kamu ingin jualan produk barang. Kamu tidak perlu menyetok banyak barang di awal penjualan karena kamu bisa menerapkan sistem pre order (PO) sehingga kamu bisa membeli barang sesuai dengan jumlah permintaan pelanggan. Dengan begini, tidak akan ada barang yang tersisa.

Bahkan, kamu bisa bisnis online tanpa modal sepeser pun, lho. Caranya, kamu berjualan dengan menjadi dropshipper atau reseller. Jadi, kamu hanya perlu mengeluarkan biaya untuk membeli paket data internet. Benar-benar murah, kan?

7 Tips Jitu Menabung untuk Ibu Rumah Tangga

4. Rendah risiko

Perlu kamu ketahui kalau menjalankan bisnis online minim risiko. Misalnya kalau kamu hanya jadi dropshipper atau reseller yang tugasnya hanya menjual produk dari pihak lain. Kamu tidak akan merasakan yang namanya rugi sebab kamu hanya menjual barang ketika ada konsumen yang beli. Selain tidak butuh modal, risiko ruginya pun kecil. Malah kamu bisa dapat untung ketika ada pesanan yang masuk.

Meski begitu, menjalani bisnis online bukan berarti tidak ada risiko sama sekali. Contohnya kalau barang yang diterima konsumen tidak sesuai harapannya. Entah karena warnanya yang berbeda dari gambar atau ukurannya yang kekecilan atau kebesaran. Jika sudah begini, siap-siap dapat komplain dari konsumen. Hal yang terburuknya, barang bisa dikembalikan lagi ke kita karena konsumen merasa kecewa.

5. Bisnis yang praktis dan tidak ribet

Kamu yang tidak suka dengan segala keribetan saat berbisnis, cobalah untuk melirik bisnis online. Bisnis yang dijalankan secara online sangatlah praktis karena kamu tidak perlu beranjak dari tempat tidur untuk menghasilkan uang. Misalnya sebagai dropshipper, kamu tidak direpotkan dengan proses pengadaan, pengemasan, dan pengiriman barangnya.

Kamu hanya perlu melakukan pemasaran dengan menghubungkan pembeli dengan produk yang ditawarkan pemasok. Sementara semua kegiatan setelah perintah order dilakukan oleh pembeli, dilakukan sepenuhnya oleh supplier. Kamu tinggal duduk manis di rumah sambil menunggu pembagian hasil dari supplier masuk ke rekeningmu.

Begitu pun dengan reseller yang memiliki tugas tak jauh berbeda dengan dropshipper. Hanya saja reseller perlu melakukan pemasaran lebih giat agar lebih banyak produk yang terjual. Meski begitu, keuntungan yang didapatkan sebagai reseller lumayan besar sehingga banyak orang yang tertarik untuk menjadi reseller.

5 Ide Bisnis Kuliner Kekinian yang Banyak Diminati

Nah, buat kamu yang pengin mulai bisnis online sebagai reseller, kamu bisa mulai menjadi Mitra Chilibeli. Caranya gampang banget, cukup registrasi di aplikasi Chilibeli, maka kamu sudah resmi menjadi bagian dari komunitas Chilibeli. Ada banyak keuntungan yang bisa didapatkan dengan menjadi Mitra Chilibeli, seperti mendapat penghasilan ekstra, potongan harga, dan lain sebagainya. Menarik banget, kan?

Memulai bisnis online memang mudah. Namun, tetap harus diingat kalau tidak semua bisnis yang dijalani secara online bisa memberikan untung yang besar. Persaingan yang ketat jadi alasan utamanya. Maka dari itu, sebelum terjun ke dalam dunai bisnis, kamu harus siap untuk kerja keras, banyak belajar, dan tekun.