Alasan untuk Mencoba Bisnis Katering Rumahan, Bisa dengan Modal Kecil!

Alasan untuk Mencoba Bisnis Katering Rumahan, Bisa dengan Modal Kecil!

Bisnis kuliner seperti bisnis katering rumahan adalah salah satu bisnis yang tidak pernah sepi dan selalu ramai karena demand dari dunia yang serba sibuk ini. Tak adanya waktu untuk memasak di rumah ataupun bekal menjadikan bisnis ini dicari banyak orang. 


Alasan dan Keuntungan Bisnis Katering Rumahan

Kini memulai bisnis katering sudah dimudahkan oleh adanya aplikasi belanja online yang bisa membuatmu membeli dari rumah, hanya dari smartphone-mu. Dengan begitu, kamu tidak perlu membeli kebutuhan memasak ke pasar ataupun ke supermarket untuk bisnis katering dan kamu pun akan mengemat waktu dan biaya.

Namun, mengapa memilih bisnis katering dan apa keuntungannya? Simak alasan mencoba bisnis katering rumahan berikut untukmu yang masih ragu memulai bisnis ini.


1. Modal Relatif Kecil dengan keuntungan Besar

Alasan mengapa kamu perlu memulai bisnis katering rumahan yang pertama adalah karena modal yang relatif kecil dengan keuntungan besar. Dengan begitu, modal utama akan lebih cepat kembali dan keuntungannya bisa kamu gunakan untuk memperluas bisnis katering rumahanmu.

Selain itu, banyaknya demand atau kebutuhan masyarakat akan makanan pada setiap harinya menjadikan bisnis ini ramai dan menjanjikan. Kamu cukup mengeluarkan budget modal sekitar 1 juta saja untuk melakukan promosi awal dengan menyiapkan sajian berbagai menu katering. Lakukan promosi melalui keluarga, rekan kerja, tetangga rumah, hingga sosial media bisa menjadi langkah awal memulai bisnis katering rumahan.

7 Rekomendasi Resep untuk Bisnis Katering Rumahan

2. Bisnis yang Bisa Dilakukan di Rumah

Untuk ibu rumah tangga yang mengharuskan keseharian berada di rumah, bisnis katering rumahan bisa kamu coba. Banyak sekali peminat bisnis yang bisa dikerjakan di rumah karena tuntutan rumah tangga ataupun keterbatasan tempat, dengan begitum bisnis katering rumahan cocok sekali untukmu yang ingin bekerja di rumah dengan penghasilan yang lumayan besar.

Bagi pemula, bisnis tidak perlu menyewa sebuah ruko atau tempat sebagai lokasi produksi karena bisa dilakukan dirumah. Hal ini juga dapat membuat kamu menghemat biaya sewa tempat, sehingga sangat menguntungkan untukmu yang memiliki modal kecil.

Selain itu, kamu juga bisa menggunakan alat produksi makanan katering dengan barang pribadi yang masih bagus kualitasnya, membuat bisnis ini salah satu yang minim modal, cocok untuk ibu rumah tangga.


3. Bahan Baku yang Mudah Ditemukan

Untuk membuka bisnis kuliner, hal yang paling penting untuk diperhatikan adalah dari mana bahan baku bisa didapatkan dan semudah apa bahan baku bisa dibeli. Nah, karena bisnis katering rumahan umumnya membuat menu yang mudah dibuat, bahan bakunya pun bisa mudah ditemui.

Yang harus diperhatikan pada saat membuka usaha katering adalah lebih baik jika memilih bahan baku yang berkualitas dan segar supaya bisa menghasilkan rasa yang nikmat dan lezat. Bahan baku katering yang dibutuhkan ini sesuai dengan menu makanan yang ditawarkan. Ada berbagai jenis makanan yang bisa ditawarkan mulai dari nasi goreng, nasi uduk, mie goreng, ayam goreng, telur balado, rendang, sop dan sebagainya. Sehingga bahan baku masakan ini perlu disesuaikan dengan pesanan makanan dari pelanggan atau menu yang sudah kamu tetapkan. Perhatikan selalu kualitas makanan dari mulai rasa, bentuk dan penampilannya, ya!


4. Bisa Mencoba Menu Makanan Sehat Rumahan

Kesadaran masyarakat akan mengonsumsi makanan sehat kini sudah populer, menjadikan makan makanan sehat sebuah lifestyle. Dengan ini, kamu berkesempatan untuk mencoba bisnis katering rumahan dengan menu makanan sehat. Menu makanan disini lebih mengedepankan rasa dan kesehatan yang bebas dari junkfood. 

Sasaran katering dengan tawaran menu sehat bisa merujuk pada para pekerja kantoran yang sibuk dan juga mahasiswa. Mereka yang sibuk dan banyak aktifitas tapi masih sangat perhatian dengan konsumsi gizi pasti memerlukan katering dengan menu makanan sehat. Disinilah kamu bisa berperan sebagai penyedia jasa menu makanan sehat yang terjangkau untuk mereka.

Resep Opor Ayam Andalan untuk Kapan Saja

5. Menghadirkan Menu Diet

Seiring dengan semakin populernya menu makanan sehat, menu diet pun semakin banyak minatnya. Disini kamu bisa menjadi sebagai penyedia jasa yang mencari menu diet untuk konsumsi setiap harinya. 

Yang mungkin agak sulit untuk dilakukan disini adalah mengenali gizi dan mengetahui makanan mana yang dapat membantu untuk menurunkan berat badan ataupun sesuai gizi yang dibutuhkan. Biasanya penyedia jasa katering menu diet menuliskan gizi yang dikandung di menu makanannya, membuat konsumen lebih percaya dan yakin untuk mengonsumsi makanannya.


6. Alat-alat yang Mudah Dicari dan Relatif Murah 

Menjalankan usaha catering membutuhkan peralatan memasak yang berkualitas, dan yang berkualitas belum tentu harus mahal, karena sekarang sudah banyak tersedia alat-alat masak yang mudah dicari dan relatif tidak memakan terlalu banyak biaya. 

Walaupun pada awalnya terlihat mahal, tetapi alat masak inilah yang akan membantumu dan memudahkanmu bisnis katering rumahan dan akan awet sampai bertahun-tahun lamanya. Semakin bagus kualitas alat masak yang kamu beli, semakin lama pula alat masak itu bertahan, menjadikannya sebagai investasi bisnis.

Beberapa peralatan yang dibutuhkan untuk menjalankan usaha catering ini antara lain ialah kompor dan gas, pisau, wajan, panci, pengukus, talenan, spatula dan aneka peralatan memasak lainnya.

Resep dan Cara Membuat Ayam Geprek di Rumah

Itu dia alasan dan keuntungan mencoba bisnis katering rumahan. Sudah yakin untuk memulai? 

Jika ingin mencoba bisnis di bidang kuliner, selain sekarang kamu bisa beli berbagai kebutuhan masakan sehari-hari secara online melalui aplikasi belanja online, dengan Chilibeli kamu bisa bergabung menjadi reseller! Sebagai Sobat Chilibeli, kamu bisa mendapatkan komisi dari membermu. Yuk, bergabung dengan Chilibeli!